Tutup Iklan

Tahun Suram, Ini 5 Artis K-Pop yang Meninggal Mendadak 2019

JEDA.ID – Industri hiburan Korea Selatan (K-Pop) kembali dibuat heboh oleh meninggal artis muda berbakat Cha In Ha. Kematian aktor Drama Korea ini tak berselang lama dari kematian artis-artis muda berbakat lain seperti Sulli hingga Goo Hara.

Artis Kpop, Sulli ditemukan meninggal dunia di apartemennya setelah diduga bunuh diri. Mantan personel Girlband F(x) ini ditemukan sudah tak bernyawa kediamannya di kawasan Seongnam, Provinsi Gyeonggi, Seoul Selatan. Jasadnya ditemukan oleh orang dari agensinya, SM Entertainment sekitar pukul 15:21 waktu setempat.

Kematian Sulli

Dilansir dari Yonhap News Agency, perempuan bernama asli Choi Jin Ri ini ini terlambat diselamatkan oleh tim medis.

Tim medis yang mendapatkan laporan dari manajer Sulli pada pukul 15:20 waktu setempat segera mengirimkan ambulan lokal untuk menyambangi kediaman Sulli. Namun sayang, mereka mencapai lokasi tersebut ketika Sulli sudah tak lagi bernyawa.

Pada saat mereka tiba, mereka menemukan bahwa perempuan kelahiran 29 Maret 1994 ini sudah meninggal, menunjukkan tanda-tanda henti jantung dan kelumpuhan pasca kematiannya.

Sulli bukan artis pertama yang nekat mengakhiri hidup, banyak lagi artis Korea yang juga punya kisah serupa. Kebanyakan dari mereka melakukan bunuh diri karena sebelumnya mengalami depresi.

Angka bunuh diri di Negeri Gingseng ini paling tinggi dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya, seperti Jepang, Jerman, Inggris, dan Amerika.

Mengutip New York Times, Senin (22/1/2018), riset yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan Keluarga di Hallym University, sekitar 60 persen orang yang berusaha melakukan percobaan bunuh diri menderita depresi.

Temuan ini diamini oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejateraan Korea Selatan yang memperkirakan, 90 orang yang melakukan bunuh diri pada tahun 2016 didiagnosis memiliki gangguan mental. Termasuk seperti depresi dan kecemasan, mengutip Barkeley Political Review.

Walau begitu, masih banyak orang di Korea Selatan yang memiliki pandangan usang tentang depresi dan gangguan mental lainnya. Penduduk Korea Selatan banyak yang tidak memiliki simpati pada mereka yang bunuh diri. Ini karena masih ada anggapan pelaku bunuh diri itu lemah dan tidak memiliki keinginan hidup yang kuat.

Goo Hara

Hal ini rupanya yang turut menghantui sejumlah nama lain. Saat kejadian nyaris serupa menimpa Goo Hara. Kepolisian Gangnam Seoul yang mendapati Goo Hara tewas di rumahnya di kawasan Cheongam, Seoul, Minggu (24/11/2019).

Spekulasi pertama yang muncul di benak publik adalah kematian Goo Hara yang mendadak didorong oleh depresi. Belum ada konfirmasi dari pihak berwajib, publik sudah buru-buru menyimpulkan Goo Hara meninggal bunuh diri.

Allkpop, 26 November 2019 memuat ulasan mengenai bagaimana netizen berkontribusi meningkatkan kemungkinan depresi pada artis. Ulasan itu menyebut Goo Hara sebagaimana Sulli menerima tekanan psikologis karena komentar “usil” netizen.

Sun Mi Gantung Diri

Artis senior K-Pop Jeon Sun Mi ditemukan meninggal gantung diri di sebuah kamar hotel di Jeonju, Provinsi Jeolla Utara, Korea Selatan, Sabtu (29/6/2019). Ia ditemukan tak bernafas di kamar tersebut oleh manajernya.

Sun Mi sempat menjalani perawatan akibat depresi sebelum ditemukan meninggal. “Halo, kami agensi Jeon Mi Sun, Boas Entertainment. Kami datang dengan berita buruk. Aktris Jeon Sun Mi telah meninggal pada usia 50 (menurut perhitungan Korea). Dia telah menerima perawatan untuk depresi,” demikian pernyataan resmi dari agensi Boas Entertainment, dikutip dari Soompi.

Jeon Sun Mi. (Istimewa)

Jeon Sun Mi. (Istimewa)

Agensi itu meminta para penggemar agar tidak berspekulasi untuk menghormati keluarga Jeon Sun Mi. Mereka memastikan akan memberi tahu detail pemakaman setelah semuanya ditentukan.

Kematian Jeon Sun Mi  terbilang mengagetkan karena dia masih banyak terlibat dalam proyek drama, film, dan teater di Korea Selatan.

Dia juga baru saja menyelesaikan akting dalam film terbarunya, The King’s Letters. Sun Mi bahkan hadir di konferensi pers The King’s Letters yang digelar empat hari lalu, Selasa (25/6/2019).

Woo Hye Mi

Kematian yang cukup mengejutkan juga terjadi pada Woo Hye Mi , 22 September 2019 lalu. Artis K-Pop ini ditemukan meninggal dalam usia 31 tahun. Polisi menemukan artis K-Pop ini tak bernyawa setelah mendapat laporan dari teman Woo Hye Mi lantaran tak bisa menghubunginya.

Kematian Woo Hye Mi terbilang tak terduga sama sekali, termasuk untuk orang-orang terdekatnya. “Kami kaget dan terpukul karena Woo Hye Mi tak lagi bersama kami,” tutur sumber dari agensi sang penyanyi, Downtown E&M.

Disebutkan bahwa rekan Woo Hye Mi tak bisa menghubungi almarhum sejak Jumat (20/9/2019) lalu. Wanita ini juga tak muncul dalam rapat penting bersama agensinya.

Artis pendatan baru Wo Hye Mi. (Istimewa)

Artis pendatan baru Wo Hye Mi. (Istimewa)

“Kemarin, dia tak datang dalam rapat untuk video klip musiknya yang terbaru, kami berusaha mengontaknya, tapi dia tidak merespons,” tutur juru bicara agensi.

Hal ini semakin membuat khawatir rekan-rekan Woo Hye Mi. Akhirnya polisi diminta memeriksa rumah sang artis di Mapo, pada Sabtu malam. Woo Hye Mi ditemukan telah meninggal dunia, tapi penyebab kematiannya belum diketahui. Jenazahnya lantas disemayamkan di Rumah Sakit Sacred Heart, Seoul.

Akhir Cha In Ha

Terakhir tentu saja kematian mendadak Cha In Ha yang ditemukan tak bernyawa di rumahnya kemarin, (3/11/2019). Polisi hingga kini masih menyelidiki penyebab kematiannya.

Cha In Ha belakangan ini tengah mencuri perhatian karena perannya dalam drama Love with Flaws. Drama yang disiarkan di stasiun TV MBC ini mendapat rating tinggi. Dikemas dalam format drama komedi, drama seri ini mendapat ulasan memuaskan dari situsMy Drama List dengan rating 7.7/10.

Menurut agensi Fantagio, aktor berusia 27 tahun itu dikenal sebagai sosok yang baik di mata agensi dan para penggemarnya. Cha In Ha memulai debutnya ke dunia hiburan lewat boyband Surprise U pada tahun 2017.

Cha In Ha dan di salah satu drama Korea. (Istimewa)

Cha In Ha dan di salah satu drama Korea. (Istimewa)

Dia memulai karirnya dengan bermain di film pendek You, Deep Inside of Me. Sejak saat itu, ia dilirik buat memainkan peran pendukung dalam banyak drama, seperti Temperature of Love, Wok of Love, Clean with Passion for Now, dan The Banker.

Jasad Cha In Ha ditemukan tak bernyawa pada hari Selasa, 3 Desember 2019, oleh manahernya sendiri.

Sebelum meninggal, artis K-Pop ini masih aktif di media sosial. Lewat Instagram Cha In Ha mengunggah sebuah pesan yang disebut-sebut menjadi yang terakhir disampaikannya sebagai perpisahan.

Dalam unggahan tersebut Cha In Ha tampak mengenakan jaket kulit hitam dan duduk dengan segelas minuman. Dalam rangkaian foto tersebut, mata Cha In Ha tak lepas dari ponsel di tangannya, sementara ia menyeruput minuman miliknya.

“Semuanya, hati-hati jangan sampai sakit ya,” tulisnya sebagai caption, seperti dikutip dari SBS News.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.