• Thu, 21 October 2021

Breaking News :

Salut, Sederet Artis Hingga Idol K-pop Donasi untuk Penanganan Corona

Pandemik virus corona mendorong sejumlah idol Korean popular (K-pop) Korea Selatan (Korsel) bersimpati dengan memberikan bantuan serta donasi.

JEDA.ID – Seiring mewabahnya virus corona di seluruh dunia, membuat sejumlah idol Korean popular (K-pop) hingga artis papan atas Korea Selatan (Korsel) bersimpati dengan memberikan bantuan serta donasi.

Melansir Liputan6, Rabu (18/3/2020) Otoritas Korsel mengonfirmasi adanya 8.086 kasus dengan jumlah kematian 72 orang pada Minggu (15/3/2020). Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC), dalam dua pekan sebelumnya, rata-rata jumlah kasus tercatat 500 lebih setiap hari.

Namun sejak Jumat lalu, angka tersebut terus turun menjadi 438, kemudian 367 pada Sabtu dan 248 pada Minggu. Penurunan tajam ini disebabkan beragam faktor, seperti tes massal, peningkatan komunikasi publik, hingga penggunaan teknologi.

Sejak virus Covid-19 mewabah di Korsel, para publik figur asal Negeri Ginseng ini tidak segan berdonasi. Mereka menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan sejumlah bantuan berupa masker, hand sanitizer, hingga dana kepada pemerintah guna pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona tersebut. Siapa saja?

Park Seo Joon

Aktor terkenal Park Seo Joon yang saat ini tengah membintangi serial drama korea (drakor) Itaewon Class tergerak hatinya untuk memberikan sumbangan. Setelah ia menyaksikan berita bahwa ruang ICU di salah satu rumah sakit (RS) Korsel kekurangan alat-alat untuk menolong pasien yang terinfeksi virus corona.

Park Seo Joon menyumbangkan ₩100.000.000 (Won) atau sekitar Rp1,17 miliar. Tak hanya itu, dikutip dari Allkpop, ia juga memberikan dana dengan nominal yang sama kepada warga Daegu yang menjadi daerah dengan jumlah pasien positif virus corona terbanyak di Korsel.

Hampir Seperti Kota Mati, Begini Kondisi Italia Seusai Lockdown

So Ye Jin

Aktris cantik pemeran serial drakor Crash Landing On You, So ye jin juga menyumbangkan dana lebih dari Rp1 miliar untuk masyarakat Daegu, Korsel yang merupakan tanah kelahirannya. Dikutip dari Soompi, pada kamis (27/2/2020) ia menyumbangkan uang tersebut ke cabang Daegu Community Chest of Korea.

“Daegu merupakan kampung halaman saya, tempat saya dilahirkan dan dibesarkan, serta tempat tinggal kedua orang tua saya sekarang. Saya harap (sumbangan saya) dapat memberikan semacam bantuan praktis kepada penduduk berpenghasilan rendah yang sangat membutuhkan bantuan sekakarang lebih dari sebelumnya, serta bantuan dalam perawatan dan pencegahan Covid-19,” ungkapnya.

Lee Min Ho

Aktor tampan Lee Min Ho secara sukarela menyumbangkan uang pribadinya senilai 300 juta Won atau sekitar Rp3,66 miliar kepada delapan organisasi kemanusiaa Korsel yakni, Fruit of Love, Good Neighbors, Love Bridge, Save the Childern, Green Umberella, serta tiga organisasi peduli anak lainnya.

Donasi tersebut akan disalurkan untuk membantu pengobatan dan pencegahan anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu terkait virus corona.

IU

View this post on Instagram

Butterfly 🦋🦋 @wkorea

A post shared by 이지금 (@dlwlrma) on

Solois dan pemain drakor Hotel Del Luna, Lee Ji Eun atau akrab disapa IU ini menyumbangkan dana senilai 100 juta Won kepada yayasan non pemerintah Good Neighbors untuk membantu penanganan virus memantikan itu.

Ia juga mendonasikan 3000 baju anti virus ke Korean Medical Association. Sebelumnya, IU dipilih Forbes sebagai salah satu pahlawan filantropi Asia atau Asia’s Heroes for Philanthropy pada awal bulan Desember 2019 karena ketekunannya beramal.

Suho EXO

Tidak hanya aktor dan aktrisnya saja, leader dari boy group K-pop, EXO, Kim Jung Myeon atau dikenal dengan nama panggung Suho juga ikut berpartisipasi. Dikutip dari Allkpop, ia kabarkan berdonasi uang senilai 50 juta Won atau sekitar Rp597 juta untuk upaya mengatasi penyebaran virus Covid-19 di negaranya.

Suho dilaporkan menyalurkan donasi tersebut melalui lembaga Fruit of Love, sebagai organisasi tempatnya selalu memberikan bantuan sejak 2013.

Wendy Red Velvet

Rekan se-agensi Suho yang tergabung dalam girl group K-pop, Red Velvet, Son Seung Wan atau akrab disapa Wendy juga menyumbangkan dana senilai 100 juta Won. Wendy yang kini tengah menjalani masa pemulihan akibat kecelakaan panggung akhir 2019 itu menyumbangkan dana tersebut ke Daegu Social Welfare Community Fund. Tak hanya itu personel Red Velvet yang lain seperti, Joy, Seulgi, dan Yeri juga ikut menyumbang dana senilai 30 juta won atau sekitar Rp344 juta.

Test Pack Bertebaran di Online, Begini Prosedur Tes Corona yang Benar

Suga BTS

Masalah corona juga membuat prihatin personel boy group K-pop, Bangtan Sonyeondan (BTS), Min Yoongi atau lebih dikenal dengan nama panggung Suga. Dia menyumbangkan uang senilai 100 juta won ke masyarakat Kota Daegu lewat badan amal Hope Bridge Korea Disaster Relief Association. Suga yang lahir dan dibesarkan di Daegu merasa sangat prihatin pada penyebaran virus corona di daerah asalnya.

Tak hanya mendonasikan uang, beberapa selebritas Korsel juga berusaha membantu dengan cara lain seperti aktor sekaligus solois, Rain dan istrinya Kim Tae Hee yang memiliki beberapa properti. Mereka berdua memutuskan untuk menurunkan harga sewa properti sebanyak 50% selama bulan Maret. Hal ini dilakukan untuk membantu penyewa yang mengalami kesulitan karena menurunnya tingkat ekonomi.

Selain itu, salah satu personel girl group T-ara, Hyomin ikut menyumbangkan 3.000 masker ke masyarakat Daegu. Sublime Artist Agency selaku agensi Hyomin mengonfirmasi kebenaran kabar tersebut. (Ria Sari Febrianti)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.