Di Balik Gemerlap K-pop, Sulli dan Sederet Artis ini Nekat Bunuh Diri

Artis Korean Popular (K-Pop) Sulli diduga bunuh diri saat ditemukan tak bernyawa di apartemennya kawasan Seongnam, Seoul, Korea Selatan, Senin (14/10/2019)

JEDA.ID— Kasus artis Korean Popular (K-Pop) bunuh diri kembali terjadi setelah Sulli diduga mengakhiri hidup di apartemennya kawasan Seongnam, Seoul, Korea Selatan, Senin (14/10/2019). Sulli yang absen syuting ternyata meregang nyawa dengan gantung diri di kamarnya.

Dikutip Solopos.com dari Star Today, Sulli semestinya syuting acara The Night of Hate Comment, Senin pagi. Namun, Sulli absen dan tidak bisa dihubungi sejak Minggu sore. Syuting tetap dilanjutkan meski tanpa kehadiran Sulli.

Setelah syuting selesai, berita mengejutkan tentang kematian Sulli. Sang manajer menemukan Sulli dalam keadaan tak bernyawa di kediamannya. Hal ini tak pelak membuat kru acara TV yang bekerja sama dengan Sulli kaget.
Artis bernama asli Choi Jin Ri itu sempat membicarakan tentang kontroversinya dalam acara tersebut. Acara yang kali pertama tayang pada 21 Juni 2019 mengundang sejumlah bintang Korea Selatan sebagai MC.

Setiap pekannya, MC dan bintang tamu membahas soal cyberbullying. Dikutip dari Yonhap, beberapa waktu lalu dia sempat curhat tentang perasaannya yang lelah karena terlalu sering berpura-pura bahagia. Kasus kematian Sulli menambah panjang deretan artis Korea Selatan yang nekat mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri.

Dunia hiburan Korea Selatan memang tampak glamor dan menyilaukan. Namun beberapa fakta tragis juga berada di baliknya termasuk tingginya angka bunuh diri di kalangan selebritas. Beberapa dari mereka dilaporkan mengalami depresi. Selain itu, ada juga yang memutuskan mengakhiri hidupnya karena masalah pribadi. Berikut sejumlah artis  K-pop yang nekat bunuh diri.

1. Jonghyun `SHINee`

Jonghyun Shinee meninggal dunia 18 Desember 2017 (Naver)

Jonghyun Shinee meninggal dunia 18 Desember 2017 (Naver)

Jonghyun, salah satu anggota Boyband ternama Shinee, ditemukan tak sadarkan diri di apartemennya di Cheongdamdong, di Seoul, Korea Selatan, 18 Desember 2017, Jonghyun langsung dilarikan ke rumah sakit. Sayangnya, nyawanya tak tertolong.

Pihak polisi setempat mengumumkan, Jonghyun tewas akibat gas karbon monoksida yang dihirupnya. Cara ini banyak dilakukan warga Korea Selatan yang menyerah dengan persoalan hidupnya, memutuskan bunuh diri.
Dari surat yang ditulis Jonghyun untuk seorang sahabatnya, penyanyi Nine9 dari grup idola Dear Cloud, tersurat bahwa pria berusia 27 tahun itu mengalami depresi berat.

Jonghyun juga sempat mengungkap bahwa ia melalui masa-masa yang sulit belakangan ini. “Orang melakukan bunuh diri bukan karena ingin mati, melainkan ingin menghilangkan kesedihan dan penderitaannya,” tulis sepenggal pesan Jonghyun

2. Cho Geum San

Cho Geum San (Soompi)

Cho Geum San (Soompi)

Pada Juli 2017, artis senior Cho Geum San ditemukan meninggal dunia di dalam sebuah mobil di Pulau Daebu oleh wisatawan. Sang wisatawan melihat keanehan di mobil yang terparkir, diwartakan Soompi. Saat melihat ke dalam mobil, Cho Geum San yang sudah tak bernyawa. Kejadian itu pun langsung dilaporkan ke pihak berwajib.

Laporan menyebutkan, Cho Geum San memilih mengakhiri hidupnya di dalam mobilnya. Cho Geum San meninggal dunia akibat asap dari mobilnya sendiri. Cho Geum San tak meninggalkan surat bunuh diri. Cho Geum San diduga melakukan bunuh diri akibat masalah ekonomi yang membelit.

3. Kim Sung Min

Kim Sung Min (istimewa)

Kim Sung Min (istimewa)

Kim Sung Min yang memerankan Miss Mermaid (2002 – 2003) dan Lotus Flower Fairy (2004 – 2005) juga meninggal dunia akibat bunuh diri. Laman Channel News Asia mewartakan, Senin (27/6/2016), Kim Sung Min ditemukan gantung diri di kediamannya, 24 Juni 2016.

Saat ditemukan Kim Sung Min pun langsung dilarikan ke rumah sakit untuk menerima perawatan di St Mary Hospital di Seoul. Rupanya detak jantung Kim Sung Min berfungsi dengan baik, sang aktor masih bisa bertahan.
King Sung Min masih sempat diselamatkan setelah melakukan percobaan bunuh diri.

Namun setelah dua hari dirawat, Kim Sung Min dinyatakan mengalami pendarahan otak. Entah apa yang melatarbelakangi Kim Sung Min memilih mengakhiri hidupnya. Beberapa orang berspekulasi, Kim Sung Min mengalami depresi berat. Pada 2012, Kim Sung Min pernah dipenjara karena tertangkap basah mengonsumsi obat-obatan terlarang. Kim Sung Min mendekam selama 2 tahun 6 bulan, baru bebas Januari 2015.

4. Sojin

Sojin KARA bunuh diri Februari 2015. (soompi)

Sojin KARA bunuh diri Februari 2015. (soompi)

Pada 2015, salah seorang trainee yang akan menjadi personel girl band ternama KARA ditemukan meninggal dunia. Saat itu, Sojin yang baru berusia 22 tahun, ditemukan tak sadarkan diri di taman dekat apartemennya di Daegu di Seoul, Korea Selatan, 24 Fabruari 2015.

Menurut laporan polisi setempat, Sojin tampaknya mengakhiri hidupnya dengan melompat dari lantai 10 apartemennya. Sojin langsung dilarikan ke rumah sakit. Sayangnya, ia menghembuskan napas saat perjalanan ke rumah sakit, dilansir dari Nate. Beberapa penggemar menduga jika Sojin bunuh diri akibat depresi.

Sojin menjadi trainee selama lima tahun. Ia dijadwalkan akan debut dalam waktu dekat. Sayangnya, agensi yang mengasuhnya tiba-tiba memutuskan kontrak kerjanya. Alasan itu yang diduga kuat menjadi penyebab Sojin bunuh diri. Sebelumnya, Sojin sempat mengungkapkan kegembiraannya akan debut. Ia ingin membuat orangtuanya bangga sekaligus menunjukkan jika pekerjaannya sebagai artis sangat menyenangkan.

5. Jang Ja Yeon

Jang Ja Yeon (newseen)

Jang Ja Yeon (newseen)

Kisah tragis artis bunuh diri lainnya: Jang Ja Yeon, pemeran Sunny dalam drama Boys Over Flowers. Aktris kelahiran 25 Januari 1980 itu ditemukan tewas pada 2009 silam di rumahnya. Ia dikabarkan mengakhiri hidupnya karena tak tahan dengan perlakuan manajemennya. Sebuah laporan menyebutkan, Ja Yeon dipaksa melayani 31 pria agar bisa menjadi terkenal.

Lebih parah lagi, puluhan pria yang dilayani Ja Yeon adalah pejabat dan orang penting di dunia hiburan Negeri Ginseng. Sebagai seorang aktris pendatang baru, Ja Yeon tak bisa menolak karena itu permintaan dari manajemennya sendiri. Alih-alih mendapatkan pembelaan, Ja Yeon justru mendapatkan tindak kekerasan dari agensinya. Ia bahkan dikurung dalam kamar ketika dihujani dengan pukulan.

6. Park Yong Ha

Park Yong Ha (istimewa)

Park Yong Ha (istimewa)

Park Yong Ha ditemukan telah kaku di rumahnya Nonhyun-dong, Seoul pada 30 Juni 2010 pada umur 32 tahun. Park Yong Ha memulai debut akting 15 tahun lalu dengan drama Love Blossoms (1995), dilanjutkan dengan Start pada 1996.

Nama Park Yong Ha melejit berkat drama Winter Sonata pada 2002. Selanjutnya, Park Yong Ha makin terkenal hingga ke Jepang, serta bermain dalam drama terkenal lainnya, seperti ‘On Air (2008) dan Story of A Man (2009).
Melihatnya sukses di dunia akting, banyak fans yang bingung dengan keputusan sang aktor mengakhiri hidupnya.

Sebuah kabar menyebutkan, Park Yong Ha bunuh diri karena tertekan menjalankan perusahaan manajemen miliknya sekaligus berkarier. Selain itu, ia dikabarkan merasa bersalah ketika ayahnya didiagnosis menderita kanker. Hal itu memicunya melakukan perbuatan nekat.

7. Lee Eun Joo

 

Lee Eun Jo meninggal pada 22 Ferbruari 2005 (soompi)

Lee Eun Jo meninggal pada 22 Ferbruari 2005 (soompi)

Kasus artis bunuh diri selanjutnya adalah Lee Eun Joo yang ditemukan meninggal dunia setelah mengiris nadi dan gantung diri di rumahnya, 22 Februari 2005. Lee Eun Joo merupakan artis berbakat Korea Selatan dengan kemampuan bermain piano. Lee Eun Joo pernah beradu akting dengan Lee Byung Hun untuk film Bungee Jumping of Their Own. Bahkan, kemampuannya juga dipuji Cha Tae Hyun dalam Lover’s Concerto.

Pemakaman Lee Eun Joo setelah ditemukan meninggal dunia, 22 Februari 2005. Lee Eun Joo tampaknya mengalami depresi dan penyakit mental lainnya. Semua itu terjadi setelah Lee Eun Joo bermain dalam The Scarlett Letter, membuatnya harus beradegan bugil. Lee Eun Joo disebut-sebut merasa bersalah dan menyesal harus tampil bugil. Beberapa lama setelah melakukan adegan itu, Lee Eun Joo insomnia akut, memutuskan bunuh diri. Lebih menyedihkan lagi, ia melakukan itu semua setelah lulus dari perguruan tinggi.

Berikut lima rumah sakit juga disiagakan Kementerian Kesehatan untuk melayani panggilan telepon konseling pencegahan:
1. RSJ Amino Gondohutomo Semarang (024) 6722565
2. RSJ Marzoeki Mahdi Bogor (0251) 8324024, 8324025, 8320467
3. RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta (021) 5682841
4. RSJ Prof Dr Soerojo Magelang (0293) 363601
5. RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang (0341) 423444

Ada pula nomor hotline Halo Kemkes di 1500-567 yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi di bidang kesehatan, 24 jam.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.