Jangan Sampai Ketipu, Berikut Cara Memilih Wedding Organizer untuk Hari Bahagia

Jasa Wedding Organizer biasanya akan menjadi apabila pasangan pengantin dan keluarganya tak bisa atau tak sempat mengurus pesta pernikahan.

JEDA.ID— Jasa Wedding Organizer biasanya akan menjadi pilihan apabila pasangan pengantin dan keluarganya tak bisa atau tak sempat mengurus pesta pernikahan sendiri.

Dengan harapan pengantin dan keluarga tidak kecapaian dan fokus pada prosesi pernikahan. Namun sebaiknya dalam memilih wedding organizer (WO) harus cermat agar tidak menjadi korban penipuan WO yang tidak bertanggung jawab.

Seperti kisah yang dibagikan pengguna Twitter dengan nama akun @_ifad yang jadi viral setelah berbagi cuitan tentang temannya. Teman @_ifad yang merupakan seorang vendor catering menceritakan ada pengantin yang ditipu oleh wedding organizer.

“Sharing kisah dari teman di IG tentang Wedding Organizer (WO) yang nipu kliennya, pas hari H pernikahan WOnya kabur tak terlihat batang hidungnya, dan gedung juga kosong melompong,” cuit @_ifad seperti dilansir detikcom.

Postingan yang telah diretweet 6.200 lebih itu memperlihatkan tangkapan layar Instastories temannya. Awalnya teman @_ifad yang bernama Raras ini mendapat telepon oleh WO untuk memesan makanan pada Sabtu (24/8/2019). Raras yang sudah mengantisipasi dan mengetahui WO tersebut memiliki rekam jejak tidak baik menolak permintaan pesanan itu.

“Dia telepon bilang mau pesan buat besok malam di salah satu gedung di Jakarta Timur. Nggak pakai lama gue langsung bilang kita nggak bisa karena udah closed banget dan dia masih santai bilang diminta tolong sama teman karena WO itu dinyatakan pailit nggak bisa bayar (she is talking about her self),” ungkap Raras.

Malam berikutnya, Raras diberitahui kakaknya tentang sanggar partnernya yang telah dibooking oleh WO tersebut. Sanggar ini telah sampai di gedung tempat resepsi pernikahan, namun gedung itu dipesan atas pengantin lain.

“Tidak ada perwakilan WO yang datang sampai saat mau akad nikah. Keluarganya udah pingsan-pingsan nggak ada yang bisa dihubungi, tapi akad mesti jalan dengan solusi dipinjamkan di gedung lain yang masih satu area sama gedung itu,” cerita Raras di Instastory-nya.

Pernikahan merupakan momen sakral yang diharapkan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Peran WO diharapkan mampu memberikan momen-momen tak terlupakan bagi pengantin. Seperti dilansir dari finansialku, untuk itu dalam memilih WO, sebaiknya pasangan pengantin memperhatikan sejumlah hal berikut ini.

1. Cek Track Record WO

Dengan mengetahui track record atau rekam jejaknya, bisa mencegah Anda jadi korban penipuan.
Anda tidak terburu-buru dalam melakukan survei. Mengecek track record sama saja dengan mengecek pengalaman, hasil kerja, dan juga testimoni dari para klien. Hal yang paling mudah untuk melakukan survei adalah dengan browsing di internet atau bertanya pada kawan-kawan Anda yang telah menikah.

Poin yang perlu diperhatikan saat browsing adalah melihat vendor Anda termasuk yang kredibel dan profesional di bidangnya atau tidak. Anda bisa melihat performa vendor Anda dari wedding exhibition atau pameran pernikahan yang sering diadakan di berbagai kota. Salah satu ciri lainnya adalah memiliki website ataupun terdaftar di layanan portal pernikahan. Jadi, Anda bisa mengetahui portofolio dan juga testimoni dari para klien yang sudah pernah menggunakan jasanya.

2. Memiliki Kantor

Ketakutan para calon pengantin dalam memilih vendor pasti sangat beragam. Mulai dari takut mengalami kekecewaan hingga penipuan. Vendor pernikahan yang terpercaya tentunya memiliki kantor sendiri ataupun galeri.Kantor ini menjadi tempat meeting dengan para klien dan Anda juga bisa sekaligus survei langsung agar merasa lebih yakin dan terpercaya.

Vendor pernikahan yang memiliki kantor sendiri memiliki tingkat bonafiditas dan kepercayaan yang lebih di mata para konsumen, apalagi jika kantornya tersebut cukup besar, dan tertata dengan rapi.

3. Lakukan Survei Langsung

Jika sudah mulai terseleksi pilihan Anda, mulai atur jadwal meeting dengan vendor pilihan Anda.
Ingat, tips memilih vendor pernikahan di atas yaitu utamakan untuk meeting di kantor mereka ketimbang hanya di mall atau restoran lainnya. Kenapa? Karena Anda bisa sekalian cross check hasil survei di internet dengan keadaan sebenarnya.

Usahakan sebelum melakukan survei secara langsung, Anda membuat daftar pertanyaan apa saja yang ingin Anda tanyakan kepada vendor pernikahan. Dengan melakukan survei secara langsung, Anda juga dapat mengetes mengenai pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh para vendor pernikahan. Tentunya hal ini sangat dapat meyakinkan Anda mengenai bonafiditas suatu vendor pernikahan.

4. Buatlah Anggaran

Anda bisa membuat persentase mengenai uang yang harus Anda keluarkan untuk tempat, dekorasi, gaun, dan lainnya. Mulailah menghilangkan beberapa daftar vendor yang harganya jauh di atas anggaran yang telah dipersiapkan, untuk lebih menghemat waktu.

Pembuatan anggaran (budgeting) sangatlah penting di dalam merencanakan pernikahan, karena dengan Anda membuat budget untuk keseluruhan item dan membuat prioritas akan item-item pernikahan Anda.
Hal ini akan sangat memudahkan Anda di dalam merencanakan keseluruhan pernikahan.

5. Bicaralah dengan Manajer Tempat Pernikahan

Biasanya manajer tempat pernikahan telah memiliki banyak pengalaman dengan pernikahan-pernikahan sebelumnya. Jadi, dia akan memberikan rekomendasi vendor pernikahan yang sesuai dengan keinginan.
Selain itu, manajer dari tempat pernikahan tentunya mengetahui mengenai tingkat profesionalisme dari vendor-vendor yang pernah mengadakan acara di tempatnya, sehingga ia akan dapat merekomendasikan Anda vendor terbaik yang bisa bekerja sama dengan pihak tempat acara dan calon pengantin.

6. Kunjungi Wedding Exhibition atau Pameran Pernikahan

Pameran semacam ini biasanya akan diadakan setiap tahun, dan disini Anda bisa menemukan banyak pilihan wedding organizer dan vendor dalam satu tempat. Anda bisa membandingkan hasil kerja vendor-vendor tersebut dari portofolio mereka dan menemukan inspirasi baru untuk pernikahan Anda. Mengunjungi pameran pernikahan akan sangat membantu dan menghemat waktu Anda di dalam mencari vendor pernikahan.

Di pameran pernikahan umumnya para vendor pernikahan akan memberikan free trial seperti tes makeup, trial makanan atau kue pernikahan. Anda juga dapat melihat secara langsung vendor pernikahan mana yang banyak melakukan transaksi atau deal dengan para calon pengantin.

7. Potongan Harga

Dengan mengkombinasikan pelayanan yang ditawarkan, seperti menyewa gaun pengantin berikut makeup mungkin Anda akan mendapatkan penawaran menarik seperti potongan harga. Cari vendor yang menawarkan potongan harga tapi tidak menurunkan kualitas.

Perencanaan pernikahan membutuhkan anggaran yang tidak kecil. Untuk itu, memotong beberapa pengeluaran dengan memanfaatkan diskon akan sangat bijak dilakukan.

8 Saran dari Orang yang Sudah Menikah

Bicarakan dengan keluarga dan teman dekat yang telah menikah. Mintalah saran-saran dari orang terdekat Anda untuk memilih vendor yang berkualitas. Dari saran saudara atau teman yang sudah menikah Anda akan  mendapatkan banyak masukan mengenai hal-hal penting di dalam proses perencanaan pernikahan.

Umumnya, saudara ataupun teman yang sudah menikah akan memberikan info mengenai kelebihan dan kekurangan suatu vendor pernikahan berdasarkan pengalaman mereka. Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda di dalam memilih vendor pernikahan yang tepat.

9. Meminta Bonus atau Tambahan Benefit

Jika Anda sudah menetapkan pilihan pada salah satu vendor pernikahan, tidak ada salahnya Anda meminta tambahan benefit atau bonus yang dapat mereka berikan.
Jika hal ini berhasil Anda lakukan, tentunya dapat menghemat anggaran pernikahan Anda ataupun memberikan tambahan item yang dapat membuat pesta pernikahan Anda lebih baik atau meriah.

10. Tanda Tangan Kontrak

Ketika Anda sudah tanda tangan kontrak yang mengikat tersebut, pastikan Anda benar-benar membaca syarat dan kondisi untuk menghindarkan Anda dari pengeluaran tambahan yang tak terduga.
Selain itu, pastikan Anda mendapat ganti rugi jika vendor mendadak tidak bisa menangani pesta Anda. Surat kontrak sangatlah penting, karena akan mengikat secara hukum untuk kedua belah pihak.

Ditulis oleh :

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.