Mulan Jameela Disentil KPK soal Kacamata “Gucci”, Ini Sederet Artis Endorser Bertarif Tinggi

Anggota DPR dari Fraksi Gerindra Mulan Jameela mengunggah foto kacamata merek Gucci di akun Instagram-nya yang menarik perhatian KPK.

JEDA.ID– Anggota DPR dari Fraksi Gerindra Mulan Jameela mengunggah foto kacamata merek Gucci di akun Instagram-nya. KPK pun mengingatkan soal etika sebagai pejabat negara. Sebelumnya, akun @mulanjameela1, pukul 17.23 WIB, Kamis (17/10/2019), tampak ada foto tiga kacamata dengan kartu merek Gucci yang diunggah di akun Mulan Jameela.

“Bismillahirrahmanirrahim…Terimakasih @jakarta_eyewear ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya…,” tulis Mulan mengiri postingannya itu.KPK kemudian angkat bicara tentang postingan kacamata bermerek oleh Mulan tersebut. Menurut KPK, jatuhnya seseorang itu sering masuk dari pintu sederhana seperti ditraktir minum kopi.

“Isu utama dari jatuhnya sesosok rezim atau perorangan itu sering masuk dari pintu yang sesederhana seseorang ditraktir minum Kopi di warung, apalagi kacamata bermerek,” ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang seperti dilansir detikcom. 

Menanggapi hal itu, Mulan menilai peringatan dari Saut Situmorang sangat positif. “Saya ucapkan terima kasih untuk Bapak Saut Situmorang selaku Wakil Ketua KPK, sudah memberikan masukan yang sangat positif untuk saya secara pribadi. Dan ini bisa jadi pelajaran untuk semua pihak,” kata Mulan Jameela di Instagramnya, Jumat (18/10/2019).

Dihapus

Mulan Jameela telah mengklarifikasi kalau memang ada kesalahan input keterangan di unggahan kacamata merek ‘Gucci’ itu. Dia berjanji akan menjaga diri dari korupsi. “Dan insyaallah saya beserta Partai Gerindra akan selalu menjaga kebersihan dari korupsi,” sebut Mulan Jameela.

Saut Situmorang tidak bermaksud nyinyir kepada Mulan Jameela terkait kacamata merek ‘Gucci’. Menurut Saut, Mulan yang kini sudah menjadi wakil rakyat diharapkan bisa berperan dalam membangun bangsa. “Di masa depan bisa saja Mulan yang sudah jadi tokoh politik wanita nantinya memberikan kontribusi besar dalam membangun Indonesia di masa depan,” sebut Saut.

Setelah diingatkan KPK untuk lebih jeli mengenai etika sebagai pejabat negara, Mulan Jameela akhirnya memberi klarifikasi terkait endorse kacamata Gucci. Mulan Jameela menjelaskan, postingan dikirimi kacamata Gucci adalah paid promote yang diterima oleh admin. Dalam Instagram Storiesnya, Mulan berharap tak ada lagi kesalahpahaman setelah dia mengganti caption postingannya. “Jadi saya tidak menerima produknya sama sekali,” tegasnya.

Namun setelah memberikan klarifikasi, Mulan memutuskan menghapus postingan tentang kacamata tersebut. Foto yang diunggah pada Kamis (17/10/2019) itu sudah tak terlihat lagi di feed Instagram. “OL shop yang berkaitan dengan paid promote kacamata meminta saya untuk menghapus paid promote tersebut demi kenyamanan semua pihak,” jelasnya dalam lanjutan Instagram Story.

Ladang Rupiah

Di tengah perkembangan Internet dan media sosial, menjadi endoser memang menjadi ladang rupiah bagi para selebgram dan artis.  Tingginya pengguna internet di Indonesia diyakini selaras dengan meningkatnya aktifitas di media sosial. Selain Facebook, aplikasi yang kerap digunakan oleh banyak kalangan adalah Instagram.

Selain dinobatkan sebagai salah satu negara dengan pengguna Facebook terbanyak di Dunia, studi yang dirilis portal diskon Cuponation juga menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara ke-4 dengan pengguna instagram terbesar.

Catatan ini mengalahkan sejumlah negara besar lainnya seperti Rusia, Turki, Jepang dan Inggris. Studi ini juga menunjukkan Facebook dan Instagram merupakan sosial media yang paling banyak diminati di Indonesia.
Berdasarkan data yang diambil dari NapoleonCat untuk periode Januari 2019 sampai April 2019 menunjukkan,empat negara pengguna Instagram terbanyak di dunia secara berturut-turut yaitu Amerika Serikat, Brazil, India dan Indonesia.

Dengan jumlah pengguna yang tersebar di seluruh dunia, Amerika Serikat merupakan negara dengan pengguna Instagram terbanyak yakni 110 juta pengguna atau 33,44% dari total populasi negara itu. Selanjutnya, Brasil menduduki posisi ke-2 dengan jumlah pengguna 66 juta orang atau 31,38% dari total populasi. Jumlah ini berada di atas India yang menduduki posisi ke-3 dengan total pengguna 64 juta orang dari jumlah populasi.

Pengguna di Indonesia mencapai 56 juta penduduk atau 20,97% dari total populasi di Tanah Air. Studi tersebut juga mengungkap, di awal tahun 2019 rata-rata jumlah pengguna Instagram laki-laki 1,9 persen lebih banyak dibanding perempuan.

Berikut adalah negara yang menduduki peringkat 4 besar dengan jumlah pengguna instagram terbanyak di dunia:

1. Amerika Serikat — total pengguna 110 juta atau 33.44 persen dari total populasi
2. Brasil — total pengguna 66 juta atau 31.38 persen dari total populasi
3. India — total pengguna 64 juta atau 4.68 persen dari total populasi
4. Indonesia — total pengguna 56 juta atau 20.97 persen dari total populasi di Indonesia.

Influencer

ilustrasi (freepik)

ilustrasi (freepik)

Sementara bagi para artis Indonesia ini memiliki followers yang jumlahnya mencapai angka jutaan, tentu saja menjadi sangat mudah untuk menarik atau memengaruhi (influence) konsumen. Dengan followers yang telah mencapai jutaan tersebut, kegiatan promosi sebuah produk atau brand akan sangat efektif.

Bukan hal baru lagi bahwa Instagram sangat jamak digunakan para pebisnis online untuk kegiatan promosi. Selain membuat akun Instagram khusus untuk bisnis mereka, promosi dengan cara endorsement para artis juga dianggap sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

Berikut sejumlah artis Indonesia yang sering mengendorse barang-barang atau produk di Instagram dengan tarif mahal seperti dilansir dari maxmanroe.com.

1. Syahrini @princesssyahrini

Syahrini diyakini sebagai selebritas endorse Instagram termahal di Indonesia saat ini. Harus diakui bahwa artis yang satu ini sangat fenomenal dan cetar membahana. Di media sosial Instagram, hingga saat ini Syahrini mendapatkan lebih dari 30,7 juta followers. Bisa dipastikan bahwa setiap kali Syahrini memposting konten di Instagramnya pasti akan dilihat jutaan followersnya.

Jika Anda promosi di Instagram Syahrini, dapat dipastikan angka penjualan akan meningkat tajam. Namun, agar bisnis Anda di-endorse oleh akun @princesssyahrini maka Anda harus siapkan bujet sebesar Rp100 juta untuk satu kali posting.

2. Rafi Ahmad & Nagita Slavina @raffinagita1717

Di posisi ke #2 artis endorse Instagram termahal di Indonesia ada pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Akun Instagram @raffinagita1717 adalah milik pasangan artis yang lagi hits, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Akun Instagram mereka dengan jumlah followers lebih dari 34,2 juta sering mendapat job endorse dari berbagai brand. Untuk bisa di-endorse oleh akun Instagram Raffi dan Nagita, maka Anda harus menyiapkan budget sebesar Rp22 juta untuk satu kali promosi di akun IG mereka.

3. Ayu Ting-Ting @ayutingting92

Anda pasti sudah kenal dengan Ayu Tingting. Artis yang sempat dirundung masalah rumah tangga ini ternyata punya banyak sekali fans di Instagram, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu artis endorse Instagram termahal di Indonesia dan paling sering mendapat job endorse.

Hingga saat ini pelantun lagu Alamat Palsu ini memiliki akun IG dengan followers sebanyak 35,3 juta lebih. Jika Anda ingin promosi di IG @ayutingting92 maka Anda harus menyiapkan kocek sebesar Rp17 juta untuk sekali posting.

4. Luna Maya @lunamaya

Luna Maya salah satu artis Indonesia yang terkenal dengan kecantikannya. Tak heran bila akun IG nya @lunamaya bisa memiliki 23,2 juta lebih followers. Jika ingin bisnis atau produk Anda di-endorse di akun IG Luna Maya, maka Anda harus menyiapkan bujet Rp11,2 juta untuk sekali promosi.

5. Zaskia Adya Mecca @zaskiaadyamecca

Zaskia Mecca adalah salah satu pesinetron yang dulu cukup populer. Namun, sekarang Zaskia lebih banyak mengurus bisnisnya dan juga keluarga. Istri sutradara terkenal Hanung Bramantyo ini punya 14,9 juta followers di Instagram. Biaya untuk endorse di akun Instagram nya ada beberapa tipe:

Produk kecantikan, tarif endorse-nya Rp10 juta untuk sekali posting
Produk non kecantikan, tarif endorse-nya Rp5,6 juta per promosi
Endorse dalam bentuk video, tarif endorse-nya Rp 14,5 juta per promosi

6. Chelsea Olivia Wijaya @chelseaoliviaa

Chelsea Olivia adalah salah satu artis sinetron yang gak neko-neko dan jauh dari gosip buruk. Itulah salah satu alasan mengapa Chelsea punya banyak fans di Instagram. Hingga saat ini Chelsea punya 20,5 juta followers di IG. Untuk bisa di-endorse di akun IG nya, maka Anda harus siapkan dana sebesar Rp9 juta untuk sekali promosi.

7. Jesica Iskandar @inijedar

Jesica Iskandar sering disebut-sebut sebagai ratu endorse dan salah satu artis endorse Instagram termahal di Indonesia. Alasannya, Jesica kerap mendapat job endorse dari brand bisnis online meski biaya endorse di IG nya mahal. Artis cantik ini punya followers 19,9 juta. Dan agar bisa di-endorse di akun IG nya, maka Anda harus siapkan budget sebesar Rp8 juta untuk sekali promosi.

8. Ashanty @ashanty_ash

Ashanty awalnya bukanlah artis terkenal, namun namanya melambung setelah menikah dengan Anang Hermansyah, penyanyi dan pencipta lagu terkenal. Saat ini Ashanty menjadi salah satu icon produk kecantikan dan memiliki bisnis dengan brand kecantikan sendiri. Hingga saat ini akun IG Ashanty telah memiliki 19,6 juta followers. Untuk satu kali endorsement melalui akun IG nya, konon kabarnya Ashanty mematok tarif Rp7 juta.

9. Gisella Anastasia @gisel_la

Gisella Anastasia adalah seorang penyanyi dengan suara yang unik. Namanya semakin melambung setelah didapuk sebagai salah satu sinden di acara Opera van Java. Istri Gading Marten ini juga ternyata memiliki banyak penggemar di Instagram. Hingga saat ini akun IG Gisella sudah punya 23,5 juta lebih followers. Anda harus siapkan budget setidaknya Rp8 juta jika ini mempromosikan bisnis Anda di akun IG nya.

10. Tyas Mirasih @tyasmirasih

Tyas Mirasih adalah salah satu artis sinetron Indonesia yang cukup terkenal. Namanya semakin populer ketika dikait-kaitkan dengan kasus prostitusi artis yang sempat merebak. Hingga saat ini akun Instagram Tyas Mirasih punya 2,4 juta followers. Untuk bisa di-endorse di akun instagram Tyas maka Anda harus siapkan budget Rp2 juta hingga Rp3 juta.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.