Kontroversi Mulan Jameela: Kacamata ”Gucci”, SD 3 Tahun, sampai Hak Imunitas

Beberapa hari setelah menjadi anggota DPR, Mulan Jameela menjadi sorotan karena mengunggah foto kacamata di Instagram yang bisa mengarah ke gratifikasi.

JEDA.ID–Penyanyi yang juga menjadi anggota DPR R. Wulansari atau lebih dikenal dengan nama Mulan Jameela menjadi perhatian karena menolak diperiksa polisi sebagai saksi dalam kasus investasi bodong MeMiles.

Mulan Jameela menolak diperiksa sebagai saksi dengan alasan memiliki hak imunitas sebagai anggota DPR. Pengacara Mulan Jameela, Ali Lubis, menyatakan pemanggilan Mulan oleh polisi dalam kasus MeMiles harus seizin presiden.

Sejak menjadi anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Mulan Jameela beberapa kali menjadi sorotan publik. Berikut sejumlah beberapa kontroversi Mulan Jameela sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

Riwayat Pendidikan

Mulan yang menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat XI ini sempat mencuri perhatian karena situs resmi DPR sempat mencantumkan pendidikan sekolah dasar (SD) yang ditempuh hanya tiga tahun.

Pada awal November 2019, situs DPR menuliskan riwayat pendidikan Mulan untuk SD hanya tiga tahun, yakni di SDN Malangbong tahun 1988-1991. Namun, kesalahan itu kemudian diperbaiki menjadi 1985-1991.

Sama-Sama Anggota DPR, Lebih Tajir Krisdayanti atau Mulan Jameela?

Perempuan kelahiran Garut, 23 Agustus 1979 ini kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri Malangbong pada 1991-1994 dan kemudian SMUN Malangbong pada 1994-1997.

Perjuangan Mulan Jameela lolos jadi anggota DPR sangat berliku hingga ke pengadilan.Mulan menjadi wakil rakyat meski dalam Pemilu 2019 lalu perolehan suaranya kalah dari 3 kader Partai Gerindra.

Mulan Jameela menyusul sejumlah artis lainnya yang juga menjadi wakil rakyat di antaranya Eko Patrio dari PAN, Krisdayanti dari PDIP, Tommy Kurniawan dari PKB, dan Rachel Maryam dari Gerindra.

Endorse Kacamata

Mulan Jameela

Aktivitas Mulan Jameela saat mengikuti rapat di DPR (Instagram)

Baru beberapa hari dilantik menjadi anggota DPR, Mulan menjadi sorotan karena akun Instagramnya mengunggah foto kacamata merek Gucci. Ada foto tiga kacamata dengan kartu merek Gucci yang diunggah di akun Mulan Jameela.

KPK kemudian angkat bicara tentang postingan kacamata bermerek oleh Mulan tersebut. Lembaga antirasuah itu mengingatkan tentang etika sebagai seorang pejabat publik termasuk isu gratifikasi.

Daftar 575 Anggota DPR 2019-2024 sesuai Daerah Pemilihan

Mulan mengklarifikasi kalau memang ada kesalahan input keterangan di unggahan kacamata merek ‘Gucci’ itu. Dia berjanji akan menjaga diri dari korupsi termasuk gratifikasi. Unggahan itu akhirnya dihapus.

Istri Ahmad Dhani ini menjelaskan postingan dikirimi kacamata Gucci adalah paid promote yang diterima oleh admin. “Jadi saya tidak menerima produknya sama sekali,” kata dia.

Kasus MeMiles

Kasus investasi bodong MeMiles ditangani aparat Polda Jawa Timur. Ada empat orang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penipuan ini.

Polisi juga memeriksa sejumlah saksi seperti penyanyi, Deli dan penyanyi, Ello. Mulan juga sedianya dipanggil sebagai saksi, namun belum bersedia dengan alasan punya hak imunitas sebagai anggota DPR.

Pengacara Mulan, Ali Lubis, menyatakan setiap anggota DPR punya hak imunitas yang diatur dalam UU MD3. Jika ada pihak berwajib ingin meminta keterangan anggota DPR, dia menegaskan itu perlu persetujuan tertulis dari presiden yang saat ini dijabat Presiden Jokowi.

Artis Wajah Baru di DPR, Cocoknya Urusi Bidang Apa?

Pernyataan Ali itu ditepis stafsus Presiden Jokowi, Dini Shanti Purwono. Dia menyebut Polda Jatim tak perlu meminta izin Presiden Jokowi untuk memeriksa Mulan karena statusnya sebagai saksi.

“Dipanggil hanya untuk dimintai keterangan dan bukan sebagai pihak yang diduga melakukan tindak pidana kan? Kalau hanya sebagai saksi/pihak yang diminta keterangannya, tidak perlu izin presiden,” kata dia sebagaimana dikutip dari Detikcom.

Dalam putusan MK, disebutkan izin presiden hanya diberikan bila anggota DPR itu diduga melakukan tindak pidana. Artinya memeriksa Mulan Jameela sebagai saksi tidak perlu izin presiden.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.