Artis Wajah Baru di DPR, Cocoknya Urusi Bidang Apa?

Komisi X selama ini kerap menjadi ”jujugan” artis yang menjadi anggota DPR.

JEDA.ID–Ada 13 artis yang lolos menjadi anggota DPR periode 2019-2024. Sebagian di antaranya benar-benar wajah baru di Senayan. Sisanya, adalah muka lama di DPR karena sudah masuk menjadi wakil rakyat dalam periode sebelumnya.

Artis yang merupakan wajah baru di parlemen di antaranya Krisdayanti dari PDIP, Tommy Kurniawan dari PKB, dan Muhammad Farhan dari Partai Nasdem.

Artis lainnya yang sudah lebih dulu menjadi wakil rakyat seperti Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio, Rachel Maryam dari Gerindra, Rieke Diah Pitaloka dari PDIP, Dede Yusuf dari Demokrat, dan yang lainnya.

Saat menjadi wakil rakyat, para artis itu akan ditempatkan oleh masing-masing partai ke komisi yang menangani bidang tertentu. Penetapan komisi akan ditentukan saat awal penyusunan alat kelengkapan DPR (AKD) periode 2019-2024.

Namun, tidak jarang, anggota DPR pindah komisi di tengah jalan sesuai dengan kebijakan masing-masing partai.

Untuk periode 2014-2019 ada 11 komisi di DPR. Komisi I membidangi masalah pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, dan intelijen.

Komisi ini sering menggelar rapat dengan Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, Panglima TNI, sampai Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Artis yang masuk di Komisi I adalah Rachel Maryam. Ada juga Nico Siahaan dari PDIP yang mengurusi bidang pertahanan sejak 2017 lalu. Sebelum di Komisi I, Nico masuk Komisi X yang membidangi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga, serta ekonomi kreatif.

Kemudian Komisi II membidangi pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah,aparatur negara, kepemiluan, dan pertanahan dan reforma agraria.

Berdasarkan data yang dihimpun dari laman DPR dan sumber lainnya, Kamis (12/9/2019), tidak ada artis yang masuk di Komisi II selama periode 2014-2019.

Farhan Enggan ke Komisi III

Farhan (Liputan6)

Berikutnya ada Komisi III DPR yang selama ini kerap menjadi sorotan. Komisi ini membidangi hukum dan keamanan sehingga sering bertemu dengan jajaran Polri, Kejaksaan Agung, BNN, sampai KPK. Tercatat belum ada artis yang masuk komisi ini.

Farhan dari Nasdem yang akan menjadi wajah baru di DPR berharap tidak masuk Komisi III. ”Harapan saya ditempatkan di komisi berapa pun asal jangan masuk Komisi III karena saya bukan ahli hukum. Saya mah tahu diri,” sebut dia sebagaimana dikutip dari Liputan6.com.

Dia mengaku tidak berambisi membuat peraturan yang spefisik di bidang tertentu. Menurut Farhan, pembuatan peraturan harus memperhatikan tingkat kepentingannya di muka publik. Dia mencontohkan anggota Komisi X yang sempat menuai protes gara-gara RUU Permusikan.

Kemudian ada Komisi IV yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pangan. Di Komisi IV ada Eko Patrio yang sudah dua periode menjadi anggota DPR.

Sebelumnya, Eko biasanya bertugas di Komisi X yang membidangi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, kepemudaan dan olahraga.

Kemudian ada Komisi V yang membidangi infrastruktur, transportasi, pencarian dan pertolongan, sampai transmigrasi. Anggota komisi ini biasa menggelar rapat dengan Menteri PUPR, Menteri Perhubungan, sampai Kepala Basarnas. Selama periode 2014-2019, tidak ada artis yang masuk Komisi V.

Rieke Diah Pitaloka yang namanya melambung saat memerankan Oneng dalam Bajaj Bajuri merupakan anggota Komisi VI DPR. Komisi ini membidangi perdagangan, perindustrian, investasi, sampai UMKM.

Rieke sebelumnya banyak berkecimpung di Komisi IX yang banyak mengurusi soal ketenagakerjaan sampai kesehatan. Ada juga Primus Yustisio dari PAN yang masuk komisi ini.

Berkumpul di Komisi X

Arzeti Bilbina (Liputan6.com)

Di Komisi VII, anggotanya akan berkutat di bidang energi sampai lingkungan hidup. Di komisi ini tidak ada artis yang masuk sebagai anggota. Pelanjut Tenda Biru Desy Ratnasari tercatat sebagai anggota Komisi VIII yang membidangi soal agama, sosial, dan pemberdayaan.

Sedangkan di Komisi IX ada Dede Yusuf. Selama ini Dede Yusuf banyak memberikan komentar mengenai masalah ketenagakerjaan seperti tenaga kerja asing. Kemudian Komisi X yang selama ini kerap menjadi ”jujugan” artis yang menjadi anggota DPR.

Komisi ini membidangi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, olahraga dan pemuda, sampai ekonomi kreatif. Di komisi ini ada Arzeti Bilbina dari PKB, kemudian Jamal Mirdad, Anang Hermansyah, sampai Yayuk Basuki.

Terakhir, Komisi XI membidangi keuangan dan perbankan yang tidak ada artis di komisi ini. Dengan komposisi itu, kira-kira artis wajah baru di DPR seperti Krisdayanti, Tommy Kurniawan, Farhan, dan Rano Karno, akan masuk mengurusi bidang apa? Kita nantikan saja.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.