Mengintip Kekayaan Artis yang Jadi Anggota DPR

JEDA.ID–Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan 575 calon anggota DPR terpilih periode 2019-2024. Beberapa di antara mereka adalah artis baik yang berstatus sebagai petahana DPR atau pendatang baru.

Setidaknya ada 13 artis baik petahana anggota DPR ataupun pendatang baru yang akan duduk di Senayan. Bila dilihat dari latar belakang partai, PDIP yang paling banyak menempatkan artis di DPR. Ada pendatang baru Krisdayanti dan tiga muka lama yaitu Nico Siahaan, Rano Karno, dan Rieke Diah Pitaloka.

Kemudian ada PAN yang punya tiga artis yaitu Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio, Primus Yustisio, dan sang pelantun Tenda Biru, Dessy Ratnasari. Menyusul berikutnya ada PKB yang meloloskan dua artis yaitu Tommy Kurniawan dan Arzeti Bilbina.

Sisanya masing-masing satu artis yaitu Dede Yusuf (Demokrat), Muhammad Farhan (Nasdem), Rachel Maryam (Gerindra), dan Nurul Arifin (Golkar). Para artis itu mendulang suara cukup banyak di daerah pemilihan masing-masing.

Misal Tommy Kurniawan yang baru kali pertama turun di dunia politik mendulang 33.988 suara di dapil Jawa Barat V. Krisdayanti yang juga menjadi pendatang baru berjaya di dapil Jawa Timur V dengan 132.131 suara.

Di dapil Jawa Barat I, Muhammad Farhan yang diusung Nasdem meraup 52.033 suara. Artis Eko Patrio yang saat ini juga menjadi angota DPR meraih 104.564 suara. Desy Ratnasari mengalami kenaikan suara dengan meraih 86.450 suara.

Dede Yusuf yang pernah menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat juga kembali lolos ke Senayan dengan perolehan 165.182 suara di dapil Jawa Barat II. Primus yang juga merupakan petahana mampu meraup 86.983 suara di dapil Jawa Barat V.

Rieke Diah Pitaloka yang namanya berkibar saat menjadi pemeran Oneng dalam Bajaj Bajuri punya raihan 169.729 suara di dapil Jawa Barat VII. Artis sekaligus mantan model Arzeti Bilbina mendapatkan 53.185 suara di dapil Jawa Timur I.

Mantan Wakil Gubernur Banten Rano “Si Doel” Karno meraih suara signifikan di Banten III dengan 274.294 suara. Politikus Golkar Nurul Arifin tak mau kalah dengan 35.713 suara di Jawa Barat I. Sedangkan Rachel Maryam Sayidina dari Partai Gerindra meraih 145.636 suara di Jawa Barat II.

Harta Artis

Sebagai calon wakil rakyat, salah satu syarat agar para artis bisa dilantik menjadi anggota DPR adalah melaporkan harta mereka lewat laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Bila calon wakil rakyat, termasuk 13 artis itu tidak melaporkan LHKPN ke KPK, pelantikan mereka sebagai anggota DPR akan ditunda. Berikut data kekayaan para artis tersebut seperti tercantum di laman KPK.

artis DPR

Grafis: Whisnu Paksa

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.