• Tue, 19 October 2021

Breaking News :

Inilah Fakta Palung Mariana, Perairan Terdalam yang Menyimpan Banyak Misteri

Palung Mariana menyimpan banyak misteri yang belum terkuak.

JEDA.ID—Apakah Anda pernah mendengar tentang Palung Mariana? Palung Mariana atau seringkali disebut sebagai Mariana trench merupakan jurang yang berada di dasar laut.

Palung ini berada di timur pulau Mariana barat Samudra Pasifik. Palung Mariana menyimpan banyak misteri yang belum terkuak. Itu sebabnya perairan paling dalam di Bumi ini kerap kali dijadikan objek penelitian. Fenomena alam ini memang menakjubkan untuk digali.

Mengutip dari Detik.com, Senin (14/12/2020), berikut ini adalah beberapa fakta tentang Palung Mariana yang patut Anda tahu.

1. Lebih Tinggi dari Everest

Para ilmuwan untuk membandingkan seberapa dalam Palung Mariana, seringkali Puncak Everest digunakan sebagai salah satu pembanding yang sesuai atau tepat. Everest sendiri merupakan gunung yang tertinggi yang ada di dunia, namun untuk mengukur Palung Mariana digunakan ketinggian puncak Everest yang dibuat terbalik ke dasar laut.

Baca Juga: 9 Daftar Kuliner Teraneh di Dunia, Berani Coba?

Jika kembali pada perhitungan yang dihasilkan, Palung Mariana masih lebih dalam dibandingkan puncak Everest. Selain itu para peneliti juga percaya bahwa peluang tersebut memang tidak ada ujungnya atau tidak bisa ditemukan.

2. Tekanan Sangat Tinggi

Tekanan yang ada pada Palung Mariana memang sangat luar biasa menyeramkan. Hal ini ternyata berkaitan dengan kedalaman Palung Mariana, yang dikatakan bahwa dengan kedalaman hingga 11 KM tekanan tertingginya dapat mencapai 8 ton per inchi persegi. Tentu saja jika Anda membayangkan seperti apa tekanan tersebut, maka bisa di ilustrasikan sebagai 50 unit pesawat jet terbesar di dunia ataupun 1.600 ekor gajah Afrika yang ditumpuk di atas tubuh Anda.

Seperti itulah tekanan yang dapat dirasakan manusia jika Anda menyelam ke dasar atau ke dalam tempat ini tanpa bantuan alat ataupun pelindung.

3. Zona Misterius

Informasi selanjutnya adalah zona misterius yang minim akan eksplorasi. Kedalaman lautan sudah terbagi menjadi empat zona. Berdasarkan penelitiannya zona litoral dan juga bathyal mewakili permukaan laut hingga kedalaman 3 km ke bawah. Sedangkan zona abisal untuk menyebut kedalaman mencapai 6 km dan terakhir adalah zona handal untuk menyebut tingkat kedalaman berapapun yang melebihi 6 km di bawah permukaan laut.

Baca Juga: Waspadai 6 Titik Lengah Penularan Corona, Apa Saja?

Jika Anda menyelam tanpa menggunakan bantuan di tempat ini, maka siapapun yang berenang mencapai zona abisal sudah meninggal. Anehnya meski dianggap sebagai zona mati dapat cukup banyak beberapa hewan dan juga tumbuhan yang dapat hidup dengan bentuk yang menyeramkan.

4. 180 Juta Tahun

Berdasarkan penelitian, Palung Mariana sudah terbentuk sejak 180 juta tahun yang lalu, akibat adanya tumbukan antara dua lempeng dua lempeng tersebut berasal dari lempengan tektonik Pasifik dan juga lempengan Filipina. Dampak dari tubrukan ini menyebabkan adanya lapisan yang jatuh ke dalam lapisan mantel bumi.

Namun semakin berkembangnya teknologi Palung Mariana barulah menjadi sebuah objek penelitian sejak dulu Palung Mariana. Hanya dianggap sebagai area mematikan yang tidak boleh dilewati oleh para pelaut ataupun penyelam. Kedalaman tempat ini yang baru terdeteksi adalah 11 km. Namun masih banyak orang yang merasa bahwa masih ada lagi area yang tidak terjangkau oleh manusia ataupun teknologi apapun.

Baca Juga: Tips Mengurangi Overthinking, Coba Praktikkan Cara-Cara Ini

Begitu pun dengan suhu yang dirasakan jika anda menyelam atau berenang di tempat ini cahaya matahari pun, tidak dapat tembus. Sehingga suhu dianggap sangat rendah bahkan di atas titik beku tidak adanya cahaya matahari juga memunculkan hewan-hewan unik yang ada di palung ini.

5. Penemu Pertama

Palung Mariana kali pertama ditemukan oleh lembaga dengan nama HMS Challenger. Kapal angkatan laut Britania di tahun 1875 ini memang sengaja menemukan Palung Mariana dan menelitinya. Nama Palung yaitu HMS Challenger inipun diambil dari nama kapal tersebut. Tidak main-main tempat ini memang diinformasikan sebagai salah satu area mematikan pertama yang ditemukan oleh badan ini.

6. Ikan Seadevil

Hewan unik pertama yang terdeteksi masuk ke dalam palung mariana misteri adalah adanya ikan yang menyeramkan. Seperti ikan seadevil yang punya semacam lampu penerangan di dekat kepalanya untuk menarik mangsa mendekatinya. Kelebihan yang memungkinkannya untuk hidup nyaman di dasar laut yang gelap gulita.

Baca Juga: Wow! Memijat Payudara Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Wanita

Hewan mengerikan ini bisa kamu temukan dalam beberapa judul animasi dan video game terkenal. Kemudian ada hiu hantu, hewan ganas yang panjangnya bisa mencapai enam meter. Bukan penampilannya yang menyeramkan, namun cara makhluk ini memangsa korbannya, kebanyakan hewan unik berupa hewan karnivora.

7. Hiu Megalodon

Hewan selanjutnya yang masih jadi perbincangan adalah hiu megalodon. Hewan ini dianggap ada dan hidup di laun terdalam di dunia ini. Dan terakhir, ada sebuah mitos yang sering diperbincangkan oleh para pengamat di luar sana bahwa di palung Mariana, hiu Megalodon masih hidup dan bersembunyi dengan tenang. Kendati telah dinyatakan punah, namun kemungkinan bahwa hiu purba yang panjangnya bisa mencapai puluhan meter dengan bobot hingga ratusan ton ini masih banyak diyakini keberadaannya.

Banyak peneliti yang tertantang untuk membuktikan hiu purba yang masih hidup di perairan sekitar Palung Mariana. Meskipun begitu penelitian ini tentu tidak sembarangan dan berbahaya karena beresiko kematian pada para penelitinya. Mengingat belum banyak laut dalam yang pernah dieksplor manusia, dan meski tak ada bukti atau dokumentasi nyata mengenai keberadaan hiu Megalodon, kemungkinan seperti ini masih sangat terbuka lebar.

Tinggal tunggu saja sampai manusia menemukan teknologi super canggih yang memungkinkan kita untuk menyelam ke dasar laut dengan peralatan atau perlengkapan sederhana. Jika sudah sampai di titik itu, maka jangan kaget jika kita benar-benar menemukan hiu ini atau barangkali hiu-hiu lainnya yang belum pernah tercatat dalam sejarah.

 

 

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.