Waduh! Ada Asteroid Terbesar dan Tercepat Dekati Bumi Tahun Ini

Berdasarkan kecerahan dan kualitas reflektifnya, FO32 2001 hampir pasti lebih besar dari 97 persen asteroid.

JEDA.ID-Ada asteroid terbesar dan tercepat terdeteksi mendekati Bumi pada tahun ini. Lalu perlukah kita mewaspadai asteroid terbesar dan tercepat dekati Bumi ini?

Simak ulasan fenomena alam ini di tips teknologi. Astronom NASA mengonfirmasi tanggal meluncurnya asteroid luar angkasa terbesar tahun ini melintasi bumi.

Asteroid 2001 FO32 itu, tersebut akan bergerak begitu cepat di luar angkasa pada 21 Maret 2021.

Para astronom di Bumi kemungkinan akan dapat mendeteksi gerakannya secara real-time. Asteroid ini juga bisa dibilang sebagai peristiwa asteroid dekat Bumi paling spektakuler sepanjang tahun.

Analisis pelacak asteroid NASA telah menyesuaikan 2001 FO32 akan berjarak sekitar 0,6 mil (1 km).
Sebagai perbandingan besarannya, batuan kosmik kira-kira tiga kali lebih tinggi dari Menara Eiffel yang ikonik di Paris, Prancis.

Eddie Irizarry, Duta Besar Tata Surya NASA, kini telah mengungkapkan bahwa dimensi raksasa bukan satu-satunya elemen yang menarik.

“Batu antariksa ini juga menarik karena merupakan salah satu batuan antariksa tercepat yang diketahui terbang di Bumi,” tulisnya dilansir Express.

“Ia melaju dengan kecepatan sekitar 76.980mph (123.887kmh) atau 21 mil [34.4km] per detik, relatif terhadap Bumi,” jelasnya seperti dikutip dari Bisnis.com, Jumat (22/1/2021).

Untuk konteksnya, dunia kita mengorbit matahari di tata surya kita dengan kecepatan sekitar 18 mil (30 km) setiap detik.

“Sejak 2001 FO32 berukuran bagus dan kadang-kadang lewat di dekat Bumi, itu diklasifikasikan sebagai Asteroid Berpotensi Berbahaya,” jelasnya.

Studi : 1 dari 8 Penyintas Covid-19 Meninggal dalam 140 Hari

Untungnya, katanya, manusia sama sekali tidak perlu panik karena detritus kuno ini tidak menimbulkan ancaman bagi planet kita.

Orbit asteroid terkenal yang berarti para ahli dapat mengatakan dengan pasti bahwa asteroid itu akan terus meluncur menjauh dari kita, setelah pertemuan jarak dekat.

Pada 21 Maret 2021, pendekatan terdekat FO32 ke Bumi akan berlangsung pada pukul 4.03 sore GMT.

Di titik terdekat asteroid raksasa itu ke Bumi, FO32 berjarak sekitar 1,3 juta mil (2.016.351 km).

Itu adalah kosmik yang setara dengan lima kali jarak rata-rata antara Bumi dan Bulannya.

Akibatnya, bahkan orang yang sangat suka melihat elang sekalipun tidak memiliki kesempatan untuk melihat peristiwa yang luar biasa itu tanpa bantuan peralatan teleskop yang mahal.

Berdasarkan kecerahan dan kualitas reflektifnya, FO32 2001 hampir pasti lebih besar dari 97 persen asteroid.

Biasanya dibutuhkan setidaknya lima hingga 10 menit bagi pengguna teleskop halaman belakang untuk mendeteksi gerakan batuan luar angkasa di depan medan bintangnya.

6 Artis Korea Ini Jadi Korban Perundungan Sebelum Terkenal, Siapa Saja?

“Tapi asteroid 2001 FO32 akan menyapu melewati Bumi dengan kecepatan yang begitu cepat sehingga, saat berada paling dekat, pengamat yang menggunakan teleskop berukuran delapan inci atau lebih besar mungkin dapat mendeteksi gerakannya – gerakannya di depan bintang – dalam waktu nyata.”

Saat itu, alam akan terlihat gelap. Namun, ini berarti siapa pun yang memiliki teleskop berdiameter delapan inci atau lebih besar memiliki peluang untuk melihatnya jika cuaca memungkinkan.

Asteroid tersebut akan relatif rendah di langit selatan dan ketika asteroid 2001 FO32 melewati Bumi, pengamat yang menggunakan teleskop mungkin mencoba untuk menemukannya saat melesat melalui konstelasi selatan Scorpius dan Sagitarius.

Bagi pengamat di AS bagian selatan, asteroid itu akan berada di langit rendah, di atas ufuk selatan – sekitar 20 derajat atau lebih rendah – sebelum fajar pada 21 Maret.

Setelah melewati Bumi pada pertengahan Maret, pertemuan Bumi berikutnya dengan asteroid ini terjadi hampir tepat dalam 31 tahun – pada 22 Maret 2052.

Ketahui Untung Rugi Pakai Masker Rangkap Dua

Namun, pendekatan 2021 akan menjadi yang terdekat dengan Bumi selama 200 tahun ke depan yang telah dihitung orbitnya.

Orbit elips asteroid membawanya mengelilingi Matahari setiap 810 hari – setara dengan 2,22 tahun.

2001 FO32 sebenarnya mendekati 0,30 Satuan Astronomi ke Matahari (satu AU adalah jarak rata-rata antara Bumi dan Matahari) dan asteroid bergerak sejauh 3,11 SA.A

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.