• Thu, 18 August 2022

Breaking News :

Ancang-Ancang Harbolnas 1212, Toko Online Adu Diskon Menggiurkan

Harbolnas 1212 2019 ini, nantinya pada 11 Desember 2019 dikhususkan untuk diskon produk-produk lokal.

JEDA.ID – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 1212 bakal segera hadir di momentum puncak 12 Desember 2019. Berbagai ritel online dan e-Commerce telah berancang-ancang promosi besar-besaran demi menyambut gelaran satu tahunan itu.

Di Harbolnas 1212 2019 ini, nantinya pada 11 Desember 2019 dikhususkan untuk diskon produk-produk lokal. Tak hanya label produk lokal, namun produk hasil bumi Indonesia seperti produk pertanian dan perikanan juga akan ikut diskon di Harbolnas ini.

Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung, di The Fools Cafe & Resto mengatakan platform yang akan digaet dalam Harbolnas ini ditargetkan sebanyak 300 platform yang menjajakan produk kecantikan, fesyen, otomotif, kesehatan, kebutuhan rumah tangga, elektronik, gadget, dan sebagainya

(Baca Juga: Begini Awal Mula Harbolnas)

Sejauh ini, platform yang sudah terdaftar dalam Harbolnas 2019 di antaranya Lazada, iLotte.com, Elevania, Zalora, BukaLapak, MAP e-mall, dan sebagainya.

Transaksi Harbolnas ini ditargetkan meningkat Rp 1 miliar atau sekitar 14,7% dari transaksi Harbolnas tahun 2018 yang tembus Rp 6,8 triliun. Sedangkan, untuk pesertanya idEA menargetkan 300 platform online ikut dalam gelaran Harbolnas ke-9 ini.

“Harbolnas tahun 2018 ada 254 peserta resmi. Tahun ini kita targetkan dari 254 platform jadi 300 platform. Jumlah transaksinya pasti meningkat terus. Tahun 2017 Rp 4, triliun. Tahun 2018 sedikit melesat dari targetnya Rp 7 triliun, realisasina Rp 6,8 triliun. Sehingga tahun ini kita targetkan Rp 7,8 triliun saja, lebih tinggi Rp 1 triliun dari tahun 2018,” tuturnya dilansir Detik.com, Kamis (5/12/2019).

Harbolnas

Wikipedia, sebagaimana dikutip Senin (11/11/2019), Harbolnas adalah hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja daring. Dicetuskan pertama kali ditahun 2012 oleh oleh perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia umumnya mereka yang bergabung di Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA).

Terinspirasi dari Cyber Monday di Amerika, para pelaku e-commerce berkolaborasi memberikan yang terbaik dengan berbagai penawaran menarik seperti diskon besar serta promosi lain hanya dalam satu hari penuh.

(Baca Juga: Konspirasi Dua Bos Wall Street di Balik Black Friday)

Mengutip Okezone, 9 Desember 2019, tahun 2017 Harbolnas kembali dengan peningkatan jumlah peserta menjadi 254 e-commerce yang masing masing memberikan penawaran diskon bagi para konsumen secara online mencapai 90%.

Mengutip laporan Bisnis Indonesia, Transaksi Harbolnas 2018 mampu menembus angka Rp6,8 triliun. Panitia penyelenggara Harbolnas 2018 awalnya mematok nilai transaksi mencapai Rp7 triliun.

Walaupun target itu tak tercapai, angka Rp6,8 triliun pada Harbolnas 2018 tetap lebih tinggi Rp2,1 triliun dari nilai transaksi tahun lalu.

Dari total angka transaksi Rp6,8 triliun Harbolnas 2018 pada 11-12 Desember, produk lokal berhasil menyumbangkan 46% dari total transaksi atau menyentuh di angka Rp3,1 triliun. Penjualan produk lokal melampaui target awal sebesar Rp1 triliun.

Harbolnas 2019

Tahun ini, Harbolnas 1212 bakal dimeriahkan oleh banyak promo menarik. Harbolnas 12.12, Black Shark Hadirkan Promo Spesial di 6 E-Commerce, Mi.co.id, Shopee.co.id, Blibli.com, Tokopedia.com, JD.id, dan Lazada.co.id.
Melalui kerja sama ini, Black Shark ingin memberikan akses kepada konsumen untuk mendapatkan berbagai produk Black Shark dengan cara yang lebih mudah.

“Setelah penjualan Black Shark 2 dan Black Shark 2 Pro yang sukses pada saat peluncuran pertama, Black Shark menyadari antusiasme dari fans Indonesia terhadap produk Black Shark dan memutuskan untuk bekerja sama dengan platform e-commerce yang lebih banyak lagi dalam memasarkan produk kami,” jelas Roy Jiaqi ZHANG, Country Manager of Black Shark Indonesia, dilansir Suara.com, Kamis (5/12/2019).

(Baca Juga: Kebanyakan Belanja Online? Mungkin Tanda Gangguan Jiwa)

Selain Xiaomi, Zalora, salah satu destinasi fashion online utama di Asia, menghadirkan pesta diskon terbesar tahun ini untuk memanjakan para penggemar fashion di Indonesia melalui Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12.2019.

Tahun ini adalah kali pertama Zalora memberikan diskon hingga 90% untuk ribuan fashion brand lokal dan internasional yang tidak boleh dilewatkan.

Zalora sudah meluncurkan koleksi baru yaitu koleksi kids dan beauty. Banyak produk-produk fashion anak, khususnya dari brand internasional, yang tidak ditemukan di ritel offline.

Adapun serangkaian promo dari Zalora untuk merayakan Harbolnas ini, antara lain:

  1. Daily flash sale and 5 times flash sale a day on 12.12 up to 90%
  2. Branded sale up to 80%
  3. Beauty category special deals up to 70%
  4. Free shipping+discount up to 60%
  5. Discount 30% for payment with Gopay

Berkaca Momen 11.11

Sebelum momentum Harbolnas 1212, ada Single Day 11.11 pada 11 November 2019. Di momentum itu, sejumlah e-Commerce mengeluarkan promo dalam berbagai macam tajuk. Mengutip CNBC Indonesia, Kamis (5/12/2019), JD.ID menghadirkan promo Double Date 11.11 JD.ID.

Dimana itu merupakan rangkaian program 100 Days Shopping Marathon atau Seratus Hari Belanja Untung (SEBUT) yang telah dilaksanakan sejak 4 September 2019 lalu dan puncaknya di saat Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2019 mendatang.

(Baca Juga: Single Day: 11.11 Hari Anti-Valentine di China)

Promo yang diberikan yakni, JD Golden Ticket Anniversary, JD Mystery Box, Casback 110 persen dan kupon belanja Rp 1 juta, Ekstra Gratis Ongkir 11x, 11 hours promo, dan hingga Midnight Sale.

Sedangkan Shopee tahun ini memberikan promo yang luar biasa. Bertajuk, Shopee 11.11 Big Sale promo yang ditawarkan yaknk Pasti Diskon 50%, Gratis Ongkir Min. Belanja Rp 0 di Semua Toko, Cashback 111%, dan 6x Flash Sale Kilat Rp 99.

Bahkan sebelumnya, Shopee menghadirkan grup G-Friend yang diundang untuk merayakan 11.11 pada Minggu, 10 November 2019.

Bukalapak, Lazada, Blibli

Bukalapak masih menghadirkan Flash Deal dalam menggaet konsumen. Promo ini selalu diburu oleh para pengguna setia Bukalapak dan yang didiskon berbagai jenis produk.

Tak sekedar itu, produk anyar seperti PlayStation 4, Samsung Galaxy S9, dan Drone Syma X8SW juga ikut dijual hingga Rp 12 saja. Bahkan, Bukalapak juga membuka diskon bayar pajak dan PBB di Bukalapak dengan 11 persen via aplikasi dan beli tiket kereta bandara dengan diskon dan cashback hingga 11 persen.

Sementara itu, pembayaran dengan Dana, Anda akam mendapatkan promo serba Rp 11. Serta main Mauditinju atau Jempol AS11K berhadiah diskon 90%.

Tidak mau ketinggalan, Lazada juga memberikan diskon 11 persen saat promo Lazada 11.11 dengan menyertakan kode voucher promo LAZIG1111.

Meski begitu, promo ini hanya berlaku untuk 111 orang pertama. Lazada juga memberikan promo Hp dengan harga yang murah.

Infinix Smart 4 dengan Layar 6.6 inch, baterai besar dan Dual AI Camera dengan harga hanya 900 ribuan dengan menggunakan voucher.

Blibli.com juga ikut menyemarakan Harbolnas 11.11 dengan tema Histeria Syok 11.11. Ada berbagai promo yang ditawarkan untuk menarik banyak konsumen.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.