Single Day: 11.11 Hari Anti-Valentine di China

Tanggal 11 November atau 11.11 diperingati sebagai Hari Jomblo atau Single Day di China.

JEDA.ID – Hari ini, sejumlah e-commerce di Indonesia merilis promo bertajuk 11.11 dengan mengusung berbagai macam judul acara. Netizen Indonesia memahami hari ini sebagai promo Harbolnas terlihat dari populernya istilah ini di Google Search. Meski begitu, tanggal 11.11 sebenarnya adalah promo Single Day di China.

Netizen Indonesia memahami 11.11 sebagai Harbolnas. Hal ini terlihat dari penelusuran di Google Trends yang memperlihatkan kata kunci Harbolnas yang berada di salah satu dalam daftar pencarian terpopuler. Hal ini menjadi salah kaprah lantaran, Harbolnas telah ditetapkan pada 12 Desember atau dikenal dengan istilah 12.12.

Promosi 11.11

Momentum 11.11 dipakai e-Commerce di Indonesia untuk menggelontorkan tajuk promosi. Situs Lazada misalnya, mengeluarkan promo spesial bernama I Love 11.11 Lazada. Lantas Blibli dengan Histeria Syok 11.11 yang akan muncul di tampilan teratas situs pencarian Google jika Anda mengetik 11.11.

Shopee ada Promo 11.11 Big Sale 2019, Elevenia dengan Serbu 11.11. Hanya Zalora yang memakai istilah Single Day 2019 untuk promo mereka hari ini.

Momentum 11.11 alias 11 November dikenal sebagai Singles Day, momen belanja para anak muda Cina yang bangga akan status single mereka. Dilansir The Telegraph, Senin (11/11/2019), Singles Day dimulai sebagai perayaan “anti-Valentine” bagi orang-orang lajang di Cina pada era 90-an. Adapun 11 November ditulis 11.11 atau satu-satu-satu-satu.

Istilah 11.11 dikenal di Cina sebagai “bare sticks holiday” karena tampila numeriknya. Singles Day artinya dimulai sebagai Hari anti-Valentine pada 1990-an ketika mahasiswa di Nanjing University mulai merayakan status lajang mereka. Momen ini juga dikenal sebagai Hari Bujangan karena ketidakseimbangan gender Cina yang diakibatkan kebijakan satu anak.

Pada hari tersebut, mereka yang berstatus lajang akan merayakannya dengan membeli hadiah untuk diri sendiri. Hal tersebut lantas diadopsi oleh e-commerce besar, Alibaba pada 2009.

Peluang Bisnis

Peringatan ini kemudian dimanfaatkan sebagai peluang bisnis oleh Alibaba. Lewat situs Tmall dan Taobao, Alibaba berhasil meraup keuntungan penjualan berbagai produk, termasuk makanan dan pakaian hingga US$3 juta atau Rp4 miliar pada 2012 silam. Pada 2016 lalu, e-commerce Alibaba berhasil meraup Rp 241 miliar pada 11 November lalu.

Rupanya, Single Day juga dirayakan di Korea Selatan. Namun dengan kemasan yang sedikit berbeda, Pepero Day namanya. Setiap 11 November, mereka merayakan tradisi bertukar camilan stik bernama Pepero, camilan wafer berbentuk stik yang dilumuri cokelat, kacang almond, serta aneka topping lainnya. Tradisi ini dilakukan dengan harapan mereka akan tumbuh tinggi dan langsing, persis seperti angka 1.

Belgia juga sempat berpartisipasi merayakan Single Day. Namun respon yang diterima justru negatif. Hal itu karena 11 November merupakan hari penting dalam sejarah Belgia, yakni hari peringatan kematian pada Perang Dunia I.

Di Indonesia

Liputan6 mengutip situs berhemat CupoNation yang melakukan studi tentang perkembangan popularitas pesta belanja ini di Indonesia. Volume penelusuran online untuk kata kunci 11.11 di Tanah Air meningkat di dua tahun terakhir.

Lewat hasil studi, jumlah penelusuran untuk kata kunci 11.11 pada mesin pencari google meningkat hingga 29 persen di 2017 dan 456 persen di 2018. Peningkatan yang cukup tajam di 2018 menggambarkan jika jumlah masyarakat Indonesia menaruh perhatian dan menelusuri kampanye diskon dan promo yang ditawarkan pada Singles Day semakin bertambah dan diprediksikan akan terus meningkat di 2019.

Berdasarkan hasil studi CupoNation, ada lima situs toko online dengan jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia, yang jika diurut berdasarkan jumlah pengunjung terbanyak adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan Blibli.

Namun, studi menunjukkan pada pekan pesta belanja online singles day, situs e-commerce yang meraih volume penelusuran tertinggi di tahun 2018 adalah Shopee dan disusul oleh Lazada. Shopee berhasil melesat ke peringkat pertama dimana sebelumnya berada di urutan ke-3 pada pekan Singles Day yang digelar pada tahun 2017.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.