Wisata Murah Meriah di Ibu Kota Baru Tak Lebih Rp25.000

Wisata di Kutai Kartanegara yang paling populer adalah Pulau Kumala. Banyak destinasi wisata lain yang bisa menjadi tujuan dari wisata edukasi sampai pantai yang memesona.

JEDA.ID–Kabupaten Kutai Kartanegara bersama Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, ditunjuk menjadi ibu kota baru Indonesia. Kutai Kartanegara memiliki sejumlah tempat wisata andalan. Menariknya, banyak tempat wisata di Kutai Kartanegara yang biaya masuknya murah meriah.

Pulau Kumala merupakan tempat wisata paling populer di Kutai Kartanegara. Pada 2018 ada lebih dari 287.000 pengunjung di pantai ini. Untuk bisa menikmati pulau ini, pengunjung cukup merogoh kocek Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp7.000 untuk dewasa.

Pulau Kumala merupakan delta Sungai Mahakam yang membentang di sebelah barat Kota Tenggarong. Berada di tengah sungai. Destinasi Pulau Kemala dilengkapi dengan jembatan penyeberangan yang unik, taman bermain juga penginapan.

Pulau ini menyediakan fasilitas umum berupa sky tower yang dibangun setinggi 100 meter untuk memudahkan pengunjung melihat kota dari ketinggian. Selain itu, di pulau ini juga terdapat kereta api mini, area permainan anak-anak, dan kereta gantung.

Pulau Kumala

Pulau Kumala (Instagaram)

Destinasi wisata lain yang juga kerap menjadi tujuan utama wisatawan di Kutai Kartanegara adalah Ladaya. Ladaya adalah Ladang Buaya yang kerap bikin wisatawan penasaran.

Selama 2018, tempat ini didatangi lebih dari 285.000 wisatawan. Cukup dengan Rp10.000 untuk anak-anak dan Rp15.000 untuk dewasa, pengunjung bisa menikmati wisata Ladaya.

Ladang Budaya sebagaimana dikutip dari laman indonesia.go.id, memiliki kebun binatang mini dengan beberapa koleksi binatang khas Kalimantan Timur, di antaranya, burung enggang, beruang madu, uwa-uwa, serta burung merak.

Pengunjung dapat berfoto di beberapa spot foto menarik yang sudah disediakan di Ladang Budaya ini. Ladaya terletak di Jl. H. Bachrin Seman, Mangkurawang, Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Wisata yang layak dicoba lainnya adalah Bukit Bangkirai. Bukit ini dikelola oleh PT Inhutani. Di dalamnya terdapat kurang lebih 2.800 jenis flora dan fauna yang didominasi jenis pohon Dipterocarpaceae khususnya Shorea laevis (bangkirai).

Ada 3.000 jenis jamur, 13 jenis rotan, 24 jenis anggrek termasuk anggrek hitam, 113 jenis burung, dan masih banyak jenis mamalia serta serangga. Untuk masuk tempat wisata edukasi ini, Anda hanya membayar Rp4.000 untuk anak-anak dan Rp6.000 untuk dewasa.

Peninggalan Dinasti Ming

Wisata edukasi lainnya yang wajib dicoba di ibu kota baru adalah Museum Mulawarman. Museum ini memiliki kurang lebih 5.373 koleksi benda bersejarah yang terbagi ke dalam berbagai jenis.

Koleksi benda bersejarah itu meliputi patung-patung dan benda bersejarah, perabotan kuno, kamar tidur dengan hiasan kain ‘doyo’ tenunan tangan, serta barang-barang dari dinasti Ming, Qing, dan Yuan.

Lokasi museum ini berada di Jl Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Letaknya juga cukup strategis karena dekat dengan Sungai Mahakam.

Tiket masuk museum ini juga cukup murah yaitu hanya Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 untuk dewasa. Beberapa objek wisata lain yang juga populer di Kutai Kartanegara juga menawarkan tiket masuk yang murah meriah.

Wisata Kutai Kartanegara

Lamin Etam Ambors (Pemkab Kukar)

Misalnya Waduk Panji Sukarame Rp5.000-Rp7.000. Kemudian ada Planetarium Jagad Raya Rp10.000-Rp15.000, Lamin Etam Ambors yang terkenal dengan wisata edukasinya Rp10.000-Rp15.000.

Sedangkan dua waterboom di Kutai Kartanegara yaitu Family Water Park dan Waterboom Mahalani sama-sama mematok tarif masuk Rp25.000.

Itulah beberapa tempat wisata populer di Kutai Kartanegara. Tidak ada salahnya mencoba berwisata di ibu kota baru Indonesia itu. Apalagi tiket masuknya murah meriah bukan?

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.