Tak Disangka, Inilah Beragam Manfaat Sarapan yang Sering Dilewatkan

Di tengah kesibukan aktivitas yang Anda lakukan, pernahkah Anda melewatkan sarapan? Padahal manfaat sarapan sangat penting untuk tubuh.

JEDA.ID – Di tengah kesibukan aktivitas yang Anda lakukan, pernahkah Anda melewatkan sarapan? Jangan lakukan itu lagi, ya. Anda akan kehilangan beberapa manfaat sarapan yang begitu penting untuk kesehatan dan kesuksesan Anda.

Rutin sarapan sangat penting untuk memulai hari. Ketika Anda terlelap, sama saja Anda tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang cukup lama, yakni sekitar 7-8 jam. Di waktu lelap tersebut, tubuh Anda akan menurunkan aktivitas metabolismenya dan secara efisien menggunakan energi dan nutrisi dalam tubuh.

Kali ini kita akan mengulas beragam manfaat pentingnya tidak melewatkan sarapan pagi dilansir dari detik.com dan berbagai sumber.

Ini Pemicu Pandemi di Masa Depan, Salah Satunya Kerusakan Lingkungan

1. Sarapan dapat Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat sarapan ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian. Dalam beberapa penelitian, sarapan dapat berperan untuk meningkatkan fungsi kognitif seperti daya ingat dan konsentrasi yang lebih tinggi bahkan meningkatkan kewaspadaan.

Salah satu penelitian yang diterbitkan di Jurnal Physiology and Behavior, anak-anak berusia 9 hingga 11 tahun yang rutin sarapan akan memiliki daya ingat yang kuat dibandingkan mereka yang tidak.
Pada anak, sarapan sebelum sekolah bisa juga meningkatkan prestasi. Begitu pula bagi pekerja yang sarapan sebelum melakukan aktivitas, tentunya dapat meningkatkan konsentrasi dan kekreatifan ketika bekerja.

2. Mengisi Kembali Energi dan Menjadikan Tubuh Kuat

Menu sarapan sehat dengan makanan tinggi protein akan memberikan energi sepanjang hari. Hal ini membuat tubuh menjadi fit, kuat dan tak mudah lelah.

3. Mengurangi Risiko Berbagai Penyakit

Rutin melakukan sarapan dapat bermanfaat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarapan secara teratur bisa membantu menjaga kadar gula darah yang stabil. Nah, kondisi seperti itulah yang nantinya berlanjut membuat tubuh Anda menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2.

Menu sarapan akan lebih baik jika memilih makanan yang mengandung serat dan protein dalam jumlah yang tinggi. Kedua kandungan tersebut berperan penting untuk meningkatkan energi dan juga membuat perut merasa kenyang lebih lama lagi.

Selain itu, juga dapat menghindarkan dari penyakit maag dan memperlancar sistem pencernaan.

4. Menghindari Ngemil

Sarapan disebut dapat mencegah Anda merasa kelaparan. Dengan begitu akan mendorong Anda untuk menghindari ngemil makanan yang tak sehat, seperti yang banyak mengandung gula misalnya

5. Membantu Mencegah Kenaikan Berat Badan

Jika Anda berniat untuk menurunkan berat badan, jangan pernah melewatkan waktu untuk sarapan. Rutin sarapan justru dapat membantu Anda untuk memangkas bobot tubuh. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition.

Dalam penelitian tersebut, ditemukan tidak adanya keterkaitan antara sarapan dengan peningkatan berat badan. Dengan sarapan justru malah akan membantu Anda untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan. Proses itulah yang dapat menurunkan berat badan.

WHO Akui Virus Corona Menyebar di Udara, Apa dan Bagaimana Yang Harus Dilakukan?

6. Memberi Nutrisi yang Diperlukan oleh Tubuh

Ketika Anda melewatkan waktu sarapan, maka tubuh Anda akan kehilangan berbagai nutrisi, seperti vitamin, protein, serat, karbohidrat dan masih banyak lagi. Nah, jika Anda terbiasa sarapan, maka Anda cenderung memiliki pola makan yang sehat.

Karenanya, ahli gizi menyarankan untuk sarapan secara rutin. Dengan sarapan dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh. Untuk pilihan menunya, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang terlalu berat. Pilihan menu-menu ringan seperti telur rebus, daging ayam, susu, sayuran buah, atau gandum.

7. Mengatasi Masalah Anemia

Apakah Anda memiliki masalah darah berupa anemia? Jika ya, maka jangan lupakan sarapan pagi karena hal ini dapat mengatasi masalah anemia yang diderita. Menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi haruslah mengandung banyak vitamin.

Vitamin-vitamin tersebutlah yang dapat membuat tubuh Anda bisa mengobati masalah kekurangan zat besi. Ini juga yang menjadi alasan mengapa para penderita anemia seharusnya mengonsumsi buah-buahan ketika awal waktu memulai sarapan.

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.