Saat Berkendara Sendirian di Mobil Wajibkah Pakai Masker? Ini Kata Ahli

Sejumlah warga terjaring razia masker saat berkendara sendirian di mobil. Wajibkah pakai masker saat berkendara sendirian di mobil?

JEDA.ID-Baru baru ini viral warga DKI Jakarta saat berkendara sendirian di mobil tidak memakai masker dan kena operasi masker. Kejadian nyaris serupa juga terjadi di Solo. Gara-gara tidak memakai masker saat berkendara sendirian di mobil, seorang wanita cantik terjaring razia masker di Kota Solo, Rabu (16/9/2020) siang sekitar pukul 13.00 WIB.

Melansir Solopos.com, Kamis (17/9/2020), peristiwa itu bermula saat si wanita cantik ini melintas di Jl. Gajah Mada, Solo, dengan mobilnya tanpa mengenakan masker. Wanita bernama CL tersebut sebenarnya membawa masker, namun tidak dikenakan sampai akhirnya terjaring razia di kawasan Jl Bintan, Ketelan, Banjarsari, Solo.

Mobil yang dikendarai wanita asal Karanganyar itu diberhentikan Satpol PP. Dia kemudian didata dan dikenai sanksi membersihkan Kali Pepe.

“Sendirian di mobil kok di razia masker??? Guna masker emg apa coba hayoooo???” komentar satu pengguna Twitter.

Pertanyaannya jika sedang berkendara sendirian di dalam mobil, apakah tetap perlu menggunakan masker? Adakah risiko penularan corona saat sendirian di dalam mobil?

7 Cara Menarik Peserta Webinar, Ini Caranya

Menurut ahli paru dari RS Persahabatan, Erlang Samoedro,  risiko penularan corona saat sendirian di dalam mobil terbilang sangat kecil. Erlang menegaskan selama tidak ada orang lain di sekitar berarti aman dari paparan.

“Paparan virus dari orang jadi bila tidak ada orang lain berarti tidak ada paparan. Jadi aman kalau nggak ada orang lain,” sebut Erlang saat dihubungi detikcom pada Kamis (17/9/2020).

Erlang menjelaskan, paparan virus corona dari seseorang yang perlu dihindari. “Yang penting paparan dari orang ya jadi yang dihindari orangnya,” beber Erlang.

Meski begitu, penting untuk memastikan permukaan di sekitar aman dari virus corona.

Peraturan IMEI Diberlakukan, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Gawai

Aaron Hamilton dari Cleveland Clinic Main Campus menjelaskan sebetulnya berkendara sendirian di dalam mobil adalah skenario yang rendah risiko. Oleh karena itu masker tidak harus selalu digunakan saat berkendara sendirian di mobil.

“Hanya saja ada beberapa skenario yang membuat memakai masker jadi masuk akal untuk melindungi orang lain saat pandemi ini. Salah satunya bila di dalam mobil ada orang lain yang ikut menumpang,” kata dr Aaron seperti dikutip dari Cleveland Clinic, Kamis (17/9/2020).

“Anda juga sebaiknya memakai masker saat menurunkan jendela mobil untuk berinteraksi dengan orang lain. Misalnya saat di drive-thru atau lokasi sejenis,” lanjutnya

Aaron juga menyarankan orang-orang yang sering berhenti atau banyak tempat pemberhentian lebih baik selalu memakai masker. Alasannya agar masker tidak terlalu sering dilepas pasang sehingga malah lebih mudah terkontaminasi.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.