• Tue, 25 January 2022

Breaking News :

Ruam Di Kulit Bisa Jadi Pertanda Covid-19, Kenali Gejalanya

Para ahli mengatakan Covid-19 dapat menyebabkan ruam kulit di segala usia.

JEDA.ID-Ruam di kulit merupakan salah satu gejala tak biasa terinfeksi Covid-19. Pedangdut Dewi Perssik merupakan salah satu pasien Covid-19 yang mengalami gejala ruam di kulit.

“Jadi timbul kemerahan ini adalah salah satu yg timbul dari mereka yg terkena covid sekitar 20%. Nah ini jadi bahan renungan buat kita semua dan teguran buatku juga untuk menggugurkan dosa2ku, dan bahwa covid itu nyata,” jelasnya dalam postingannya yang diunggah pada Kamis (24/12/2020).

WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Seperti yang diketahui, selain gejala umum seperti batuk, demam, dan sesak napas, para ahli memperingatkan ada gejala tak biasa dari Covid-19 yang kerap tak disadari yakni ruam pada kulit.

Laporan yang pertama kali datang dari China dan kemudian dari Eropa telah menunjukkan bahwa kulit dapat terkena SARS-COV-2 (virus yang menyebabkan Covid-19) pada hingga 20 persen kasus. Virus ini memicu sejumlah reaksi kekebalan sehingga tidak mengherankan jika kulit ikut memunculkan gejala

Para ahli dari King’s College London, telah mengidentifikasi jenis ruam kulit yang berpotensi menjadi gejala Covid-19. Berikut dikutip dari The Sun dan dikutip detikcom, Jumat (25/12/2020).

1. Urtikaria

Ruam kulit jenis ini muncul terlihat seperti bintik yang timbul tiba-tiba pada kulit. Benjolan ini bisa datang dan pergi cukup cepat dan sangat gatal.

Waduh! Amuba Pemakan Otak Mudah Menyebar Melalui Air

Urtikaria seringkali dimulai dengan rasa gatal yang hebat pada telapak tangan atau telapak kaki, dan dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir dan kelopak mata.

2. Ruam seperti cacar air

Gejala ini ditandai dengan benjolan merah kecil di area siku, lutut, punggung tangan dan kaki. Dalam beberapa kasus, hanya ada beberapa benjolan kecil.

Ruam ini bisa bertahan lama setelah penularan. Gejala ini juga bisa muncul beberapa minggu setelah permulaan infeksi.

3. Covid-19 toes

Ditandai dengan benjolan kemerahan dan keunguan di jari tangan atau kaki, yang mungkin terasa sakit tetapi biasanya tidak gatal.

Jenis ruam ini paling spesifik untuk Covid-19, lebih sering terjadi pada orang yang lebih muda dan cenderung muncul di beberapa hari pasca terinfeksi.

Kebiasaan Belanja Orang RI Saat Harbolnas, 58% Responden Belanja Terencana

Ruam dapat muncul pada tahap awal terinfeksi Covid-19 atau selama pasien menjalani perawatan. Apa yang menyebabkan gejala ruam bisa muncul pada pasien Covid-19?

Para ahli menyebut ruam pada pasien Covid-19 tidak disebabkan oleh virus itu sendiri, tetapi oleh respons kekebalan tubuh terhadap virus.

Misalnya, penelitian menunjukkan ruam mungkin disebabkan oleh aktivasi berlebihan dari bagian sistem kekebalan. Hal ini mengarah pada kerusakan pembuluh darah yang terlihat pada gejala seperti Covid-19 toes atau purpura yang disebabkan oleh pendarahan di bawah kulit.

“Banyak infeksi virus yang dapat memengaruhi kulit, jadi tidak mengherankan jika kami melihat ruam ini pada Covid-19,” kata konsultan dermatologis di Rumah Sakit St Thomas dan King’s College London, Veronique Bataille, seperti dikutip dari detikcom.

Peneliti menemukan ada tiga tipe umum ruam yang dialami pasien Covid-19 yakni urtikaria atau biduran yang terasa sangat gatal, Covid-19 toes atau jari tangan dan kaki berwarna merah dan keunguan, dan bintik-bintik kemerahan seperti biang keringat. Ruam bisa bertahan selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Para ahli mengatakan Covid-19 dapat menyebabkan ruam kulit di segala usia.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.