• Fri, 22 October 2021

Breaking News :

WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

WhatsApp Web adalah aplikasi WA yang memudahkan penggunanya untuk menggunakan WA dengan laptop melalui website.

JEDA.ID-WhatsApp Web tidak dapat dibuka bisa disebabkan karena berbagai hal. Akan tetapi penyebab yang paling umum  adalah masalah koneksi Internet.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak terus ulasannya di tips gadget kali ini.

WhatsApp Web adalah aplikasi WA yang memudahkan penggunanya untuk menggunakan WA dengan laptop melalui website. Cukup membuka web.whatsapp.com di komputer atau laptop kemudian mengikuti petunjuk yang diberikan untuk menghubungkan akun WA di smartphone kamu via kode QR.

Siaran TV Analog Bakal Disetop, RI Siap-Siap Migrasi ke TV Digital

Namun sebagian orang sering mengalami kendala membuka WA di laptop. Berikut ini beberapa penyebab yang menyebabkan WA tidak bisa dibuka seperti dikutip dari detikcom, Rabu (23/12/2020):

1. Masalah koneksi telepon

Meskipun dapat dibuka di laptop, sebenarnya WhatsApp Web digunakan hanya sebagai penunjang saja.  Syaratnya harus terhubung ke ponsel untuk mensinkronisasikan pesan yang kamu terima.

Sehingga jika ponsel atau smartphone kamu tidak terhubung, secara otomatis  WA pun tidak dapat digunakan. Jika hal ini terjadi, cara mengatasinya adalah dengan :

– Buka WA di ponsel kamu dan cobalah untuk mengirim pesan, jika ternyata ada masalah koneksi telepon selulermu aktifkan flight mode untuk kemudian langsung
menonaktifkannya lagi.

– Selain itu jika belum bisa juga kemungkinan ada masalah pada koneksi komputer kamu.

2. Masalah jaringan komputer

Pengguna  WA memang bergantung pada koneksi jaringan internet pada komputer. Sehingga koneksi internet yang stabil juga diperlukan pada perangkat komputer. Jika tertulis “Computer not connected” pada halaman WhatsApp Web maka komputer kamu mengalami gangguan koneksi.

Jika hal ini terjadi sebaiknya refresh atau memuat ulang halaman WhatsApp Web. Bisa juga log out sesi WhatsApp Web dan masuk kembali. Pastikan untuk menggunakan browser seperti Chrome, Firefox, Opera, Safari atau Edge untuk menggunakan WhatsApp Web.

3. Masalah pada koneksi WiFi

Penyebab tidak dapat dibuka biasanya berhubungan dengan koneksi jaringan internet. Namun untuk WiFi tertentu, WhatsApp Web memang diblokir atau dibatasi.

Budi Gunadi Sadikin, Menkes Pertama Bukan dari Kalangan Dokter

Pengguna harus memerhatikan beberapa hal agar WhatsApp Web tetap terhubung tanpa barcode, bagaimana caranya?

Buka Aplikasi

-Login dilakukan dengan membuka situs di alamat https://web.whatsapp.com/.

-Kemudian, scan barcode yang berada di sebelah kanan layar menggunakan aplikasi WA di handphone.

-WA login dilakukan dengan buka aplikasi WA di HP. Kemudian, klik menu atau setelan dan pilih ‘WhatsApp Web’ lalu arahkan layar pada barcode.

-Secara otomatis, desktop akan langsung terhubung dengan WA yang aktif di handphone tersebut.

Doa Supaya Utang Cepat Lunas,, Jangan Lupa Diamalkan!

Hanya   ada beberapa hal yang membuat WA tidak bisa terhubung. Hal itu membuat pengguna tidak dapat mengirim atau menerima pesan di WA.

Adapun cara agar WA etap terhubung dengan memastikan koneksi telepon, komputer, dan wifi terhubung dengan baik dengan internet.

Jika ada masalah koneksi, pengguna dapat mengatasi koneksi telepon terlebih dahulu. Kemudian, masalah koneksi komputer diatasi dengan menggunakan situs Chrome, Firefox, maupun Safari versi terbaru.

Bila masalah koneksi   tak kunjung selesai, pengguna bisa mencoba mengatasi jaringan wifi. Lakukan pengaturan yang membuat wifi dapat memberikan akses ke situs ‘web.whatsapp.com’, ‘web.whatsapp,com’, atau ‘whatsapp.net’

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.