• Tue, 7 December 2021

Breaking News :

Ramai Dibahas Saat Aurel Keguguran, Apa Itu Penyakit Ain dalam Islam?

Apa pengertian dari penyakit ain dalam Islam, seperti yang ramai dibahas netizen saat Aurel Hermansyah mengalami keguguran?

JEDA.ID — Kira-kira apa pengertian penyakit ain dalam Islam?

Sebagaimana diketahui, penyakit ain banyak disebut netizen seusai Aurel Hermansyah mengalami keguguran.

Baca Juga: Diserbu Bintang Satu di Playstore, Rating Facebook Jeblok

Menurut beberapa netizen, kehamilan Aurel seharusnya tidak diumbar dan menjadi konten di media sosial dia maupun sang suami, Atta Halilintar.

“Jangan dikit-dikit konten, penyakit ain itu nyata,” kata seorang netizen.

Baca Juga: 3 Koleksi Sepatu Selvi Ananda, Mewah dan Branded Semua!

Innaillahi..turut berduka cita. Intropeksi diri juga. Hati-hati penyakit ‘ain itu nyata. Coba pelajarin,” ungkap netizen satu lagi.

“Apa karena ain ya kak? Pernah denger ain itu kayak gak boleh diupdate janin yang masih kecil, nanti beberapa bulan boleh gak papa,” tambah netizen lainnya.

Baca Juga: Rambut Rontok saat Hamil, Normal Enggak ya?

Lalu, apa sih penyakit ain dalam Islam sebenarnya?

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, ain atau bisa dikenal dengan Kena Mata merupakan suatu penyakit yang muncul melalui perasaan dengki.

Baca Juga: Waspada! Pasca Libur Lebaran Kasus Covid-19 Bisa Melonjak 30-80%

Berdasarkan hadis riwayat Muslim, penyakit ain benar adanya dan terjadi. Bahkan, Aisyah radhianllahu’anha sempat mengalami penyakit ain. “Dahulu Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memintaku agar aku diruqyah untuk menyembuhkan ain,” kata Aisyah.

Penyakit ain dalam Islam adalah pengaruh dari pandangan hasad atau dengki dari seseorang. Sehingga orang yang dipandang bisa mengalami gangguan berupa penyakit, kerusakan, hingga kematian.

Baca Juga: Intip Yuk Gaji Gibran sebagai Wali Kota Solo, Gede Enggak ya?

Penyebab Penyakit Ain dalam Islam

Ain umumnya berkaitan dengan pengaruh dari pandangan mata yang disertai sifat dengki atau iri kadang terjadi pula pada rasa takjub atau cinta terhadap yang dipandang.

Hal ini dapat muncul dari orang yang jahat ataupun orang yang baik, baik pelaku melakukannya dengan sengaja ataupun tidak menyadari, dengan izin Allah. Pandangan mata tersebut menjadi jalan bagi dan dimanfaatkan oleh Setan sehingga memiliki potensi bahaya bagi orang yang terkena.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Kolesterol Naik Setelah Lebaran

Penyakit ain dalam Islam bisa disebabkan oleh sifat hasad atau iri dengki terhadap nikmat yang dimiliki oleh orang lain.

Cara mengobati penyakit ain dilakukan dengan bertawakal kepada Allah. Sebab, hanya Allah SWT yang dapat menyembuhkan semua penyakit dalam tubuh.

Baca Juga: Potret Selvi Ananda Dulu dan Sekarang, Berawal dari Putri Solo

Apabila seorang dari kalian melihat sesuatu dari saudaranya, atau melihat diri saudaranya, atau melihat hartanya yang menakjubkan, maka hendaklah ia mendoakan keberkahan untuk saudaranya tersebut, karena sesungguhnya penyakit ‘ain benar-benar ada,” kata Nabi Muhammad dalam HR. Ahmad dari Abdullah bin ‘Amir, Ash-Shahihah, no. 2572.

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.