Diserbu Bintang Satu di Playstore, Rating Facebook Jeblok

Aplikasi media sosial Facebook mempunyai rating yang jeblok di Google Playstore imbas dari kebijakannya menghapus unggahan terkait Palestina.

JEDA.ID — Rating Facebook di Google Playstore tiba-tiba jeblok yang diduga karena kebijakannya menghapus setiap unggahan terkait Palestina.

Ketika dipantau Solopos.com pada Rabu (19/5/2021), rating Facebook hanya berada di angka 2,6. Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan media sosial lainnya, seperti Instagram di angka 3,8, TikTok 4,4 dan Twitter 3,5.

Baca Juga: Rambut Rontok saat Hamil, Normal Enggak ya?

Padahal awalnya Facebook memiliki rating yang cukup bagus di Google Playstore, yakni di atas 4.

Rating Facebook yang jeblok ini disebabkan ulasan pengguna di Google Playstore yang memberikan bintang satu.

Baca Juga: Waspada! Pasca Libur Lebaran Kasus Covid-19 Bisa Melonjak 30-80%

Rating Facebook turun di Playstore. (Istimewa)

Beberapa komentar menyerang Facebook juga muncul setelah Facebook mengeluarkan kebijakan tersebut. Sebagaimana diungkap oleh beberap pengguna di bawah ini.

“Jadilah adil, minimal bangkitkan kepekaan mu kepada umat manusia karena kamu jgua manusia yang suatu saat nanti akan merasakan pahitnya tanah kuburan, kembali pada Tuhan. Berpikirlah! Kepada semua anak anak yang kehilangan orang tuanya karena terutmbus peluru Israel bangunkan dirimu, peka terhadap manusia, ini bukan lagi masalah agama. ini masalah kemanusiaan,” tulis salah satu pengguna dengan akun Herwan Prabowo.

Baca Juga: TKP Perahu Terbalik Waduk Kedung Ombo Simpan Kisah Misteri yang Legendaris

Bismillah Israel itu kaya anak kesayangan Amerika dll. Apa Amerika ga punya hati gitu ya ngeliat Israel ngejajah gitu? Hati mereka udah Allah ganti jadi batu keknya, senang melihat orang2 tertindas. Lihat aja kalian para kaum zionis, janji Allah itu akan datang. Bagaimana pun Islam akan menang. Siapa bilang kaum muslim itu lemah, ga punya siapa siapa? Kalian mungkin punya senjata yang bagus, tapi kita kaum muslim punya Allah yang maha melihat lagi maha mengetahui, dan Allah itu maha adil,.” tambah pengguna dengan akun Puti Minang Sari.

Baca Juga: Efikasi Vaksin Sinopharm 78,02 Persen, Adakah Efek Sampingnya?

Media yang mendukung kebiadaban Israel, padahal jelas mereka adalah teroris. IG dan FB saja saja, ketika konten berkaitan dengan isu kemanusiaan, penjajahan, kejahatan tentang Palestina atau negeri Islam lainnya mereka selalu banned bahkan akan menghapus konten tersebut, miris!” jelas pengguna dengan akun Muhammad Dayat.

Rating Facebook Turun Bermula dari Sensor Serangan Israel

Rating Facebook di Playstore yang jeblok bermula dari penyensoran serangan Israel ke jalur Gaza terus terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Warga Palestina pun merekam serangan tersebut, kemudian merekamnya dan mengunggah ke media sosial. Namun, konten itu ada yang disensor, dibatasi, atau diblokir.

Baca Juga: Intip Yuk Gaji Gibran sebagai Wali Kota Solo, Gede Enggak ya?

“Perusahaan media sosial membungkam suara Palestina saat mereka berjuang untuk kelangsungan hidup mereka,” ujar Marwa Fatafta, Anggota Kebijakan dari lembaga pemikir Al Shabaka dilansir Detik.com.

“Ini bukan insiden satu kali, ini adalah lanjutan dari sensor sistematis dan diskriminasi yang lebih luas yang menargetkan, terutama mereka yang terpinggirkan dan tertindas, seringkali atas perintah rezim yang menindas,” ujar Fatafta.

Baca Juga: Waspada! 5 Penyakit Ini Kerap Mengancam Pasca Lebaran

Dia meminta Facebook dan Instagram menghentikan sensor maupun pemblokiran terhadap serangan Israel kepada Palestina.

 

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.