Tutup Iklan

TKP Perahu Terbalik Waduk Kedung Ombo Simpan Kisah Misteri yang Legendaris

Waduk Kedung Ombo di Jawa Tengah yang jadi lokasi perahu wisata terbalik pada Sabtu (15/5/2021) menyimpan kisah misteri legendaris.

JEDA.ID — Tahukah Anda ternyata Waduk Kedung Ombo yang berlokasi di tiga kabupaten di Jawa Tengah, yakni Sragen, Boyolali dan Grobogan ini menyimpan kisah misteri yang legendaris?

Salah satu cerita yang kerap muncul adalah adanya kerajaan gaib di waduk seluas 6.576 hektar ini. Konon katanya, beraneka ragam makhluk halus di waduk ini sering bergentayangan. Sebagaimana telah dikabarkan Solopos.com. 

Baca Juga: Intip Yuk Gaji Gibran sebagai Wali Kota Solo, Gede Enggak ya?

Waduk yang luas ini ternyata menjadi salah satu tempat favorit untuk membuang makhluk halus. Ada yang berupa jin pesugihan, jin gentayangan meresahkan warga, sampai khodam dari benda pusaka,” ungkap pengelola akun Instagram @misterisolo dalam unggahannya, Sabtu (24/10/2020).

Menurut @misterisolo, kerajaan gaib di Waduk Kedung Ombo dipimpin oleh seorang ratu. Dia dikenal sebagai sosok yang menjaga adab dan sopan santun.

Baca Juga: Ini Waktu yang Pas untuk Puasa Syawal, Dilengkapi Bacaan Niatnya

Meskipun begitu, ternyata ada sosok lain yang katanya sering meminta tumbal di Waduk Kedung Ombo. Sosok tersebut dikenal sebagai buto.

Buto memiliki wujud dengan muka berwarna merah dan mengenakan pakaian kerajaan. Dari cerita yang beredar, buto ini kerap meminta tumbal dengan cara menyeret korban ke dasar waduk.

Baca Juga: Efikasi Vaksin Sinopharm 78,02 Persen, Adakah Efek Sampingnya?

“Namun, setelah perjanjian dengan penduduk dan beberapa paranormal, makhluk tersebut bersedia untuk tidak mengambil tumbal dan diganti oleh sajen di malam-malam tertentu,” tambah dia.

Air Berwarna Merah di Waduk Kedung Ombo

Karena sering digunakan sebagai lokasi memancing, terdapat pula cerita misteri yang beredar antar pemancing.

Seperti diungkap melalui unggahan pengelola akun Instagram @indigo.story. Dari unggahan tersebut dijelaskan bahwa jika air danau berubah menjadi merah pemancing diminta segera pergi.

Baca Juga: Akal-akalan Pemudik, Ada yang Nekat Naik Ambulans

Cerita tersebut ia dapatkan dari sang ayah yang kerap memancing di Waduk Kedung Ombo. “Pengalaman babe, pernah sekali diberitahu warga sekitar,kalau air waduk berubah warna merah, pemancing atau orang yg beraktifitas diwaduk harus segera keluar,” jelas pengelola akun Instagram @indigo.story.

Ayah dari pengelola akun @indigostory itu pun mengalaminya. Ia melihat air waduk berubah menjadi merah. “Dan selang sebulan setelah diberitahu warga tsb,babe dan kawan² yg lagi asyik²nya mancing tiba² air waduk mendadak berubah jadi merah. Langsung babe dan kawan² yg ingat akan pesan itu langsung beberes dan naik ke daratan. Setelah bertanya, ternyata kalau air berubah merah biasanya ada yg akan kesaut ( disambar) tenggelam dan dimakan penunggu waduk,” jelas dia.

Baca Juga: Potret Selvi Ananda Dulu dan Sekarang, Berawal dari Putri Solo

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.