• Thu, 18 August 2022

Breaking News :

Pakar Sebut Semua Jenis Vaksin Covid-19 Efektif

Pakar imunisasi menyebut semua jenis vaksin Covid-19 efektif sehingga masyarakat tidak perlu takut maupun ragu lagi dengan vaksinasi.

JEDA.ID — Dikatakan Pakar Imunisasi dr Elizabeh Jane Soepardi, semua jenis vaksin Covid-19 efektif karena mampu membentuk antibodi terhadap virus corona.

Hal ini mengingat Badan Pengawas Obat dan Makanan(BPOM) RI telah menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA), atau izin penggunaan darurat, termasuk untuk vaksin AstraZeneca pada 22 Februari 2021 lalu sehingga sudah aman digunakan di Indonesia. Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah mengeluarkan Emergency Use Listing (EUL) untuk vaksin dari AstraZeneca.

“Pada prinsipnya, semua vaksin sama efektif. Semua produsen vaksin mengikuti aturan yang sama dan harus lulus uji WHO. Saat ini yang menjadi perhatian utama adalah keterbatasan stok vaksin dari produsennya,” jelas dia sebagaimana telah diberitakan Solopos.com pada Jumat (12/3/2021).

Baca Juga: Jangan Asal! 5 Makanan Ini Tidak Baik untuk Sarapan

Untuk menjaga semua vaksin Covid-19 agar tetap efektif, Jane meminta pihak terkait untuk memastikan penerima vaksin disuntik dua jenis vaksin yang berbeda.

“Misalkan, dosis pertama diberikan Sinovac, lalu dosis kedua diberikan merek vaksin yang berbeda. Hal ini yang harus diperhatikan, jangan sampai terjadi. Jadi, ada kemungkinan vaksin AstraZeneca didistribusikan ke daerah tertentu yang belum dikirimkan vaksin Sinovac, sehingga tidak tercampur,” tambah dia.

Baca Juga: 3 Artis Indonesia yang Dulu Penonton Bayaran, Tapi Sekarang Tajir

Masih Ada Hambatan

Jane juga menjelaskan memang masih ada beberapa hambatan yang terjadi di lapangan sehingga menyebabkan lambatnya serapan program pelaksanaan vaksinasi yang sedang berlangsung.

“Terutama terkait dengan pelaksanaan screening sebelum vaksinasi. Masih banyak masyarakat yang gagal divaksinasi karena tidak lolos screening, sehingga penyerapan vaksinasi masih rendah. Sementara kita berkejaran dengan waktu di mana virus masih terus menyebar, dan pandemi belum berakhir,” tambah dia.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Rumah Subsidi DP 0 Persen?

Meski begitu, Jane tetap optimis bahwa Indonesia bisa segera menyelesaikan program vaksinasi ini.

“Semuanya efektif membentuk antibodi terhadap virus,dan terbukti efektif juga dengan semua varian virus Covid-19. Jika memiliki penyakit penyerta, usahakan agar tetap terkontrol, agar saat divaksinasi efektif antibodi terbentuk. Sayang vaksinnya dibeli mahal jika tidak efektif karena tubuh kita sedang sakit,” pungkas dia.

Baca Juga: Suka Dilakukan Gibran, Apa Makna Pakai Jam Tangan di Sebelah Kiri?

Baca Juga: Kuota Internet Gratis Pelajar Diperpanjang, Akses Sosmed Dibatasi

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.