Tutup Iklan

Menkes di 11 Negara Ini Juga Bukan Dokter, Siapa Saja?

Beberapa negara bahkan memiliki Menteri Kesehatan yang bukan berasal dari kalangan dokter.

JEDA.ID-Penunjukan Budi Gunadi Sadikin yang bukan dokter sebagai Menkes baru menjadi sorotan. Tenang RI tidak sendiri, ada sejumlah negara memiliki Menkes bukan dokter.

Budi Gunadi tak memiliki latar belakang di bidang medis. Meski begitu, Budi Gunadi Sadikin banyak terlibat dalam pengadaan vaksin Covid-19.

Sejauh ini, posisi Menteri Kesehatan di Indonesia hampir selalu dijabat oleh seorang dokter. Pertanyannya, apakah Menkes harus bergelar dokter atau sarjana kesehatan?

Siaran TV Analog Bakal Disetop, RI Siap-Siap Migrasi ke TV Digital

Tampaknya tidak selalu Menkes adalah seseorang yang berlatar belakang medis. Beberapa negara bahkan memiliki Menteri Kesehatan yang bukan berasal dari kalangan dokter.

Berikut negara-negara yang Menkesnya bukan dokter, ada yang insinyur dan bahkan wartawan seperti dikutip dari detikcom, Rabu (23/12/2020):

1. Jepang

Jepang memiliki Menkes yang tak berasal dari dunia kesehatan. Norihisa Tamura diangkat menjadi Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan sejak 16 September 2020 hingga sekarang.

Ia menduduki posisi Menkes sejak menjabatnya Perdana Menteri Yoshihide Suga di Jepang. Norihisa Tamura merupakan lulusan Hukum dan Ekonomi Chiba University, Jepang.

Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai anggota parlemen Jepang, dan berkarir di perusahaan konstruksi.

2. Denmark

Magnus Heunicke menjabat sebagai Menkes di Denmark sejak 2019 hingga sekarang. Hal yang cukup mengejutkan adalah ia berasal dari kalangan jurnalis, dan pernah menjabat sebagai Menteri Transportasi Denmark. Heunicke merupakan lulusan National School of Journalisim, Aarhus jurusan jurnalistik.

3. Australia

Australia juga memiliki Menteri Kesehatan yang tak berasal dari kalangan dokter. Gregory Hunt menempati posisi sebagai Menkes Australia sejak 2017.

Budi Gunadi Sadikin, Menkes Pertama Bukan dari Kalangan Dokter

Sebelum menjabat sebagai Menkes, Hunt merupakan Menteri Olahraga. Ia adalah lulusan Bachelor of Law University of Melbourne, dan MA International Relations, Yale University

4. Arab Saudi

Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfig AlRabiah berlatarbelakang pendidikan bisnis. Ia merupakan lulusan College of Business, the King Saud University.

Menkes Tawfig AlRabiah telah menjabat sejak 2016 sampai sekarang. Sementara itu ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

5. Inggris

Inggris menjadi salah satu negara yang memiliki Menteri Kesehatan bukan dari ahli kesehatan. Edward Argar menempati posisi Menkes Inggris sejak 2019.

Sebelum menjadi Menkes, ia merupakan politisi dan anggota parlemen dengan latar belakang pendidikan Modern History di Oriel College, Oxford, Inggris.

6. Singapura

Gan Kim Yong menjabat sebagai Menteri Kesehatan Singapura sejak 2011. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja di Singapura.

Ini Alasan Rajin Olahraga Bukan Jaminan Kebal Covid-19

Gan Kim Yong bukan dokter, melainkan lulusan University of Cambridge Bachelor of Arts bidang Teknik Elektro.

7. Selandia Baru

Andrew James Little menjabat sebagai Menkes Selandia Baru sejak 2020. Sebelumnya ia merupakan Menteri Perjanjian Waitangi di bawah supervisi Kementerian Kehakiman.

Little merupakan lulusan Victoria University of Wellington bidang hukum, filosofi, dan kebijakan publik.

8. Jerman

Jens Spahn adalah Menteri Kesehatan Jerman dengan latar belakang dunia politik. Ia menjabat sebagai Menkes sejak 2018.

Selain itu, Spahn merupakan lulusan Ilmu Politik dan Hukum di University of Hagen. Ia bahkan sempat magang sebagai bankir di Westdeutsche Landesbank(Bank State of German). Di sana, ia bekerja sambil kuliah di jurusan Ilmu Politik dan Hukum.

9. Kanada

Posisi Menkes di Kanada ditempati Patty Hadju sejak 2019. Hadju merupakan seorang Magister Bachelor of Arts di Lake University dan Master di bidang Administrasi Publik University of Victoria.

Wajib Tahu, Dari Mana Mutasi Virus Corona Terbaru Datang?

Menkes yang tak berasal dari dunia medis ini mengawasi Departemen Kesehatan Kanada dan Badan Kesehatan Masyarakat Kanada, yaitu badan-badan yang mengoordinasikan tanggapan pemerintah setempat terhadap pandemi Covid-19.

10. Thailand

Anutin Charnvirakul menjabat di Thai Ministry of Public Health’s Department of Health Service Support Thailand sejak 2019. Ia tak memiliki pengalaman di dunia medis melainkan bidang teknik, dan merupakan lulusan dari Universitas Hofstra.

11. Belanda

Di Belanda, Menteri Kesehatan dijabat oleh Hugo de Jonge. Ia menjabat sejak 2017 hingga sekarang.

Sebelum menjadi Menkes Belanda, ia merupakan politisi partai Christian Democratic Appeal (CDA). de Jonge adalah lulusan manajemen Ichthus Hogeschool di Rotterdam.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.