Mengungkap Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Kecantikan

Minyak bunga matahari biasa digunakan untuk memasak karena punya banyak manfaat bagi kesehatan, namun minyak ini juga memiliki kandungan yang bagus untuk perawatan kulit.

JEDA.ID- Minyak bunga matahari biasa digunakan untuk memasak karena punya banyak manfaat bagi kesehatan, namun minyak ini juga memiliki kandungan yang bagus untuk perawatan kulit.

Minyak bunga matahari diperkaya dengan vitamin dan mineral penting sehingga dapat mengatasi hampir seluruh masalah kecantikan. Berikut ini adalah lima manfaat dari minyak bunga ini dilansir Antara dari Boldsky, belum lama ini.

1. Melembabkan kulit

Minyak bunga ini sering digunakan sebagai formula kosmetik, sebab memiliki kemampuan untuk mengatasi kekeringan dan menjaga kulit tetap lembab. Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak bunga matahari meningkatkan hidrasi kulit dan menjaga integritas lapisan luar kulit.

Asam linoleat yang hadir dalam minyak bunga ini memiliki sifat emolien yang sangat baik yang menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. Selain asam linoleat, ia juga mengandung vitamin E yang mampu terserap ke dalam kulit dan membantu melembabkan dari dalam.

2. Melawan jerawat

Minyak bunga ini merupakan bahan alami non-komedogenik yang memelihara kulit tanpa menyumbat pori-pori. Jadi, Anda bisa menggunakan minyak ini tanpa harus khawatir dengan jerawat.

Vitamin E, salah satu antioksidan alami paling kuat, ditemukan berlimpah dalam minyak bunga ini. Ini membantu melindungi kulit dari radikal bebas penyebab timbulnya jerawat. Minyak bunga matahari juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang menahan bakteri penyebab jerawat.

Punya IQ Tinggi, Anak-Anak Ini Masuk Universitas di Usia Dini

3. Mencegah penuaan kulit

Sifat antioksidan dari minyak bunga ini juga membantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus, kerutan dan kulit kendur. Berkat kehadiran vitamin E yang sangat kuat, mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat Anda memiliki kulit yang halus, tanpa cacat dan awet muda.

4. Memberikan perlindungan terhadap sinar matahari

Minyak bunga ini memiliki sifat pelindung sinar matahari alami. Vitamin A dan C mampu melindungi dari pengaruh buruk sinar matahari sehingga kulit tetap sehat dan halus.

Asam lemak, asam linoleat yang hadir dalam minyak bunga matahari mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berbahaya.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Minyak bunga ini kaya akan vitamin, mineral dan asam lemak yang penting untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Vitamin A, C, D dan E dan mineral seperti tembaga, zinc, dan zat besi yang ada dalam minyak bunga matahari sangat membantu dalam meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya.

Asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat dapat menjadi pelembab serta pelindung agar kulit tetap lembut dan halus.

Manfaat Lain

Selain dibikin minyak yang kaya manfaat untuk kecantikan, bunga matahari terutama bijinya juga kaya akan lemak, beberapa vitamin, dan mineral. Biji bunganya  juga kerap dijadikan campuran roti gandum dan cemilan.

Nutrisi tersebut dapat berperan dalam mengurangi risiko masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Jarang Disadari, Ini Kebiasaan Sepele yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Berikut manfaat bunga matahari untuk kesehatan seperti dilansir detikcom.

1. Peradangan

Bunga ini terutama pada bijinya dapat mengurangi peradangan. Sebab biji bunga ini terdapat flavonoid dan senyawa tanaman lain.

2. Kurangi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Senyawa dalam biji bunga matahari mencegah enzim yang menyebabkan pembuluh darah mengerut. Sebagai hasilnya, biji bunga ini dapat membantu pembuluh darah rileks dan menurunkan tekanan darah. Magnesium dalam biji bunga ini juga membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

Selain itu, biji bunganya kaya akan asam lemak tak jenuh, terutama asam linoleat. Tubuh menggunakan asam linoleat untuk membuat senyawa seperti hormon yang melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Asam lemak ini juga membantu menurunkan kolesterol.

3. Diabetes

Orang yang mengonsumsi 30 gram biji bunganya setiap hari sebagai bagian dari diet sehat dapat mengurangi gula darah sekitar 10% dalam enam bulan. Efek penurun gula darah dari biji bunga matahari disebabkan oleh asam klorogenat senyawa tanaman.

Menambahkan biji bunga ini ke makanan seperti roti dapat membantu mengurangi efek karbohidrat pada gula darah kamu. Protein dan lemak biji memperlambat waktu pengosongan perut dan memungkinkan pelepasan gula dari karbohidrat secara bertahap.

4. Kaya Omega 6

Manfaat Bunga Matahari yang Belum Banyak Orang TahuFoto: Isal Mawardi-detikcom

Bunga ini kaya akan Omega 6. 1 Sendok makan minyak bunga matahari mengandung setidaknya 8,9 gram asam linoleat, yang merupakan Omega 6.

5. Diet

Bagian biji pada bunga ini juga dapat dikonsumsi sebagai santapan diet. Kandungan protein nabati dan serat yang terdapat pada bunga matahari ini mampu mengontrol rasa lapar. Kamu pun akan mudah kenyang dibanding mengonsumsi hidangan yang mengandung karbohidrat atau lemak.

WFH Diperpanjang Lagi? Ini Tips Memilih Laptop yang Bisa Diandalkan

6. Untuk Kecantikan

Bunga matahari pada bijinya dapat menghasilkan minyak. Minyak itu biasanya digunakan untuk kecantikan seperti perawatan wajah, rambut, dan kulit.

Minyak pada bijinya ini juga baik dikonsumsi untuk campuran salad. Selain itu mengandung asam linoleat yang bagus untuk tubuh.

7. Minuman

Bunga ini dapat digunakan sebagai minuman herbal. Rebus kelopak bunga matahari atau campur ke dalam teh. Kelopak bunga matahari dapat digunakan sebagai campuran minuman untuk meringankan sakit kepala, radang payudara dan sebagainya.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.