Bisa Meremajakan Kulit, Ini Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Tidak sedikit bahan masakan yang ada di dapur ternyata juga bermanfaat bagi kecantikan. Salah satunya cuka sari apel. Bahkan salah satu personil boy group Korea Selatan, Jungkook BTS selalu membawa cuka apel di dalam tasnya.

JEDA.ID – Tidak sedikit bahan masakan yang ada di dapur ternyata juga punya manfaat bagi kecantikan,  salah satunya cuka sari apel.

Bahkan salah satu personel boy group Korea Selatan, Jungkook BTS selalu membawa cuka apel di dalam tasnya. Sebagai salah satu idol yang dituntut untuk selalu tampil menawan, ia rutin menggunakan cuka apel dua kali dalam sepekan.

Cuka apel terbuat dari cairan yang keluar dari hasil penghancuran dan remasan apel, yang kemudian ditambahkan bakteri dan jamur hingga terfermentasi. Manfaat cuka apel untuk wajah didapat karena mengandung enzim, bakteri, pectin, dan mineral yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Nah berikut ini beberapa manfaat cuka apel untuk kecantikan seperti dilansir dari beberapa sumber:

Ada yang Berada di Tengah Rel, Ini 5 Pasar Unik di Dunia

Mengatasi Kulit yang Bermasalah

Manfaat cuka apel untuk perawatan wajah yang pertama adalah mampu menenangkan kulit yang bermasalah. Seperti disadur dari Liputan 6, Rabu (17/6/2020) manfaat ini didapat dari adanya kandungan zat antiinflamasi atau antiperadangan yang berperan dalam mengatasi permasalahan kulit. Selain itu, cuka apel juga mengandung asam asetat yang berperan dalam melembutkan kulit. Disarankan untuk mencampurkan cuka apel dengan body lotion, agar aroma menyengat terkamuflase.

Menjadi Bahan Eksfoliasi dan Mengurangi Bercak Penuaan

Cuka apel juga dipercaya dapat meregenerasi kulit, karena mengandung asam hidroksi alfa (AHA) yang merupakan eksfoliator kimia. Ini membuatnya dapat menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk dan memperlihatkan sel-sel kulit baru yang sehat. Kalau Anda sering melakukan perawatan rutin menggunakan cuka apel ini maka akan terlihat perbedaan pada bercak penuaan.

Mengurangi Bintik Hitam di Wajah

Cuka apel dapat membantu menghilangkan bintik-bintik penuaan dan meminimalkan garis-garis halus serta kerutan. Untuk hasil yang maksimal, campurkan cuka apel dengan air, lalu usapkan pada wajah. Kemudian diamkan selama 30 menit hingga wajah terasa kering, bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin dua kali sehari selama enam pekan untuk melihat perbedaannya.

Mencegah dan Memudarkan Bekas Jerawat

Cuka apel bekerja sebagai zat alami dalam menghilangkan kotoran, minyak dan debu. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu menyerap minyak berlebihan pada kulit. Sehingga menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Senyawa asam suksinat dalam cuka apel juga dipercaya dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Hal ini menjadikan jaringan parut tidak akan terbentuk pada wajah.

Tak hanya itu, kandungan asam laktat dalam cuka apel juga dapat memperbaiki kondisi kulit orang yang menderita peradangan akibat jerawat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, campurkan beberapa tetes cuka apel dengan air, lalu oleskan pada bekas jerawat. Kemudian diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Mengecilkan Pori-pori

Cuka apel memiliki sifat astringen, yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit sehingga bermanfaat mengecilkan pori-pori. Cuka apel sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit wajah cenderung berminyak. Sebab cuka apel diyakini dapat mengatur tingkat pH pada kulit. Untuk mengecilkan pori-pori wajah Anda campurkan cuka apel dengan air putih.

Setelah cuka apel dicampur air, lalu saring ke dalam wadah. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Oleskan larutan pada wajah menggunakan kapas. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini sekali atau dua kali dalam sehari.

Harga Tak Jadi Masalah, Ini Sederet Alasan Pengguna iPhone Ogah Pindah ke Android

Mengencangkan Kulit Wajah

Melansir dari Healthline, cuka apel dapat mencegah kerusakan dan mengencangkan kulit wajah secara alami. Manfaat tersebut dapat diperoleh dengan menjadikan cuka epel sebagai toner atau cairan pencuci wajah. Selain itu Anda juga dapat mengoleskan secara langsung cuka apel pada wajah. Namun kalau dirasa kulit seperti terbakar, coba encerkan terlebih dahulu cuka apel dengan takaran air yang lebih banyak.

Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Selain bermanfaat bagi perawatan kulit wajah, cuka apel juga terkenal ampuh untuk menyembuhkan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Ini karena cuka apel dapat meredakan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhannya. Cara menggunakannya dengan mencampurkan setengah cangkir cuka apel dan empat gelas air. Celupkan kain ke dalam campuran tersebut, lalu oleskan ke kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Ulangi cara ini beberapa kali sehari, secara berkala hingga kondisi wajah membaik.

Menghilangkan Kutil di Wajah

Keberadaan kutil kadang membuat seseorang malu dan tidak percaya diri. Namun jangan khawatir, Anda bisa menghilangkan kutil yang membandel dengan menggunakan cuka apel. Caranya campurkan cuka apel dengan air, kemudian rendam kapas atau kain lembut. Kompreskan pada bagian wajah yang terdapat kutil. Lakukan perawatan ini beberapa kali sampai kutil mengecil dan terlepas dengan sendirinya.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.