• Fri, 27 January 2023

Breaking News :

Tak Berkategori

Harga Tak Jadi Masalah, Ini Sederet Alasan Pengguna iPhone Ogah Pindah ke Android

Gadget iPhone masuk dalam jajaran smartphone yang memiliki harga fantastis bagi sebagian besar orang. Namun banyak pengguna yang enggan beralih ke Android.

JEDA.ID – Gadget iPhone masuk dalam jajaran smartphone yang memiliki harga fantastis bagi sebagian besar orang. Walaupun demikian, banyak pengguna iPhone yang  tidak berkeinginan untuk beralih ke handphone (HP) Android yang lebih bervariasi dan tentunya murah. Banyak alasan yang membuat mereka bertahan, misalnya performa dan kualitas iPhone yang tak main-main. Alhasil pengguna tetap memilih menggunakan iPhone, tak peduli apapun kata orang.

Menurut survei yang dilakukan PC Magazine pada 2018 di Amerika Serikat, sebanyak 47 persen pengguna Android memutuskan untuk beralih ke iOS karena user experience yang dirasakan lebih baik di iPhone. Selain itu, berikut ini beberapa alasan lain mengapa pengguna iPhone enggan beralih ke Android:

Mengenal Dexamethasone yang Disebut Bisa Tangkal Covid-19

Tampilan yang mewah

Desain ponsel, fitur dan teknologi serta strategi pemasaran yang inovatif dari Apple membuat produk iPhone terlihat mewah dan premium. Bahkan masyarakat menganggap pamor seseorang bisa terangkat karena ada iPhone dalam genggaman tangannya. Melansir dari Liputan6, Selasa (16/6/2020) telepon genggam berlambang apel digigit itu telah menjadi semacam stigma tersendiri bagi pengguna, layaknya pakaian mahal, perhiasan hingga jam tangan mewah. Selain itu banyak orang terkenal dan publik figur di berbagai dunia yang menggunakan iPhone. Sehingga membuat sebagian orang sepakat percaya diri memilih ponsel iPhone.

Anti bloatware

Bloatware adalah aplikasi yang ditanamkan di perangkat oleh pihak manufaktur. Nah, berbeda dengan Android yang akan dipenuhi bloatware saat kali pertama dinyalakan, iPhone tidak demikian. Pada iOS penggunanya bisa uninstall aplikasi yang tidak mereka inginkan. Sedangkan di android pasti ada saja aplikasi bawaan yang tidak bisa di-uninstall. Hal ini tentunya berpengaruh pada kapasitas memori pada HP Android yang akan cepat penuh.

Awet dan tahan lama

Bagi Anda yang suka menggunakan satu smartphone dalam jangka waktu yang lama, iPhone memang cocok menjadi pilihan. Karena Apple memungkinkan pengguna lamanya untuk tetap bisa meng-update sistem operasi di ponsel lama mereka, meskipun tidak berjalan semulus seperti model terbarunya. Selain itu, kalau pengguna iPhone mengalami masalah pada ponselnya, tidak perlu mencari melalui forum diskusi online seperti pengguna smarthphone lain. Tinggal tanyakan saja pada basis data Apple di situs web resminya. Akan tersedia banyak solusi untuk menyelesaikan masalah Anda.

Keamanan terjamin

Meskipun iPhone masih bisa terserang virus, namun perangkat ini memang dikenal lebih aman dari HP Android. Melansir dari salah satu sumber, hal tersebut didukung oleh ketatnya pengawasan Apple terhadap aplikasi-aplikasi yang berada di dalam App Store. Sehingga peluang menyebarkan malware berbahaya semakin sempit. Tak hanya itu, tingkat keamanan HP-nya pun bisa membuat pengguna bernapas lega. Mulai dari sensor sidik jari hingga Face ID yang ada di seri iPhone X terbukti aman.

Integrasi antar perangkat

Steve Jobs, CEO Apple merupakan tipe orang yang cukup perfeksionis dan memiliki standarnya sendiri, termasuk bagaimana ia ingin membangun ekosistem Apple untuk penggunanya. Ia berkeinginan untuk menyelaraskan antar perangkat Apple dengan mudah, sehingga pengguna tidak akan merasa kesulitan memindahkan file ataupun aktivitas lainnya. Integrasi yang dimiliki perangkat Apple memang di atas rata-rata, baik di perangkat iPhone, MacBook, iPad, hingga Apple Watch. Misalnya Anda bisa dengan mudah menghubungkan iPhone ke laptop MacBook untuk memindahkan foto atau sinkronisasi lagu.

Tampilan menu sederhana

Kalau dibandingkan dengan Android, sebenarnya tampilan antarmuka yang dimiliki iPhone sangat mudah dipahami dan digunakan. Sejak dirilis kali pertama pada 2018, iPhone selalu memposisikan aplikasi-aplikasinya langsung di menu utama tanpa perlu menekan tombol tambahan. Selain itu, iOS yang terdapat pada iPhone juga terkenal selalu berusaha terlihat sesederhana mungkin agar tidak membingungkan pengguna. Kelebihan lainnya, setiap perangkat iPhone akan terus meng-update iOS setiap lima tahun sekali.

Perlu Tahu, Ini 6 Manfaat Menyumbangkan Darah Bagi Kesehatan

Kinerja luar biasa

Meskipun dianggap memiliki spesifikasi di bawah beberapa HP Android, nyatanya performa yang dimiliki iPhone tak pernah mengecewakan. Hal ini dapat dibuktikan karena Apple selalu mengoptimalkan spesifikasi tersebut dengan sistem operasi iOS yang mereka gunakan. Bandingkan dengan Android yang harus menyesuaikan diri dengan banyak produsen smartphone di luar sana. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa Instastory di iPhone selalu lebih bagus dari HP Android.

Resolusi kamera jernih

Selain performa yang dapat diandalkan, salah satu kelebihan yang dimiliki oleh iPhone adalah kamera yang dimilikinya. Meskipun beberapa produsen Android juga semakin menyempurnakan kamera milik mereka, iPhone selalu berada di deretan smartphone dengan kamera berkualitas tinggi. Biasanya kalau ada sesi foto bersama teman-teman, sering kali HP iPhone lah yang dicari agar mendapatkan hasil foto terbaik, walaupun tanpa tambahan aplikasi edit foto apapun.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.