Ponsel Android Terkena Virus? Kenali Tandanya

Serangan virus atau malware meningkat seiring meningkatnya penggunaan ponsel.

JEDA.ID—Terkadang kita tidak sadar ponsel Android terkena virus. Kenali ciri-ciri ponsel Android terkena virus.

Tips gadget kali ini membahas ciri-ciri ponsel Android terkena virus. Virus ini bisa disebabkan oleh menginstal sebuah aplikasi baru, mengunduh file tertentu, atau pun tak sengaja mengakses suatu situs berbahaya. Tapi seperti apa tanda-tandanya, dan bagaimana cara mengatasinya?

Virus ini akan menimbulkan kerugian, mulai dari kerugian kecil seperti munculnya iklan mengganggu dan menurunnya performa ponsel, hingga kerugian besar seperti pencurian data pribadi.

Cara Mudah Mengobati Sariawan Secara Alami Tanpa Rasa Pedih

Serangan virus atau malware meningkat seiring meningkatnya penggunaan ponsel. Ada banyak jenis malware, seperti virus, adware, trojans, spyware, worm, dan ransomware. Seperti yang dilansir dari dari berbagai sumber, Senin (21/12/2020), berikut ini adalah tanda ponsel Androit terkena virus dan cara mengatasinya.

1. Muncul pop-up secara tiba-tiba

Jika melihat iklan pop-up yang muncul secara tiba-tiba di layar perangkat, termasuk saat pengguna sedang tidak membuka aplikasi tertentu, itu merupakan salah satu tanda bahwa perangkat Android telah terserang malware atau adware.

Iklan pop-up yang muncul secara tiba-tiba itu akan menautkan ke situs web, hal ini dapat dikatakan bahwa pengguna tanpa sadar telah menginstal aplikasi dengan adware di perangkat. Sebaiknya jangan mengklik iklan tersebut dan cobalah mengingat aplikasi terakhir yang baru terinstall, kemungkinan aplikai-aplikasi tersebut membawa adware ke perangkat. Setelahnya segera uninstall aplikasi tersebut.

2. Terjadi peningkatan penggunaan data

Ketika perangkat terinfeksi oleh bug berbahaya, itu akan menggunakan sumber data internet untuk menampilkan iklan atau mengirim informasi keluar dari perangkat Android secara diam-diam.

7 Fitur Rahasia WhatsApp, Pernah Coba?

Oleh karena itu, jika terjadi peningkatan penggunaan data yang tidak biasa secara mendadak, kemungkinan perangkat telah terinfeksi malware. Buka Pengaturan perangkat dan pilih opsi Data untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data di smartphone. Jika pengguna melihat aplikasi yang menggunakan data internet dengan tidak masuk akal, segera hapus instalan aplikasi tersebut.

3. Baterai cepat habis

Virus dan malware di smartphone menggunakan sumber daya perangkat untuk memicu infeksi. Oleh karena itu, jika terjadi pengurangan daya baterai secara tiba-tiba, kemungkinan itu adalah salah satu tanda bahwa perangkat telah terinfeksi.

Pengguna dapat membuka Pengaturan dan pilih opsi Baterai di smartphone untuk melakukan pengevaluasian dan melihat aplikasi mana yang menggunakan daya baterai paling banyak.

4. Panggilan telepon dan SMS yang tidak dapat dijelaskan

Virus dapat bereplikasi dengan menyebar dari satu perangkat ke perangkat lain melalui teks, email, dan lain-lain. Jika smartphone terinfeksi, maka perangkat tersebut dapat mengirim pesan aneh yang biasanya berisi tautan ke semua kontak pengguna.

Untuk mencegahnya, pengguna dapat menginstal program anti-virus untuk memindai dan membersihkan virus.

5. Perangkat menjadi cepat panas dan lambat

Virus dan malware di perangkat menggunakan sumber daya baterai untuk menyebarkan infeksi dan hal ini berdampak pada temperatur perangkat yang menjadi cepat panas. Tak hanya itu, smartphone yang terinfeksi malware juga memiliki kinerja yang buruk dan menjadi lambat.

Long Covid-19 Pengaruhi Siklus Haid? Ini Penjelasannya

Hal-hal yang harus dilakukan jika perangkat pengguna telah terinfeksi virus:

1. Aktifkan mode pesawat sehingga aplikasi jahat tidak dapat mengirim atau menerima data. Periksa aplikasi yang baru saja diinstal, aktivitas baterai, dan aktivitas data untuk mengetahui aplikasi berbahaya. Periksa ulasan aplikasi di Play Store untuk mengkonfirmasi apakah aplikasi itu adalah penyebab infeksi. Jika ya, segera copot pemasangan aplikasi.

2. Lakukan factory reset atau reset pabrik. Dengan memuat ulang perangkat, terkadang dapat menghilangkan kode berbahaya.

3. Instal program antivirus yang baik untuk memindai dan mengidentifikasi virus sebelum menghapusnya. Ada banyak aplikasi antivirus yang tersedia untuk Android di Google Play Store, pengguna dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.