Rambut Sulit Panjang? Sebaiknya Anda Gunakan Tips-Tips Ini

Dambaan sebagian besar wanita adalah memiliki rambut panjang, tebal, sehat, dan berkilau. Namun, kenyataannya tidak semua wanita mampu memanjangkan rambut mereka dengan cepat dan mudah.

JEDA.ID – Dambaan sebagian besar wanita adalah memiliki rambut panjang, tebal, sehat, dan berkilau. Namun, kenyataannya tidak semua wanita mampu memanjangkan rambut mereka dengan cepat dan mudah. Apakah Anda salah satunya?

Panjang rambut hingga bahu terbilang tidak memerlukan waktu yang cukup lama, akan tetapi pertumbuhan rambut untuk terus melebihi bahu cenderung lebih lama sehingga tidak sedikit bagi sebagian wanita yang merasa jenuh menunggu dan akhirnya memotong rambut lagi agar tidak terlihat membosankan.

Bahkan ada wanita yang memilih melakukan hair extension agar tampak memiliki rambut panjang. Namun proses ini terbilang cukup rumit dan relatif mahal.

Secara ilmiah, rambut tumbuh antara 0,3 hingga 0,5 mm per hari. Itu Artinya dalam sebulan Anda bisa memanjangkan rambut 1,5 cm dan setahun 15 cm.  Beberapa penyebab rambut sulit panjang adalah pada bagian ujung rambut Anda. Sebab, bagian tersebut merupakan fitur paling rapuh dan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan kesuburan rambut. Maka dari itu, berikanlah perawatan lebih pada ujung rambut Anda agar impian memiliki “mahkota” yang panjang, sehat, dan berkilau segera terwujud.

Nah, apakah Anda ingin tahu cara memanjangkan rambut dengan cepat? Berikut ini cara memanjangkan rambut dengan alami dan cepat dilansir dari detik.com dan berbagai sumber.

Ilmuwan Inggris Sebut Virus Corona Bertahan di Udara Lebih dari 1 Jam

1. Gunakan masker rambut

Salah satu cara memanjangkan rambut adalah dengan menggunakan masker rambut. Menggunakan masker rambut tidak hanya akan membantu agar rambut bisa tumbuh lebih cepat, tetapi juga akan membuat rambut terlihat lebih indah, lebih bersinar dan lebih sehat. Anda juga bisa menggunakan masker yang mengandung bahan madu, lemon, alpukat, telur dan minyak zaitun.

2. Gunakan Kondisioner

Kondisioner memiliki efek menguntungkan yang cepat pada rambut Anda. Selain menyelamatkan rambut dari kerusakan, kondisioner membantu pertumbuhan rambut. Cara memanjangkan rambut yang bisa Anda coba adalah rutin menggunakan kondisioner setelah keramas agar rambut mendapatkan nutrisi untuk mendorong pertumbuhannya.

3. Gunting rambut secara teratur

Mungkin sebagian orang berpikir memotong rambut menghambat Anda mempunyai rambut panjang. Ternyata disarankan untuk memotong rambut secara teratur karena akan lebih cepat panjang. Memotong di sini bukan memangkas hingga pendek rambut Anda, tetapi hanya menghilangkan rambut yang bercabang di ujungnya demi menjaga kesehatan rambut agar tidak rusak.

4. Biarkan rambut ‘bernapas’

Bernapas disini memiliki arti untuk menghindari mengikat rambut terlalu lama karena bisa menyebabkan kerusakan.
5. Perhatikan ketika mengeringkan rambut
Hindari mengeringkan rambut dengan cara membungkusnya pakai handuk. Selain itu hindari alat pemanas seperti pengering rambut, catokan dan pengeriting. Kalau memang terpaksa harus dikeringkan gunakan setidaknya saat 60 persen rambut Anda sudah mulai kering sebelum memakai pengering rambut.

6. Jangan Terlalu Sering Keramas

Tidak baik mencuci rambut terlalu sering karena akan membuat kering dan membantu menghilangkan minyak esensial alami yang bagus untuk rambut. Akibatnya rambut jadi lebih lama panjang.

7. Menyisir rambut setiap hari selama 1 atau 2 menit

Menyisir rambut perlahan-lahan sebanyak dua kali sehari, setidaknya selama dua menit akan merangsang sirkulasi darah di kulit kepala dan akan membuat penyebaran minyak alami merata di atas kulit kepala.

Sirkulasi darah yang sehat sangat penting bagi folikel rambut untuk bekerja secara efisien dan menumbuhkan rambut sehat yang baru. Namun jangan sekali-kali menyikat rambut pada saat basah, karena akan menyebabkan kerusakan pada rambut.

Gunakan sisir dengan gigi yang lebar atau gunakan sisir khusus dengan ujung yang bulat, halus dan tidak terasa sakit di kulit kepala. Lakukanlah setiap pagi dan malam untuk merangsang sirkulasi di kulit kepala.

Pasien Sembuh dari Corona Bisa Terinfeksi Lagi, Ini Penyebabnya

8. Memijat kulit kepala

Ketika memijat kulit kepala, lakukanlah dengan lembut, gunakan jari, pijat dan urut kepala selama satu atau dua menit. Hal ini bertujuan agar merangsang aliran darah di kulit kepala dan akan membantu untuk memanjangkan rambut dengan cepat.

9. Jangan mengaplikasikan kondisioner pada kulit kepala.
Hal ini karena bukan hanya akan menyebabkan hilangnya volume, tapi rambut mungkin akan menjadi sangat berminyak. Terlebih lagi beberapa kondisioner rambut mengandung wax dan silicons. Jadi jika Anda menerapkannya pada kulit kepala, hal ini bisa mencegah pernapasan dan menyumbat pori-pori kulit kepala. Jadi, oleskan kondisioner rambut hanya pada batang rambut, bukan pada kulit kepala.

10. Gunakan minyak hangat

Cukup panaskan sedikit minyak (minyak linen, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak argan atau minyak jojoba), lalu mengaplikasikannya ke kulit kepala.

Cara memanjangkan rambut menggunakan minyak hangat:

– Jangan merebus minyak sampai mendidih, cukup sedikit menghangatkannya saja.
– Pijat kulit kepala dengan lembut melewati akar rambut dengan gerakan melingkar.
– Pijat sekitar 15 – 20 menit, lalu oleskan minyak di rambut.
– Tunggu sekitar 30 menit, lalu keramasilah rambut.
– Perawatan ini akan cepat memanjangkan rambut dan juga membuat rambut terlihat mengkilap dan sehat, terutama jika Anda melakukannya secara teratur.

11. Mengonsumsi protein

Terakhir, perawatan dari dalam sebagai cara memanjangkan rambut, yakni pastikan Anda juga mengonsumsi telur, kacang-kacangan, ikan, ayam, serta daging merah.

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.