Tutup Iklan

Mengenal New Year’s Blues  Pada Awal Tahun, Begini Cara Mengatasinya

Tahun Baru biasanya menjadi lahirnya harapan baru untuk kehidupan lebih baik.

JEDA.ID—Tahun baru telah tiba, namun new year’s blues bisa saja menyerang. Pandemi yang belum berakhir dan suasana penuh ketidakpastian bisa jadi pemicu new year’s blues.

Apa yang dimaksud dengan new year’s blues? Tips kesehatan kali ini membahas new year’s blues dan cara mengatasinya.

Tahun baru biasanya menjadi momen lahirnya harapan baru untuk kehidupan yang lebih baik. Namun pandemi yang belum usai plus perekonomian belum membaik bisa memicu munculnya new year’s bues. Ini adalah gangguan depresi, cemas, gugup, hingga ketakutan dan sangat membebani kesehatan mental.

5 Hujan Paling Aneh, dari Laba-laba Sampai Hujan Emas

Hal ini mungkin terjadi ketika seseorang harus kembali ke rutinitas sehari-hari yang sangat melelahkan, setelah sempat berlibur dan bersenang-senang pada musim liburan akhir tahun. Seperti yang dilansir dari Suara.com, Kamis (31/12/2020), berikut ini adalah caa menghindari new year’s blues

1. Lakukan perjalanan

Melakukan perjalanan dapat meningkatkan suasana hati dan membantumu mengatasi perasaan sedih di bulan Januari dan depresi tahun baru, terutama jika cuaca sedang cerah. Itu karena tubuh kita membuat Vitamin D dari sinar matahari, dan vitamin ini secara langsung terkait dengan suasana hati kita. Kamu tidak perlu melakukan perjalanan jauh.

Bahkan liburan akhir pekan dapat membuat perbedaan. Tetapi bagaimana jika keuanganmu tidak mencukupi setelah musim liburan atau ternyata Covid-19 menghentikan perjalanan impianmu?

Jangan takut. Kamu cuma perlu merencanakan atau mengatur perjalanan impian kali ini, yang ternyata juga bisa meningkatkan mood. Penelitian telah menemukan bahwa kebahagiaan sebelum perjalanan bertindak sebagai pendorong suasana hati, karena hal itu memenuhi kita dengan antisipasi hal-hal baik yang akan datang.

2. Olahraga

Aktivitas fisik adalah pendorong suasana hati yang hebat yang terbukti membantu menangkal depresi. Dan meskipun berolahraga mungkin adalah hal terakhir yang ingin kamu lakukan saat ini, ingatlah manfaatnya sangat berharga sehingga begitu kamu memulainya.

10 Penemuan Terkait Manusia Purba Sepanjang 2020

Kamu pasti ingin terus melakukannya. Jika tak suka olahraga berat, sauna, mandi uap, dan yoga semuanya juga sangat baik untuk kesehatan.

3. Temukan sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan bersama

Cuaca yang suram di bulan Januari, kurangnya dana dan pandemi Covid-19 yang belum usai dapat membuatmu tergoda untuk tetap berada di dalam rumah. Namun alih-alih menyerah, ada baiknya menemukan cara untuk tetap aktif dan bersosialisasi. Misalnya, buat rencana atau resolusi bersama keluarga, pasangan dan orang terdekat dapat membantumu tetap bertanggung jawab dan termotivasi, membuatmu lebih terhindar terhadap depresi Tahun Baru.

Lakukan hal menyenangkan bersama anggota keluarga misalnya memasak (ilustrasi Freepik)

Lakukan hal menyenangkan bersama anggota keluarga misalnya memasak (ilustrasi Freepik)

Dan ada banyak aktivitas yang dapat kamu nikmati bersama orang lain tanpa mengeluarkan banyak uang, misalnya, kamu dapat berkumpul di rumah teman dan mempelajari tarian baru menggunakan video YouTube, menyelenggarakan kompetisi memasak yang sehat dan hemat anggaran, hingga membersihkan lemari pakaian dari barang tak terpakai.

4. Lewati resolusi: lakukan hobi saja

Resolusi Tahun Baru bisa menjadi pedang bermata dua: di satu sisi, mereka dapat memotivasi kita, tetapi karena hanya 8 persen orang yang menindaklanjuti resolusi mereka, kegagalan untuk mencapainya dapat membuat kita merasa tidak mampu.

Untuk menghilangkan tekanan dan tetap bekerja menuju sesuatu yang bermakna, mengapa tidak melakukan hobi baru selama satu bulan saja. Idenya adalah menemukan sesuatu yang menginspirasimu dan membantumu melewati bulan Januari.

5. Makan dengan baik

Kalau bicara soal pola makan kita, Natal dan Tahun Baru biasanya identik dengan kelebihan, beberapa dari kita suka menikmati camilan tinggi karbohidrat dan tinggi gula. Terlalu banyak makan makanan ini dapat menyebabkan energi rendah dan suasana hati buruk yang khas pada bulan Januari dan depresi.

Ini Sikap Pria Saat Menerima Link Video Syur

Untuk mengatasi hal ini, sertakan makanan bergizi untuk suasana hati yang baik setiap makan, terutama makanan utuh dan yang kaya minyak omega-3, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu melawan pesimisme dan kesedihan.

6. Cari sesuatu yang hangat

Jangan pernah meremehkan efek penyembuhan dari hal ini, terutama selama bulan-bulan dingin dalam setahun. Faktanya, tubuh kita dimaksudkan untuk dihibur oleh kehangata, inilah mengapa mencari matahari atau minum secangkir teh, kopi atau coklat hangat favorit membuat kita mudah menemukan kesenangan.

Jika kamu merasakan new year’s blues, luangkan waktu untuk menikmati mandi air hangat (bahkan lebih baik jika lamu menambahkan beberapa minyak esensial penghangat seperti rosemary, jahe, atau kapulaga). Menurut peneliti, bahkan menyentuh sesuatu yang hangat dapat memberi kita sedikit semangat.

7. Periksa SAD

Jika kamu benar-benar kesulitan menjaga pola pikir positif atau jika ini berdampak pada kesehatanmu secara negatif setiap Januari tiba, kami mungkin menderita  seasonal affective disorder (SAD). Kondisi ini memengaruhi 10 juta orang di AS dan 1 dari 3 orang di Inggris, dan gejalanya meliputi mudah tersinggung, menangis, harga diri rendah, stres tinggi, kelesuan, dan hilangnya minat pada hal-hal yang biasanya kita anggap menyenangkan.

Penting untuk berbicara dengan dokter atau ahli jika kamu curiga menderita SAD, karena pada beberapa orang hal ini dapat berkembang menjadi gejala depresi. Kamu harus tahu bahwa pengobatan tersedia dan tidak perlu membiarkan perasaan sedih atau depresi seperti ini mengambil alih. Doktermu mungkin merekomendasikan suplemen Vitamin D, menggunakan kotak terapi cahaya, berjalan-jalan setiap kali ada sinar matahari di luar, atau dalam beberapa kasus, obat-obatan.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.