5 Hujan Paling Aneh, dari Laba-laba Sampai Hujan Emas

Hujan paling aneh yang terjadi di Bumi ini tentu ada penjelasan logisnya ya.

JEDA.ID-Hujan paling aneh ternyata pernah terjadi di Bumi. Hujan paling aneh apa sajakah yang pernah terjadi ya?

Biasanya hujan berupa jatuhnya air. Tapi fenomena alam berikut ini membuat manusia kehujanan benda tidak biasa mulai emas sampai ke iguana beku. Hih! Pastinya ada penjelasannya secara logis.

Parosmia, Gejala Baru Penderita Long Covid-19?

Dikutip dari Live Science dan detikcom, Kamis (31/12/2020), berikut ini adalah hujan paling aneh yang pernah terjadi:

1. Gerombolan laba-laba

Jutaan laba-laba kecil jatuh dari langit di Australia pada tahun 2015 dan ini bukan yang pertama kalinya. Fenomena ini, yang dikenal sebagai ‘hujan laba-laba’ atau ‘rambut malaikat’ (karena benang halus seperti rambut yang ditinggalkan laba-laba), terjadi saat sekelompok besar laba-laba melakukan perilaku yang disebut ballooning pada saat yang sama.

“Saat ballooning, laba-laba memanjat beberapa daerah yang tinggi dan mereka ke melepaskan benang – kemudian mereka lepas landas,” kata Rick Vetter, pensiunan arachnolog di University of California, Riverside kepada Live Science pada saat itu.

2. Hujan emas

Hujan emas di Siberia selama beberapa menit terjadi pada Maret 2018, ketika sebuah pesawat angkut tua yang membawa emas, platina, dan berlian senilai USD 378 juta secara tidak sengaja menumpahkan muatannya saat lepas landas dari Bandara Yakutsk.

Ingin Lebih Sukses Tahun Depan? Ini 5 Tips Sukses Karier 2021

Menurut pejabat bandara, palka kargo pesawat robek saat lepas landas, menyebabkan hampir 200 batu bata emas padat jatuh ke landasan pacu dan salju di dekatnya. Sayangnya bagi pemburu harta karun, polisi mengatakan mereka telah menemukan semua barang yang tumpah.

3. Iguana beku

Penduduk Florida beberapa kali menghadapi badai es iguana beku. Kadal berdarah dingin adalah spesies invasif di Florida, di mana mereka suka membuat rumah di cabang pohon pinggiran kota.

“Saat suhu turun, [iguana] benar-benar mati, dan mereka tidak bisa lagi berpegangan pada pohon,” kata Ron Magill, pakar satwa liar dan direktur komunikasi untuk Miami Zoo.

Iguana yang lumpuh jatuh dari pepohonan dan tetap diam, tetapi mereka tidak mati. Sampai suhu menghangat dan memungkinkan mereka untuk hidup kembali, mereka segera bergegas pergi lagi. Florida juga melihat iguana yang berjatuhan pada tahun 2008.

4. Hujan ikan

Di Meksiko, ikan jatuh dari langit diberi nama lluvia de peces yang secara harfiah berarti hujan ikan. Faktanya, kota-kota pesisir di seluruh dunia dari California, Inggris hingga India semuanya telah melihat versi mereka masing-masing.

8 Situs Baca Komik Online Legal Gratis Hingga Berbayar

Ikan-jatuh ini berasal dari peristiwa cuaca yang disebut puting beliung, atau tornado yang menyentuh air. Kadang-kadang, ketika angin berputar menyedot air dari danau atau lautan, mereka mengangkat sekumpulan ikan dan makhluk air lainnya bersama mereka. Angin membawa makhluk-makhluk itu ke daratan, lalu akhirnya menjatuhkan mereka ke darat dengan sisa air yang tersisa.

5. ‘Hujan darah’

Mikroorganisme terkadang berperan atas fenomena cuaca yang aneh. Contoh kasus di mana penduduk dari beberapa desa di barat laut Spanyol menerima kejutan yang tidak menyenangkan pada tahun 2014, ketika mereka menyadari bahwa air di air mancur mereka berubah menjadi merah darah.

Warna ini diketahui dikarenakan ganggang mikroskopis. Studi menegaskan bahwa ‘hujan darah’ itu penuh dengan ganggang air tawar yang disebut Haematococcus pluvialis, yang menghasilkan pigmen merah saat mereka stres.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.