Memakai Kacamata Turunkan Risiko Tertular Covid-19, Benarkah?

Sebuah penelitian mengungkap manfaat memakai kacamata dalam mencegah persebaran corona. Memakai kacamata bisa turunkan risiko tertular Covid-19.

JEDA.ID-Sebuah penelitian terbaru mengungkap manfaat memakai kacamata dalam mencegah persebaran virus corona. Berdasarkan penelitian memakai kacamata bisa menurunkan risiko tertular Covid-19. Benarkah?

Sebuah studi terbaru dari China melaporkan, orang yang menggunakan kacamata setiap harinya mungkin berisiko lebih rendah terinfeksi virus Covid-19. Studi ini pun telah diterbitkan di JAMA Ophthalmology pada 16 September.

Menurut salah satu peneliti dari Second Affiliated Hospital of Nanchang University, Yiping Wei, penggunaan kacamata dapat mencegah tangan kita agar tidak sering menyentuh mata. “Mencegah pemakainya menyentuh mata, sehingga menghindari penularan virus dari tangan ke mata,” ujar Wei, dikutip dari Medicalxpress.

Selain itu, kacamata juga berpotensi melindungi risiko penularan Covid-19 lewat droplet. Pasalnya, droplet yang keluar dari mulut seseorang saat berbicara tidak akan langsung terciprat ke mata.

Peraturan IMEI Diberlakukan, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Gawai

Meski begitu, perlu ada penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenaran hasil studi ini.

“Meskipun ini adalah studi observasional dan Anda tidak dapat menyimpulkan sesuatu dengan pasti, ada saran bahwa pelindung mata dalam bentuk apapun dapat mengurangi risiko Anda terinfeksi,” ucap Dr Amesh Adalja, sarjana senior di Johns Hopkins Center for Health Security, di Baltimore.

“Hal ini perlu dikonfirmasi dengan studi observasional lain dan studi yang lebih formal,” tambahnya.

Ketua Departemen Kedokteran di Mount Sinai South Nassau, Aaron Glatt, mengatakan saat ini sudah banyak rumah sakit yang mewajibkan tenaga kesehatan maupun pengunjung untuk menggunakan kacamata atau face shield dengan masker, termasuk di rumah sakit tempat ia bekerja.

China dan Perlombaan Vaksin Corona

“Orang sering bertanya, ‘kalau saya pakai kacamata apakah itu sudah cukup?’ Dan jawaban kami adalah tidak,” kata Glatt.

“Kacamata mungkin memberikan perlindungan, tapi jelas partikel di udara secara teoritis akan mudah masuk ke mata lewat sekitar kacamata,” jelasnya.

Maka dari itu, berbagai macam protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, rutin mencuci tangan, dan menjaga jarak harus tetap dilaksanakan untuk mengoptimalkan perlindungan dari risiko infeksi Covid-19.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.