Masih Jauh dari Target, Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Baru 1,5 Juta

Vaksinasi Covid-19 untuk lansia baru 1,5 juta, Hal ini masih jauh dari target pemerintah sebesar 21,6 juta lansia yang akan disuntik vaksin.

JEDA.ID — Pemerintah mengatakan saat ini baru ada 1,5 juta lansia yang telah menerima vaksinasi Covid-19. Hal ini masih jauh target, mengingat ada 21,6 juta lansia yang akan disasar vaksinasi.

Di mana 1,5 juta lansia tersebut mayoritas berasal dari kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Solo, Surabaya dan Kepulauan Riau.

Baca Juga: Apa Manfaat Puasa Mutih untuk Nikah, Seperti yang dilakukan Aurel Hermansyah?

Masih jauh dari target, saat ini pemerintah terus mempercepat cakupan vaksinasi, khususnya bagi lansia. Pasalnya, lansia termasuk kelompok berisiko tinggi yang apabila tertular Covid-19 justru akan memperburuk kondisi kesehatan mereka.

“Saya lihat baru terkonsentrasi di kota-kota besar seperti di Jakarta, Solo, Surabaya, dan di Kepulauan Riau, perlu komitmen pemerintah daerah untuk membantu lansia agar datang ke lokasi vaksinasi,” ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dr Maxi Rein Rondonuwu, sebagaimana telah diberitakan Solopos.com pada Kamis (1/4/2021).

Baca Juga: Terungkap! Ini Masa Kedaluwarsa Vaksin Covid-19 Sinovac dan AstraZeneca

Anak Muda Berperan dalam Vaksinasi untuk Lansia

Di luar itu, Maxi justru khawatir terhadap anak-anak dari lansia ini yang perlu mensosialisasikan terkait amannya vaksinasi Covid-19 ini.

“Anak-anak dari lansia ini perlu kita sosialisasikan dengan baik. Ini perlu kerja sama dari kita semua terutama mensosialisasikan sisi keamanan dari vaksinasi dan memang orang tua harus kita lindungi dari Covid-19. Karena lansia itu fatality rate-nya hingga 50% apabila terinfeksi Covid-19,” tambah dia.

Baca Juga: KIPI Tergolong Ringan, Vaksin AstraZeneca Tetap Dipakai

Hal ini juga dibenarkan oleh Ketua ITAGI, Prof. Sri Rezeki. Ia menyarankan kepada kaum muda untuk tidak menganggap enteng mengenai perlindungan Covid-19 kepada lansia.

“Kita mesti menggugah para putra-putra lansia ini agar jangan menganggap enteng Covid-19 ini, karena daya tahan lansia memang menurun. Manfaat vaksinasi ini juga untuk menurunkan angka kematian akibat Covid-19,” tutur Sri.

Oleh karena itu, saat ini masyarakat masih perlu diedukasi mengenai manfaat vaksinasi Covid-19 khususnya bagi lansia.

Baca Juga: Jangan Sembrono! Pola Asuh Seperti Ini Bikin Anak Jadi Keras Kepala

“Yang paling penting saat ini adalah menumbuhkan kesadaran, terutama kepada masyarakat, bagi mereka yang memiliki orang tua, kakek, dan nenek utamanya harus memahami pentingnya vaksinasi ini untuk melindungi mereka,” kata Maxi.

Pada kesempatan itu pula, Sri mendorong lansia untuk divaksinasi Covid-19 merupakan bentuk rasa sayang untuk melindungi.

Baca Juga:  Cara Unik Mengatasi Anak Ngompol Saat Malam Hari

“Pesan saya, kita harus menyayangi para lansia, antara lain melindungi mereka dari Covid-19 melalui vaksinasi ini. Ini perlu direnungkan, bukan hanya untuk pemerintah tapi untuk seluruh rakyat Indonesia,” tukas Sri.

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.