• Tue, 19 October 2021

Breaking News :

Lagi Diet? Ini Ada Referensi Menu untuk Buka Puasa

Di bawah ini terdapat pilihan menu buka puasa untuk kamu yang lagi menjalani program diet. Dilengkapi jumlah kalorinya hlo.

JEDA.ID — Ternyata ada menu khusus buka puasa untuk kamu yang lagi diet hlo?

Sebagaimana diketahui, Ramadan juga menjadi momen yang tepat untuk diet atau menurunkan berat badan dengan menu makanan yang sehat tentunya.

Lalu, apa saja menu makanan yang baik disantap ketika buka puasa untuk diet?

Baca Juga: Demi Percepatan Vaksinasi untuk Lansia, Masjid Bisa Jadi Lokasi Penyuntikan

Dilansir dari situs kesehatan Hellosehat.com, orang dewasa yang menjalani puasa sekaligus diet asupan karbohidratnya bisa dikurangi menajdi 150-200 gram.

Karbohidrat yang dikurangi tadi bisa diganti dengan asupan protein yang berasal dari daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Berapa Harga Sepatu Adidas Yeezy yang Sering Dipakai Gibran?

Selain itu, agar kenyang lebih lama selama puasa, juga disarankan untuk mengonsumsi banyak serat yang berasal dari sayur dan buah-buahan.

Dan untuk menu buka puasa bagi yang sedang diet, kamu bisa makan dua kali. Pertama, saat berbuka dan kedua setelah salat tarawih.

Baca Juga: Mudik Saat Lebaran Risikonya Enggak Main-main Hlo!

Menu Makanan Buka Puasa

Saat berbuka puasa, kamu bisa mengonsumsi makanan dengan jumlah 400-500 kalori. Adapun pilihan menunya sebagai berikut.

Pilihan 1 : Teh manis hangat dengan gula satu sdm (37 kalori), kurma tiga buah (50 kalori), dan roti isi daging asap dan keju (300 kalori).

Pilihan 2: Sirup tiga sdm (111 kalori), kurma 3 buah (50 kalori) dan salad buah 250 gram (250 kalori).

Baca Juga: Deretan Taman Cantik di Solo, Kota Layak Anak di Indonesia

Menu Makanan Setelah Tarawih

Adapun jumlah makanan yang dikonsumsi setelah salat tarawih berkisar antara 500-600 kalori dengan menu di bawah ini.

Pilihan 1: nasi merah 100 gram (175 kalori), tempe bacem 50 gram (80 kalori), ikan pindang 50 gram (100 kalori), tumis buncis tauge tahu 200 gram (100 kalori), 1 buah apel (50 kalori).

Pilihan 2: Nasi merah 100 gram (175 kalori), pepes tahu 100 gram (80 kalori), ayam panggang tanpa kulit satu porsi (100 kalori), sayur bayam merah dan jagung 150 gram (120 kalori), mangga 3/4 buah (50 kalori).

Baca Juga:  Hukum Tes Swab Saat Puasa, Batal Enggak Ya

Baca Juga: Hukum Mencium Istri Saat Puasa Ramadan, Boleh Enggak Ya?

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.