Demi Percepatan Vaksinasi untuk Lansia, Masjid Bisa Jadi Lokasi Penyuntikan

Agar cepat memenuhi target, vaksinasi Covid-19 untuk lansia bisa dilaksanakan di masjid, sebagaimana diungkap Kementerian Kesehatan.

JEDA.ID — Untuk mempercepat vaksinasi untuk lansia, Kementerian Kesehatan atau Kemenkes mengatakan bahwa selama puasa Ramadan ini, masjid bisa menjadi lokasi penyuntikan.

Hal tersebut agar mempermudah lansia untuk menjangkau lokasi penyuntikkan vaksin. Hal tersebut diungkap oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmidzi.

Dalam informasi yang ditulis Solopos.com pada Rabu (14/4/2021), Nadia juga menjelaskan vaksinasi yang digelar di bulan puasa ini bisa juga diadakan pada malam hari.

Baca Juga: Menelan Air Ludah Saat Puasa Bisa Membatalkan Puasa?

“Vaksinasi ini tidak memberikan dampak langsung bagi orang yang berpuasa. Hanya yang perlu kita perhatikan efek samping yang dialami sebagian orang. Untuk langkah antisipasi, akan memberikan vaksinasi pada malam hari. Dalam pelaksanaannya nanti kita perlu berkoordinasi dengan pengurus masjid, RT/RW, maupun puskesmas setempat, ini juga salah satu upaya kita mempercepat vaksinasi lansia di atas usia 60 tahun. Dengan adanya vaksinasi di masjid-masjid akan memudahkan jamaah lansia yang mungkin punya kesulitan mendatangi lokasi sentra vaksinasi,” jelas dia.

Momentum Terbaik untuk Memutus Rantai Penularan

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bidang Fatwa MUI, Asrorun Ni’am Sholeh menjelaskan bahwa puasa Ramadan ini bisa menjadi momentum yang tepat agar umat muslim bisa memutus rantai penularan Covid-19.

“Justru ini momentum terbaik untuk mengokohkan ikhtiar memutus mata rantai ini baik secara lahiriah dan batiniah. Ikhtiar batiniah dengan meningkatkan aktivitas keagamaan, berdoa kepada Allah, memohon agar Covid-19 segera diangkat oleh Allah, karena tidak ada musibah sekecil apapun tanpa izin Allah dan tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya diturunkan oleh Allah,” terang dia.

Baca Juga: Lupa Baca Niat Puasa Bisa Bikin Batal?

Maka dari itu, sebagai umat muslim mempunyai tanggung jawab yang begitu besar dalam memutus rantai penularan Covid-19. Salah satunya dengan vaksinasi yang digencarkan untuk lansia akhir-akhir ini.

“Bulan Ramadan justru jadi momentum untuk meningkatkan tanggung jawab kita sebagai muslim, dalam menghadapi masalah yang sedang kita alami ini,” tambah dia.

Baca Juga:  Mudik Saat Lebaran Risikonya Enggak Main-main Hlo!

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.