Kunyit Disebut Bisa Bunuh Virus, Bagaimana dengan Covid-19?

Berdasarkan penelitian di China, kunyit diklaim mampu bunuh virus tertentu, apakah salah satunya adalah Covid-19?

JEDA.ID — Salah satu empon-empon, yakni kunyit disebut bisa bunuh virus tertentu, apakah termasuk virus corona atau Covid-19? Adapun jawabannya ada di bawah ini.

Kunyit bisa bunuh virus karena mengandung kurkumin yang dapat membunuh dan mencegah virus gastroenteritis menular (TGEV), penyakit yang ditandai dengan diare dan muntah. Virus ini menginfeksi babi dan bersifat menular.

Rekomendasi Film Netflix dari Cinta Laura

“Kurkumin memiliki efek penghambatan yang signifikan pada adsorpsi TGEV dan efek inaktivasi langsung tertentu, menunjukkan bahwa kurkumin memiliki potensi besar dalam pencegahan infeksi TGEV,” kata Lilan Xie, peneliti di Institut Bioteknologi Wuhan, China dilansir Suara.com,

Tak hanya TGEV, kurkumin pada kunyit bisa juga menghambat virus lain seperti virus dengue, hepatitis B, dan virus zika.

Kabar Baik! Ilmuwan Ciptakan Jaringan Internet Aman dari Hacker

“Ada kesulitan besar dalam pencegahan dan pengendalian penyakit virus, terutama ketika tidak ada vaksin yang efektif. Pengobatan tradisional China dan bahan aktifnya merupakan perpustakaan skrining yang ideal untuk obat antivirus karena kelebihannya, seperti kemudahan perolehan dan efek samping yang rendah,” tambah Xie.

Lalu, apakah kurkumin pada kunyit juga bisa membunuh virus corona atau Covid-19?

Pakai Bahan Alami, Ini Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Sakit

Sistem Imun

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania mengungkap kurkumin bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.

“Salah satu manfaat kurkumin yang terungkap melalui berbagai penelitian dan uji klinis adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh atau berperan sebagai imunomodulator,” ujarnya diberitakan Liputan6.com.

5 HP Berlayar Gede yang Pas Untuk Nonton Film

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Dekan Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Daryono Hadi Tjahjono.

Ia menjelaskan kurkumin pada kunyit bisa mencegah virus corona. Tetapi, ia belum bisa memastikan apakah kunyit juga bisa membunuh Covid atau tidak.

Cara Terlelap Tidur dalam 2 Menit Ala Militer, yang Insomnia Wajib Baca!

“Manfaat kurkumin terhadap penyembuhan Covid-19 tentu masih memerlukan pembuktian melalui penelitian lanjutan. Diperlukan kerja keras dari berbagai pihak seperti peneliti, industri farmasi dan pemerintah Indonesia dalam pengembankan tanaman-tanaman tersebut hingga menjadi obat fitofarmaka sebagai antivirus terhadap Covid-19,” jelas Daryono.

Kenali 5 Tanda Tubuh Bermasalah

Waspada! Pasien Gejala Ringan atau OTG Memiliki Kekebalan Corona Jangka Pendek

Kabar Covid-19 Terbaru

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.