Jangan Asal Makan, Deretan Makanan Ini Tak Baik Dimakan Mentah

Dari sekian banyak bahan makanan mentah ada yang bisa langsung dimakan, tapi juga harus diproses atau dimasak dulu untuk mendapatkan manfaatnya.

JEDA.ID— Dari sekian banyak bahan makanan mentah ada yang bisa langsung dimakan, tapi juga harus diproses atau dimasak dulu untuk mendapatkan manfaatnya.

Makanan memang menyehatkan tubuh, tapi bisa juga menjadi perantara penyebaran penyakit. Bukan hanya sakit perut, mual, dan muntah, keracunan makanan bisa berujung pada kematian.

Seperti yang terjadi di Sukabumi, Jawa Barat. Seratusan karyawan pabrik boneka PT Royal Puspita di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengalami keracunan setelah menyantap makanan di warung dekat tempatnya bekerja, Selasa (10/9/2019).

Seperti dilansir detikcom, Kapolsek Parungkuda Resor Sukabumi Kompol Maryono menjelaskan ada seratusan karyawan yang dirawat secara terpisah. Tercatat 41 orang dirawat di RS Alta dan 70 lainnya di Puskesmas Parungkuda.

Menurut hellosehat, keracunan makanan terjadi akibat makanan yang dikonsumsi terkontaminasi dengan bakteri, virus, parasit, atau zat kimia berbahaya. Pada kasus ringan, keracunan menimbulkan gejala seperti diare, sakit perut, muntah, dan mual. Namun, pada kasus yang parah keracunan dapat menyebabkan gagal ginjal, masalah pada saraf dan otak, dan berakhir dengan kematian.

Diolah

Untuk mencegah keracunan makanan, kita perlu mengetahui makanan apa saja yang bisa dikonsumsi mentah dan makanan apa saja yang harus diproses atau dimasak dahulu.  Tidak sedikit pula makanan yang bisa dikonsumsi langsung tanpa harus dimasak terlebih dahulu, terutama buah-buahan.

Banyak jenis buah-buahan yang tidak harus diolah atau dimasak terlebih dahulu saat akan di konsumsi. Namun ada juga beberapa bahan makanan yang benar-benar harus di olah atau dimasak terlebih dahulu ketika akan dikonsumsi.

Bahan makanan mentah ini harus diolah atau di masak terlebih dahulu karena mungkin mengandung senyawa yang berbahaya jika di makan secara langsung atau mentah. Atau mungkin bahan makanan mentah tersebut memiliki tekstur yang keras sehingga harus dilunakkan terlebih dahulu dengan memasaknya.

Berikut sejumlah makanan yang tidak baik dikonsumsi secara langsung tanpa diolah atau dimasak terlebih dahulu seperti dirangkum dari Jeda.Id dari berbagai sumber.

1. Kentang

Kentang tidak baik dikonsumsi secara langsung atau dalam keadaan mentah tanpa dimasak atau diolah terlebih dahulu. Menurut pakar mengkonsumsi kentang mentah dapat menyebabkan kembung dan efek gastrointestinal yang tidak diinginkan, karena kentang mengandung pati yang sulit dicerna.

Selain itu, kentang yang terlalu lama disimpan dan tidak diolah akan muncul bintik-bintik hijau yang bisa berbahaya bahkan beracun. Sebaiknya jika kentang sudah memunculkan gejala ini, untuk tidak mengkonsumsinya atau dibuang.

2. Singkong

Singkong memang mengandung vitamin dan mineral, namun ternyata singkong juga mengandung sianida. Daun dan akar singkong mentah mengandung glikosida sianogen, bahan kimia yang melepaskan sianida saat dimakan. Sehingga singkong tak bisa dikonsumi mentah dan harus dikupas, dan dicuci terlebih dahulu kemudian diolah atau dimasak lalu baru bisa kamu makan.

3. Kacang Merah

Kacang merah memang mengandung banyak protein, serat, dan antioksidan. Tetapi jika kamu mengkonsumsinya saat mentah atau tanpa diolah terlebih dahulu maka bisa membuat masalah kesehatan. Menurut ahli, kacang merah mentah mengandung toksin phytohemagglutinin, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan dan gejala yang mirip dengan keracunan makanan. Pastikan untuk merebus kacang merah selama kurang lebih 10 menit sebelum memakannya.

4. Susu

Susu mentah adalah susu yang langsung dari sapi tanpa olah terlebih dahulu. Susu yang datang langsung dari sapi, tanpa di pasteurisasi, dapat mengandung bakteri berbahaya seperti E. Coli dan Salmonella. Menurut FDA, susu mentah 150 kali lebih mungkin menyebabkan penyakit bawaan makanan dari pada produk susu lainnya.

5. Kecambah

Sebagian orang, terbiasa mengomsi kecambah mentah sebagai lalapan. Padahal, kecambah atau tauge yang tidak diolah atau dimasak dahulu atau masih mentah bisa mengandung bakteri berbahaya seperti E-Coli, Salmonella, dan Listeria. Kecambah ditanam dalam kondisi hangat dan lembab di mana bakteri ini mudah tumbuh subur. Usahakan untuk membeli kecambah yang masih segar, dan mencucinya secara bersih sebelum diolah atau dimasak.

6. Terong

Seperti kecambah, terong mentah terkadang disajikan sebagai lalapan. Padahal terong mentah cukup berbahaya untuk dikonsumsi secara langsung. Terong mentah mengandung solanin, racun yang sama dengan kentang mentah. Kebanyakan terong yang dipanen saat muda lebih banyak mengandung racun ini. Kamu bisa mengalami efek gastrointestinal jika mengkonsumsi terong mentah secara berlebihan.

7. Jamur Liar

Jamur memang mengandung banyak gizi seperti antioksidan, vitamin B, dan kalium. Namun kandungan gizi ini bisa keluar ketika jamur sudah di olah atau dimasak terlebih dahulu terutama dipanaskan.

Jamur yang mentah juga sulit dicerna, dan merupakan salah satu sumber toksin atau racun yang paling terkonsentrasi secara alami. Jadi, pastikan makanan yang kita konsumsi, baik mentah maupun dimasak adalah makanan yang sehat bagi tubuh. Selamat makan!

Ditulis oleh :

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.