Jadi Kota Paling Nyaman di Indonesia, Apa Sih Keuntungan Tinggal di Solo?

Berikut ini deretan keuntungan tinggal di Solo, Jawa Tengah yang merupakan kota paling nyaman dihuni di Indonesia. Kira-kira apa saja ya?

JEDA.ID — Apa sih keuntungan tinggal di Solo, Jawa Tengah yang merupakan kota paling nyaman di Indonesia?

Sebagaimana diketahui, Kota Solo dinobatkan sebagai kota paling layak huni di Indonesia. Predikat tersebut diberikan oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Indonesia.

Dengan melakukan survei di 26 kota yang tersebar di 19 provinsi, Solo menempati posisi pertama sebagai kota dengan nilai indeks layak huni sebesar 66,9 persen.

Baca Juga: Bolehkah Potong Kuku Saat Puasa Ramadan?

Ketua Kompartemen Livable City IAP, Elkana Catur mengatakan Solo terpilih menjadi kota yang memiliki nilai paling tinggi dan konsisten menjadi kota layak huni dan paling nyaman di Indonesia.

Nilai yang diperoleh Solo, sebesar 66,9 persen itu menjadi yang terbaik mengungguli nilai kota-kota besar lainnya, seperti Palembang 66,6 persen, Balikpapan 65,8 persen dan Denpasar 65,5 persen. Kemudian, ada Semarang 65,4 persen, Tangerang Selatan 65,4 persen, dan Banjarmasin 65,1 persen.

Baca Juga: Harga Jam Tangan Gucci yang Dipakai Gibran, Mahal Enggak Ya?

Dengan predikat tersebut, apa saja sih keuntungan tinggal di Kota Solo?

Berikut ini lima keuntungan tinggal di Solo, kota paling nyaman di Indonesia.

Baca Juga: 4 Penemuan Harta Karun Terfenomenal di Soloraya, Salah Satunya Emas Puluhan Kg

5 Keuntungan Tinggal di Solo, Kota Paling Nyaman di Indonesia

1. Surga Kuliner

cuma ada di solo

Kuliner lezat asal Solo, Selat (SoloposFM).

Bicara Kota Solo tak bisa lepas dari kulinernya. Di kota dengan jumlah penduduk 522.364 jiwa ini terdapat beragam kuliner yang tak bosan dicoba baik oleh wisatawan maupun warganya.

Mulai dari sate kambing, tengkleng, soto, pecel, serabi, nasi liwet hingga aneka jajanan pasar yang menggugah selera, bisa kamu temukan di Solo.

Baca Juga: Ini Dia Deretan Wisata Viral di Sekitar Tawangmangu, ke Sini Yuk!

Tak heran dengan beraneka ragam kulinernya itu, Kota Solo di Jawa Tengah dinobatkan sebagai kota paling nyaman di Indonesia.

2. Biaya Hidup Murah

esports solo pemain Diplomat Esport Solo Arena

Yohanes Seto Cahyono (paling kiri), mahasiswa ISI Solo yang juga pemain Esports profesional. (Istimewa)

Biaya hidup di Solo juga tergolong murah. Untuk mahasiswa sendiri, biaya hidup di kota ini rata-rata mencapai Rp41.000 per hari.

Untuk tempat tinggal pun tak terlalu mahal. Tarif indekos di Kota Solo berkisar antara Rp2,5 juta hingga Rp25 juta per tahun.

Baca Juga: Boleh Enggak Sih Berenang Saat Puasa?

Sedangkan untuk rumah kontrakan juga sama, yakni mencapai Rp25 juta per tahun.

Dengan biaya hidup sebesar itu, Solo juga diklaim sebagai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Bahkan, Solo mengalahkan sembilan kota lainnya, seperti Purwokerto, Yogyakarta, Kudus, Cirebon, Banyuwangi, Probolinggo, Sibolga, Metro dan Singaraja.

Baca Juga: Apakah Ada Puasa Mutih Menurut Ajaran Islam?

3. Masyarakat yang Ramah

wali kota solo gibran RS hermina solo gibran PTM

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau pelaksanaan vaksinasi warga lanjut usia di RS Hermina Solo, Senin (1/3/2021). Peninjauan juga didampingi Direktur RS Hermina Solo, Yohanes Benny. (Istimewa)

Keuntungan lainnya tinggal di Kota Solo adalah warganya yang ramah dan sangat memegang teguh sopan santun.

Bahkan, di Indonesia muncul istilah untuk perempuan yang bertutur kata halus dan sopan kerap disebut sebagai putri Solo.

Baca Juga: Sinopsis Sinetron Ikatan Cinta dari Episode Pertama: Awal Pertemuan Andin dan Al

Dengan begitu tak heran Solo mendapatkan predikat kota paling nyaman di Indonesia.

4. Transportasi Umum Lengkap

kota paling nyaman di indonesia

Stasiun Solo Balapan. (Solopos-dok)

Memegang predikat kota paling nyaman di Indonesia, Solo juga memiliki transportasi umum yang begitu lengkap. Mulai dari adanya Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Stasiun Solo Balapan maupun Stasiun Purwosari hingga Terminal Tirtonadi.

Bukan hanya itu, di Solo juga terdapat Batik Solo Trans (BST) yang menghubungkan sejumlah wilayah di Soloraya.

Baca Juga: Ini Kota Tercerdas di Indonesia, di Mana Ya?

Dengan adanya kemudahan akses transportasi umum tersebut, masyarakat bisa melakukan mobilitas yang mudah tanpa perlu pergi jauh-jauh ke kota lainnya.

5. Budaya dan Tradisi

kota paling nyaman di indonesia Ribuan warga memadati kawasan sekitar Pasar Gede Solo untuk menyaksikan karnaval Grebeg Sudiro, Minggu (19/1/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Ribuan warga memadati kawasan sekitar Pasar Gede Solo untuk menyaksikan karnaval Grebeg Sudiro, Minggu (19/1/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Salah satu alasan kenapa Solo dinobatkan sebagai kota paling nyaman ditinggali di Indonesia karena masih mengangkat budaya dan tradisi yang begitu kental.

Beberapa acara kebudayaan yang penuh tradisi sering digelar di Kota Solo. Beberapa di antaranya Grebeg Sudiro, Sekaten, Kirab Malam 1 Sura hingga Tari Bedhaya Ketawang.

Baca Juga:  Segini Ternyata Besaran Denda Tilang Elektronik, Gede Juga Ya?

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.