Tutup Iklan

Ini Cara Penyembuhan Corona Tanpa Gejala dan Gejala Ringan di Rumah

Dokter menyebut pasien gejala ringan-sedang bisa dirawat di rumah.

JEDA.ID-Jika Anda adalah pasien tanpa gejala, sebaiknya ketahui cara penyembuhan corona tanpa gejala. Penyembuhan corona tanpa gejala ini juga bisa dilakukan cukup di rumah saja.

Tidak semua yang terinfeksi Covid-19 mengalami gejala. Sebagian pasien bahkan ada yang tak menunjukkan gejala sama sekali atau biasa disebut asimptomatik saat terpapar Corona. Bagaimana cara penyembuhan Corona tanpa gejala?

Meski tanpa gejala, pasien asimptomatik tetap harus meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus yang ada dalam tubuh mereka. Tips kesehatan kali ini membahas cara penyembuhan corona tanpa gejala dan dengan gejala ringan.

Disease X Berpotensi Jadi Pandemi Baru, Ini Faktanya

Agak sulit mengidentifikasi kasus tanpa gejala karena pasien tidak mengetahui mereka tertular kecuali dites. Sayangnya prevalensi infeksi asimtomatik serta deteksi infeksi pra gejala belum dipahami dengan baik karena tidak dilakukan pemeriksaan secara rutin

Pasien Corona tanpa gejala juga memiliki potensi penularan yang sama. Beberapa orang yang tertular dari pasien tanpa gejala bisa mengembangkan kondisi serius, terlebih jika mereka kelompok rentan.

Lalu bagaimana cara penyembuhan Corona tanpa gejala?

Dikutip dari Times on News, konsultan penyakit dalam Rumah Sakit Rujukan Columbia Asia, dr Tejas Suresh Rao, memberikan beberapa cara penyembuhan Corona tanpa gejala.  Dikutip dari detikcom, Selasa (5/1/2021), berikut ini caranya:

1. Konsumsi makanan bergizi, perbanyak buah dan sayur.

2. Konsumsi zinc dan vitamin C setiap hari selama 10 hari.

3. Tetap memakai masker saat berada di rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer.

4. Cek kondisi tubuh dan rutin berjemur

5. Selama isolasi, usahakan kamar terpisah. Tetap jaga jarak 1-2 meter, tidak berbagi peralatan makan, mandi, dan tempat tidur bersama dengan anggota keluarga lain.

Jack Ma Tiba-Tiba Menghilang, Ini Kisahnya

6. Rutin memantau suhu badan dan menginformasikannya dengan otoritas kesehatan jika memiliki saturasi rendah atau kurang dari 94 dan mengalami demam.

Cara penyembuhan corona tanpa gejala juga bisa dilakukan dengan menjaga mood tetap positif. Stres berlebih bisa menurunkan imunitas tubuh.

Hingga kini belum ada vaksin atau obat untuk virus corona dan dokter menyebut pasien gejala ringan-sedang bisa dirawat di rumah. Begini cara menyembuhkan pasien dengan gejala ringan-sedang di rumah saja seperti dikutip dari The Sun dan detikcom:

1. Tetap terhidrasi

Disarankan untuk minum banyak air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Beberapa pedoman menyarankan sekitar 2 liter sehari namun kebutuhan cairan tiap orang bervariasi jadi tetap minum ketika merasa haus.

Anda bisa menggunakan urine sebagai indikator hidrasi. Jika berwarna kuning terang dan jernih maka tubuh terhidrasi dengan baik. Hindari soda dan alkohol karena akan membuat Anda lebih mudah dehidrasi.

2. Minum parasetamol

Jika mengalami kondisi ringan, pasien bisa mengonsumsi parasetamol untuk mengurangi gejala yang disebabkan oleh infeksi seperti demam.

6 Shio Ini Diprediksi Cuan di Tahun Kerbau Logam, Apa Saja?

Beberapa pakar lebih menyarankan parasetamol daripada ibuprofen sebagai penurun demam sebab ada kekhawatiran dapat memperburuk gejala.

3. Istirahat yang cukup

Tidur sangat penting untuk mengembalikan energi dan memperbaiki kondisi tubuh saat sakit. Ketika tubuh terinfeksi virus, Anda akan merasakan mudah lelah dan mengantuk karena sistem imun berjuang melawan infeksi.

Jika tidak beristirahat yang cukup, tubuh bisa terserang demam. Disarankan untuk tidak berolahraga berat namun bisa beraktivitas ringan karena dapat membantu untuk tidur di malam hari.

4. Selalu pantau gejala

Anda harus mengawasi gejala dan mencari pertolongan medis saat tidak ada perbaikan dan kondisi menurun secara signifikan. Adapun tanda-tandanya termasuk kesulitan bernapas, nyeri atau tekanan terus menerus di dada, lemah, dan kebiruan di bibir.

Kenali Pertanda Corona Sudah Menyebar ke Paru-paru

Apabila sangat mendesak, hubungi hotline segera dan penanganan operator Covid-19.

5. Mengisolasi diri

Jika mengalami gejala, harus segera mengisolasi diri dan tidak keluar rumah selama 14 hari. Jika memungkinkan, bedakan kamar tidur dan toilet yang terpisah. Hindari menggunakan alat makan yang sama dengan anggota keluarga lain saat sedang isolasi

 

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.