Tutup Iklan

Jack Ma Tiba-Tiba Menghilang, Ini Kisahnya

Terakhir kali Jack Ma muncul di hadapan publik adalah saat berpidato di Shanghai, di mana dia mengkritik sistem finansial China sudah usang.

JEDA.ID-Jack Ma terus menjadi pemberitaan lantaran sudah cukup lama tak terdengar kabarnya. Semenjak mengkritik sistem keuangan China, Jack Ma seolah menghilang.

Berikut beberapa pertanda buruk soal nasib Jack Ma seperti dikutip dari detikcom, Senin (4/1/2020):

1. Dua bulan tidak muncul

Terakhir kali Jack Ma muncul di hadapan publik adalah saat berpidato di Shanghai, di mana dia mengkritik sistem finansial China sudah usang, di depan pemerintah. Akun Twitter-nya yang biasanya cukup aktif juga sudah cukup lama tidak ada unggahan.

Menurut Ma, sistem aturan perbankan yang disebut Basel Accords, yang dipakai sebagai regulasi di dunia dan di China, dibuat oleh sekelompok orang-orang tua. Ia mempertanyakan apakah China masih membutuhkannya di tengah perkembangan pesat pada saat ini.

2021 Tahun Kerbau Logam, Bisnis Apa yang Bakal Cuan?

Pidato Ma itu turut didengarkan oleh para pejabat top termasuk gubernur bank sentral China, Yi Gang, Wakil Menteri Keuangan Zou Jiayi serta Wang Qishan, tangan kanan Presiden Xi Jinping. Menurut sumber, mereka seperti tertampar karenanya dan langsung mengambil tindakan dengan membatalkan IPO Ant Financial, perusahaan fintech yang didirikan Jack Ma.

“Jack Ma telah menjadi terlalu arogan. Maka memang mereka perlu mengikatkan tali pada Ant yang telah menjadi monster,” sebut seorang bos bank internasional yang meminta anonim.

2. Dipanggil regulator dan diminta tak keluar negeri

Pidato itu berbuntut panjang. Empat pejabat dari regulator finansial China pada bulan November menyatakan mereka memanggil Jack Ma dan dua eksekutif top Ant. Mereka merekomendasikan regulasi yang lebih ketat pada perusahaan peminjam.

CGTN, media yang selama ini jadi corong pemerintah China, menulis bahwa awal mula permasalahan adalah ketika Jack Ma pidato mengkritik sistem keuangan di China sudah usang. “Beberapa hari kemudian, regulator keuangan termasuk bank sentral memanggil Jack Ma dan dua eksekutif top Ant,” tulis mereka.

Beberapa saat kemudian, Jack Ma juga diminta tidak keluar negeri dahulu, mungkin untuk memudahkan investigasi terhadap Ant Financial dan belakangan juga Alibaba. Alibaba dituding melakukan praktik monopoli.

“Ma, pendiri flamboyan Alibaba dan Ant, lenyap dari pandangan publik sejak IPO Ant dibatalkan. Pada awal Desember, Jack Ma yang identik dengan kebangkitan besar China Inc ini disarankan untuk tetap berada di negara itu, kata seseorang sumber yang familiar dengan hal itu,” demikian laporan dari Bloomberg.

3. Menghilang dari reality show sendiri

Kabar terbaru, Jack Ma tidak tampak di acara reality show televisi yang dibintanginya. ‘Jack Ma disappears from his own talent show’, begitu judul di media keuangan Financial Times.

Sebetulnya pendiri Alibaba ini, suka tampil di depan publik, berpidato dengan kalimat inspiratif ataupun bergaya bak bintang rock. Ia selalu menjadi bahan pemberitaan karena bicaranya yang ceplas ceplos dan kadang jenaka. Namun sudah hampir 3 bulan Jack Ma tidak lagi menampakkan diri.

Hal itu menjadi pemberitaan beberapa media di mancanegara, terutama setelah dia tidak tampak di acara reality show televisi yang dibintanginya. ‘Jack Ma disappears from his own talent show’, begitu judul di media keuangan Financial Times.

Mystery as Chinese billionaire Jack Ma disappears from his own reality show after criticising regime, tulis The Sun yang berbasis di Inggris. Ya, belum munculnya Jack Ma mulai dipertanyakan.
Jack Ma tak lagi berbicara ke publik atau media semenjak IPO perusahaan fintech yang ia dirikan, Ant Financial, dibatalkan atas regulasi pemerintah China. Terakhir kali ia berpidato mengkritik sistem keuangan China yang ia anggap ketinggalan zaman dan membuat marah regulator.

Kenali Pertanda Corona Sudah Menyebar ke Paru-paru

Ant pun menjadi sasaran investigasi atas dugaan praktik bisnis yang menyimpang. Belum lama ini, Alibaba juga diselidiki secara resmi oleh pemerintah China lantaran dianggap melakukan praktik monopoli.

Terakhir, dikutip   dari Daily Mail, Jack Ma seharusnya muncul dalam final reality show bertajuk Businesss Heroes, ajang cari bakat pebisnis yang digelar di Afrika, tapi tidak tampak. Padahal beberapa waktu silam Jack Ma sempat menyatakan sudah tidak sabar untuk bertemu dengan para kontestan.

“Karena masalah jadwal, Mr Ma tidak bisa lagi menjadi bagian panel dewan juri pada final Business Heroes Afrika,” begitu penjelasan juru bicara Alibaba.

4. Nasib buruk orang kaya China lainnya

Beberapa media di mancanegara menyatakan pemerintah China kadang tidak segan menghukum orang kaya di negaranya jika dianggap melanggar hukum atau mengkritik pemerintah. Misalnya juragan properti Ren Zhiqiang mengkritik penanganan virus Corona di China payah.

Ren mendadak menghilang dan 6 bulan kemudian, dihukum 18 tahun penjara karena disebut melakukan berbagai aksi kriminal seperti korupsi.

Pada tahun 2017, pebisnis Xian Jiahua ditangkap di Hong Kong dan kemudian menjadi tahanan rumah sampai saat ini. Tidak diketahui dengan pasti di mana lokasinya.

Fakta Seputar Airbag yang Jarang Diketahui

Namun demikian, belum tentu nasib Jack Ma juga demikian. Ada sumber mengatakan ia dalam keadaan baik-baik saja dan mungkin sedang berpikir keras untuk mencari solusi atas permasalahan yang menimpa perusahaannya.

Laporan lainnya mengatakan ia baik-baik saja. Mungkin dia sedang memikirkan solusi atas permasalahannya dan memastikan perusahaannya mematuhi regulasi baru yang ditetapkan pemerintah China. Bagaimanapun, pria ini dianggap banyak berjasa bagi perkembangan teknologi dan bisnis China. Kita nantikan saja kabarnya.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.