• Tue, 19 March 2024

Breaking News :

Wah! Wahana Ini Siap Menggali Bulan untuk Penelitian

Lokasi penggalian adalah di tanah vulkanis bernama Mons Rumker.

JEDA.ID-Misi menggali bulan telah lama diimpikan. Dan sekarang misi menggali bulan untuk keperluan penelitian ini sepertinya bakal bisa terwujud berkat kehadiran wahana dari China ini.

Wahana robotika buatan China, Chang’e 5, telah sukses mendarat di Bulan. Misi ini pun bersiap menggali sampel bebatuan dan tanah permukaan Bulan untuk dibawa ke Bumi dan diteliti. Bagaimana caranya?

Pesawat ruang angkasa Chang’e-5 “mendarat di sisi dekat bulan pada Selasa malam,” demikian laporan yang diumumkan oleh kantor berita Xinhua, mengutip Badan Luar Angkasa Nasional China.

Ini Daftar Obat Kuat Alami untuk Dongkrak Stamina, Kaum Pria Mau Coba?

Pesawat antariksa Chang’e 5 tersebut beratnya tembus 8,2 ton dan dilesatkan oleh roket Long March 5 dari Wenchang, selatan China pada 24 November waktu setempat. Sesampainya di orbit Bulan, pesawat ini terpisah menjadi dua.

Seperti dikutip  dari BBC dan detikcom, Rabu (2/12/2020), separuh bagian tetap berada di orbit, sementara perangkat lander mulai melakukan pendaratan di Bulan. Sesampainya di Bulan, lengan robotika di lander itu diprogram untuk menggali sampai kedalaman 1,8 meter.

Misi antariksa ini akan mengambil batu dan tanah. Bobot batu dan tanah Bulan akan diambil sebanyak 2 kilogram. Adapun lokasi penggalian adalah di tanah vulkanis bernama Mons Rumker. Dibanding bebatuan yang dulu diambil Amerika Serikat dan Rusia, batu di area ini usianya lebih muda, antara 1,2 miliar tahun sampai 1,3 miliar tahun, sehingga akan memberikan data berbeda.

CDC Kemungkinan Revisi Waktu Karantina Covid-19

Sejauh ini, ilmuwan hanya bisa mempelajari batu Bulan dari area yang setidaknya berumur 3 miliar tahun. Karena batu yang akan diambil China jauh lebih muda, para ilmuwan bisa lebih lanjut mempelajari tentang asal-usul, formasi, dan aktivitas vulkanik Bulan di permukaannya.

Lengan robotika di lander itu kemudian akan meletakkan bebatuan dan tanah Bulan di modul yang ada di posisi paling atas. Saat sampel sudah dipastikan aman, maka modul itu bakal melesat menuju orbit Bulan dan bergabung dengan wahana yang sudah menunggu, kemudian kembali ke Bumi.

Jika semua prosesnya dapat berjalan dengan lancar, wahana itu akan kembali ke Bumi dengan bebatuan Bulan pada pertengahan Desember, dibantu oleh parasut. Tempat pendaratannya di area Mongolia.

“Chang’e 5 merupakan misi yang sangat kompleks. Saya pikir sungguh impresif bahwa mereka mencobanya,” kata ilmuwan di European Space Agency, James Carpenter.

Awas! Ini 9 Bahaya Bila Berolahraga saat Perut Kosong

“Selamat untuk China telah mendaratkan Chang’e 5 dengan sukses. Ini bukan tugas yang mudah. Ketika sampel yang dikumpulkan di Bulan kembali ke Bumi, kami harap setiap orang akan mengambil manfaat dan bisa mempelajari kargo berharga ini yang bisa memajukan komunitas sains internasional,” jelas Associate Administrator NASA, Thomas Zurbuchen.

China telah menggelontorkan miliaran dolar ke dalam program luar angkasa yang dijalankan militer, dengan harapan memiliki stasiun luar angkasa berawak pada tahun 2022 dan pada akhirnya mengirim manusia ke Bulan.

Jika misi Chang’e 5 ini berhasil, maka China akan menjadi negara ketiga yang mengambil sampel dari Bulan, setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet pada 1960-an dan 1970-an.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.