Ingin Cepat Move On dari Patah Hati, Lakukan 7 Cara Jitu Ini

Selain membuat makin terpuruk, patah hati akan membuat hari-hari yang Anda jalani jadi tambah berat. Ada cara-cara jitu untuk cepat move on dari patah hati.

JEDA.ID – Sudah berbulan-bulan mengalami putus cinta namun belum bisa merelakan mantan kekasih, ini yang dinamakan gagal move on.

Patah hati memang tidak berdarah, tidak memar bahkan memunculkan luka fisik, tetapi justru yang tidak terlihat ini sakitnya malah membuat kewalahan. Alhasil selain membuat makin terpuruk, patah hati akan membuat hari-hari yang Anda jalani jadi tambah berat. Nah dari pada belum terlanjur parah dan terjebak dalam kesedihan yang berlarut-larut mending move on deh.

Kali pertama merasakan putus cinta tentu sangat menyakitkan bukan? Dunia serasa berakhir saat Anda kehilangan seseorang yang dicintai, bahkan berpikiran untuk move on saja seolah menjadi hal yang mustahil.

Namun sebelum makin parah sebaiknya cobalah untuk move on, sebab masih banyak hal lain yang perlu Anda lakukan. Nah karena move on tidak mudah untuk dilakukan, berikut beberap tips ampuh yang bantu Anda cepat move on seperti melansir dari beberapa sumber:

5 Hobi Ini Bikin Otak Encer dan Tidak Gampang Pikun

Luangkan waktu sejenak

Melansir dari salah satu sumber, Psikolog dr. Guy Winch, yang juga penulis buku How To Fix A Broken Heart, mengatakan bahwa langkah pertama dalam memperbaiki masalah akibat putus cinta adalah memahami bahwa itu normal.

Jadi, jika hal-hal yang paling kecil membuat Anda putus asa, luangkan waktu untuk menyadari bahwa reaksi Anda kedepannnya akan menentukan perubahan besar yang disebabkan oleh respons tubuh terhadap perpisahan.

Sadarilah, reaksi itu bukan karena kepribadian permanen melainkan perasaan yang akan hilang seiring berjalannya waktu.

Lakukan secara bertahap

Saat mengalami putus cinta, tentunya Anda akan memaksa hati serta pikiran untuk berhenti memikirkan dia. Sedangkan hati dan pikiran yang terbiasa memikirkan sang mantan jelas belum bisa terbiasa.

Alhasil tindakan ini justru akan membuat Anda mengingat kenangan manis bersama mantan saat Anda mencoba melupakannya terlalu keras. Jadi sebaiknya lupakan mantan kekasih secara bertahap, ini akan membantu Anda perlahan sembuh dari sakit.

Hentikan stalking akun mantan pacar

Kebanyakan dari mereka yang sudah putus hubungan, memutuskan untuk tetap mencari kabar atau informasi sang mantan entah itu dari teman dekatnya atau dari akun media sosialnya. Walaupun tidak salah namun hal ini justru berisiko jika Anda memang benar-benar ingin melupaknnya.

Apalagi ketika Anda sering melihat beberapa unggahan yang menunjukkan momen bahwa dirinya bisa bahagia tanpa Anda, inilah yang membuat Anda kesulitan untuk bangkit dari patah hati.

Menurut Liputan6, para pakar menyarankan untuk menghapus semua kontak terkait mantan, bila perlu dilakukan pemblokiran. Hal ini dapat membuat Anda terhindar dari risiko mengaktifkan kembali perasaan yang perlu dihapuskan.

Ada yang Lama dan Singkat, Ini Perbedaan Durasi Puasa di Berbagai Negara

Menyibukkan diri

Ketika semangat Anda hilang akibat patah hati, jangan justru makin menutup diri dan mengurung tubuh Anda di kamar terus menurus. Ketika Anda sedang sendirian masa lalu yang ingin dilupakan justru akan semakin teringat. Sebisa mungkin rajinlah bersosialisasi dan bertemu banyak orang, dijamin perasaan sedih dan galau tidak akan muncul di tengah keramaian orang.

Selain itu, lakukan kegiatan baru yang menantang bagi Anda. Hindari melakukan kegiatan yang sering dilakukan jika itu membuat Anda terus teringat kenangan bersama sang mantan. Nah dengan begini fokus Anda akan teralihkan dari rasa sakit hati menjadi rasa senang karena hobi baru yang sedang geluti.

Hindari mendengarkan lagu galau

Meskipun lagu bisa membuat perasaan Anda merasa lega karena secara tidak langsung terwakili dari lirik yang ada, namun hal ini justru berdampak buruk kedepannya.

Sebab rasa sedih dan galau yang Anda rasakan juga akan terpatri dan semakin sulit dihilangkan saat Anda terus mendengarkan untaian lirik sedihnya. Coba ganti playlist lagu Anda jadi lebih bewarna dan energik biar merasa happy.

Terima keputusan

Ketika mengalami putus cinta, seseorang cenderung berusaha untuk mengejar alasan logis mengapa dirinya diputuskan atau ditinggalkan. Hal tersebut justru akan membuat Anda lebih rentan secara emosional, sehingga perasaan terluka, marah, frustasi, dan bingung pun akan muncul lagi.

Oleh sebab itu, Anda harus berusaha untuk menerima kenyataan bahwa dirinya sudah melanggar perkataan dan janjinya sendiri. Selain itu, tentunya hal ini akan menjaga harga diri Anda.

Mulailah dengan hubungan baru

Setelah Anda melewati beberapa tahapan di atas, kini saatnya Anda untuk memulai menjalin hubungan baru bersama orang lain. Percayalah perasaan sedih yang berlarut-larut dan dibiarkan terlalu lama juga tidak baik bagi kesehatan. dr. Guy Winch juga mengatakan bahwa ada cara yang lebih sehat dan cepat untuk mengurangi patah hati, yaitu menemukan pasangan baru.

Mungkin hal ini terasa salah, namun dengan pergi berkencan bersama orang baru, ini bisa meningkatkan harga diri Anda yang rapuh dan mengingatkan bahwa di dunia ini masih banyak pria atau wanita lain yang lebih baik dari mantan kekasih.

Kembali berkencan akan mengalihkan pikiran Anda dari patah hati, jika beruntung mungkin saja Anda akan menemukan pasangan hidup yang sebenarnya. Penderitaan dan patah hati mungkin tampak seperti pengalaman paling menyakitkan di dunia. Tapi, percaya hampir semua orang bisa melewatinya

 

 

 

 

 

 

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.