• Thu, 8 December 2022

Breaking News :

Ada yang Lama dan Singkat, Ini Perbedaan Durasi Puasa di Berbagai Negara

Ada negara yang memiliki waktu puasa tersingkat tetapi ada juga negara yang mempunyai durasi puasa yang panjang, bahkan sampai 20 jam. Sedangkan durasi berpuasa di Indonesia sekitar 14 jam.

JEDA.ID – Saat Ramadan, melaksanakan ibadah puasa merupakan kewajiban bagi umat Islam di berbagai penjuru dunia dengan durasi yang berbeda-beda.

Tentunya, durasi dalam pelaksanaanya juga berbeda-beda tergantung perbedaan waktu, musim, dan letak negara tersebut. Ada negara yang memiliki waktu puasa singkat atau pendek.

Namunt ada juga negara yang mempunyai durasi puasa yang panjang, bahkan sampai 20 jam. Sedangkan durasi berpuasa di Indonesia sekitar 14 jam.

Waktu berpuasa dimulai saat subuh hingga saat matahari tenggelam, ini yang menyebabkan perbedaan lamanya waktu berpuasa di setiap negara berbeda-beda.

Melansir dari laman Aljazeera.com, Senin (4/5/2020) umat Muslim di Indonesia rata-rata berpuasa selama 14 jam.

Berikut sejumlah negara yang memiliki durasi waktu puasa yang lama, seperti dilansir dari berbagai sumber:

Finlandia

Finlandia.( freepik)

Finlandia.( freepik)

Menjalankan ibadah puasa di Finlandia mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi umat muslim disana. Negara tersebut memiliki waktu puasa yang lama yakni sekitar 23,5 jam.

Melansir dari Detik.com, waktu puasa di Finlandia dimulai pada pukul 1 pagi dan baru berbuka puasa pukul 12 pagi keesokan harinya. Ini artinya, Anda hanya memiliki waktu sekitar satu jam untuk makan dan minum. Kebayang, kan, bagaimana perjuangan hebat para umat muslim di Finlandia?

Islandia

Islandia (freepik)

Islandia (freepik)

Berbeda dengan Finlandia, negara yang terkenal dengan auroranya ini menempati urutan kedua dengan durasi puasa terlama, yakni 22 jam. Jadi jika Anda berkunjung ke negara Islandia, sebaiknya saat tidak bulan Ramadan ya.

Dari Laboraturium hingga Luar Angkasa, Ini 9 Teori Konspirasi Corona

Alaska

Negara yang berada di benua Amerika ini memiliki durasi waktu berpuasa terpanjang sekaligus terpendek lho. Hal ini tergantung musim yang terjadi di sana. Jika Ramadan jatuh pada musim panas, maka waktu puasa di Alaska akan memakan waktu hingga 20 jam. Sedangkan jika pada Ramadan jatuh di musim dingin, Anda hanya perlu berpuasa selama lima jam saja.

Swedia

Sama seperti Alaska, negara Swedia juga memiliki durasi waktu berpuasa selama 20 jam. Selain harus menjalankan ibadah puasa hampir seharian penuh, tantangan lain bagi umat muslim Swedia adalah populasinya yang sedikit yakni hanya sekitar 8 persen saja.

Meski begitu, mencari komunitas muslim di sana tidaklah sulit. Apalagi, masyarakat Swedia cenderung bersikap fleksibel dan terbuka dengan adanya perbedaan sehingga berpuasa di negara yang kaya inovasi ini tidak akan membut Anda meras terbebani.

Inggris

Negara bernama lain United Kingdom ini juga memiliki durasi waktu berpuasa yang tidak pendek, yakni 19 jam.

Melansir dari salah satu sumber, umat muslim di Inggris mulai berpuasa sejak pukul 02.30 dan baru berbuka pada pukul 21.30. Lamanya durasi puasa di Inggris membuatnya masuk ke dalam daftar negara dengan puasa paling lama di dunia.

Jerman

Sudah bukan rahasia lagi jika negara-negara di Eropa tergolong ke dalam negara yang memiliki durasi puasa terlama, termasuk Jerman.

Masyrakata muslim di sana memulai waktu puasnya sejak pukul 02.50 dan berbuka puasa pada pukul 20.50. Kalau, ditotal durasi puasa di negara ini memakan waktu 18 jam.

Kanada

Tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, sahur di Kanada dimulai pada pukul 03.00 pagi. Namun bedanya, waktu puasa di sana berakhir 18 jam kemudian.

Jika Anda tidak ingin merasakan puasa seorang diri di Kanada, sebaiknya kunjungi Toronto untuk menemukan komunitas muslim yang lebih besar. Setidaknya sekitar 7,7 persen populasi di Toronto adalah muslim sehingga memudahkan Anda untuk menjalani ibadah puasa dengan sesama muslim di sana.

5 Hobi Ini Bikin Otak Encer dan Tidak Gampang Pikun

Turki

Beralih ke Timur Tengah, Turki menjadi negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Saat Ramadan, muslim di sana harus menahan hawa nafsu selama 17 jam lebih.

Melansir dari salah satu sumber, waktu imsak di Turki diperkirakan berakhir pukul 03.30 dan berbuka puasa pada pukul 20.30. Menariknya, waktu Isya, tarawih, dan makan sahur di sana terbilang singkat sehingga banyak orang yang menunggunya sambil itikaf di masjid.

Tak hanya itu, kemudahan lain jika Anda sedang melaksanakan ibadah puasa di Turki, adalah mudah mencari saudara seiman.

Hal ini karena Turki menjadi salah satu negara yang mayoritas penduduknya muslim.

Sehingga membuat Anda lebih nyaman untuk berpuasa di Turki sebab sebagian besar masyarakatnya juga berpuasa. Jadi, Anda tidak akan kesulitan mencari masjid maupun restoran yang menjual makanan halal.

Rusia

Sama halnya dengan negara-negara di Eropa lainnya, ibadah puasa di Rusia juga memakan waktu yang lama, yakni 15 jam. Misalnya di Moskow, umat islam di sana memulai sahur pada pukul 02.03 lalu berbuka pada pukul 20.17 jadi, sudah siap menjalankan ibadah puasa di Rusia?

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.