Dijuluki Selandia Baru di Pulau Jawa, Ini Keunikan dari Boyolali

Ini dia keunikan maupun keunggulan dari Boyolali di Jawa Tengah yang dijuluki Selandia Baru di Pulau Jawa, tak hanya susu sapi saja hlo.

JEDA.ID — Boyolali di Jawa Tengah sangat terkenal sebagai salah satu kabupaten dengan produksi susu sapi terbesar di Indonesia.  Padahal bukan hanya susu saja hlo keunikan maupun keunggulan dari kabupaten yang berlokasi di barat Kota Solo ini.

Kabupaten yang memiliki luas 1.015 kilometer persegi ini ternyata mempunyai keunikan atau keunggulan lan yang jarang diketahui masyarakat.

Baca Juga: Mudik Saat Lebaran Risikonya Enggak Main-main Hlo!

Lalu, apa saja keunikan dari Boyolali?

Berikut ini keunikan atau keunggulan Boyolali yang bukan hanya dikenal sebagai produsen susu sapi saja. Sebagaimana Solopos.com rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 10 Kota Tersehat di Jawa Tengah, Ada Daerah Kamu?

Keunikan Lain Boyolali, Tak Hanya Susu

1. Keramik Boyolali Go International

Tak hanya susu sapi, Boyolali juga terkenal dengan keramiknya. Bahkan, keramik produksi Boyolali telah menembus pasar dunia.

Salah satu pengusaha keramik asal Boyolali adalah Roy Wibisono yang juga Direktur Nuasa Porcelen Indonesia.

Baca Juga: Hukum Mencium Istri Saat Puasa Ramadan, Boleh Enggak Ya?

Roy menggunakan bahan-bahan lokal untuk memproduksi keramik yang telah tembus pasar dunia. “Kami selalu memakai riset. Ide itu didukung tim solid. Saya orang [lulusan] kimia. Lalu, ada tim isi, tim marketing, jadilah tim riset,” jelas Roy dalam artikel yang tayang di situs resmi Balai Besar Keramik.

Warga Ngadirojo, Ampel, Boyolali ini kini mampu mengekspor keramik buatannya ke berbagai negara, seperti Denmark, Belanda, Swiss, India dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Vaksinasi untuk Lansia Semakin Gampang, Enggak Usah Ragu Lagi!

2. Keju Boyolali

Sebagai salah satu produsen susu sapi terbesar di Indonesia, Boyolali juga dikenal dengan kejunya.

Salah satu pengusaha keju asal Boyolali, Noviyanto mengatakan dengan produksi susu sapi yang begitu melimpah di daerahnya, ia ingin membuat olahan susu sapi, salah satunya keju.

Baca Juga: Jam Tangan Hermes yang Dipakai Selvi Ananda Jadi Sorotan, Berapa Harganya?

“Tujuan awalnya menginisiasi agar Boyolali tidak hanya identik dengan susu, tapi kreasinya menjadi lebih beragam. Maka lahirlah Keju Indrakila ini,” terang Manager Marketing Keju Indrakila, Romy Anjas Arvyanto, dilansir Okezone.com.

Keju dari Boyolali ini sudah menyentuh beberapa kota di Indonesia, seperti Semarang, Jogja, Malang, Pontianak, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apakah Boleh Memakai Parfum Saat Puasa? Ini Hukumnya

“Tidak semua kota masuk hanya Semarang, Jogja, Wonosobo, Solo, Surabaya, Malang, Bali, Lombok, Pontianak, dan Samarinda. Proses pengirimannya hanya menggunakan kargo atau bus travel yang sudah pasti waktu sampainya. Hal ini untuk menjaga kualitas keju,” jelas dia.

3. Destinasi Wisata Menarik

Keunikan lain dari Boyolali adalah objek wisatanya. Karena berada di lereng Gunung Merapi, Boyolali mempunyai beberapa lokasi wisata dengan pemandangan begitu apik.

Bahkan, saking cantiknya, Boyolali kerap dijuluki Selandia Baru di Pulau Jawa. Hal ini dikarenakan pemandangan di beberapa sudut Boyolali mirip dengan negara yang terkenal akan buah kiwinya itu.

Baca Juga: Harga Jam Tangan Gucci yang Dipakai Gibran, Mahal Enggak Ya?

Beberapa objek wisata yang menarik di Boyolali berada di daerah Selo, di antaranya New Selo, Bukit Gancik, Wisata Bukit Lempuyang, Taman Merapi Garden, dan lain sebagainya.

4. Kota Bebas Pungli

Bukan hanya susu, Boyolali juga dikenal sebagai kota bebas pungli.

Bahkan, Boyolali dan Kota Semarang mewakili kabupaten di Jawa Tengah untuk maju di kontestasi Kota Bebas Pungli yang diadakan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli).

Baca Juga: Hukum Tes Swab Saat Puasa, Batal Enggak Ya?

Terpilihnya Boyolali sebagai Kota Bebas Pungli karena beberapa penghargaan yang pernah diraih dan inovasi-inovasi yang telah dilakukan di Kota Susu ini.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari situs resmi milik Pemprov Jateng, Boyolali dua kali berturut-turut mendapatkan penghargaan terbaik nasional dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yakni Predkat Terbaik Capaian Aksi Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi Secara Nasional 2019.

Baca Juga: Jadi Kota Paling Nyaman di Indonesia, Apa Sih Keuntungan Tinggal di Solo?

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.