Tutup Iklan

Desa Tertua di Indonesia Ada di Klaten, Dibangun Raja Mataram Kuno

Desa tertua di Indonesia ternyat ada di Klaten, Jawa Tengah. Konon katanya usia desa tersebut mencapai 1.154 tahun. Intip yuk di sini!

JEDA.ID — Tahukah Anda ternyata desa tertua di Indonesia ada di Klaten, Jawa Tengah hlo?

Desa yang dinamai Upit ini tepatnya berada di Ngawen, Klaten. Menurut informasi yang diungkap oleh pengelola akun Instagram @kominfo.jateng, Desa Upit atau Yupit ini diklaim sudah berusia 1.154 tahun.

Tips Tampil Keren dan Ganteng dengan Budget Minimalis, Gampang Kok!

Hal ini dibuktikan dengan adanya Prasasti Upit yang berada di desa yang terletak 11 kilometer dari pusat Kota Klaten itu.

Tak hanya prasasti, ada pula masjid yang disebut-sebut sudah dibangun sejak ratusan tahun yang lalu, potongan batu candi hingga kolam pemandian.

Tutorial Make Up Kocak Ala Widodo Redmi, Penasaran Bikin Alisnya?

Selain prasasti, ditemukan pula masjid yang dibangun sejak ratusan tahun silam, potongan batu candi, dan pemandian atau sendang. Untuk prasasti asli saat ini tersimpan rapi di Balai Pelestarian Cagar Budaya Jateng,” beber dia.

Menurut akun Instagram resmi Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Tengah itu, desa tertua di Indonesia ini dibangun oleh Raja Mataram Kuno, yaitu Sri Maharaja Rakai Kayuwangi.

Ada yang Buka Pre Order Vaksin Covid-19, Resmi atau Tidak?

“Pemdes Kahuman mencatat Upit merupakan desa perdikan atau desa bebas pajak pada zaman Mataram Kuno. Desa dibentuk pada masa pemerintahan Maharaja Rakai Kayuwangi. Hal ini tertulis di Prasasti Upit,” kata pengelola kun Instagram @kominfo.jateng.

Berdasarkan informasi pada situs resmi Provinsi DI Yogyakarta, Sri Maharaja Rakai Kayuwangi merupakan Raja Mataram Kuno ke 10 pada Dinasti Sailendra pada 855-885 M.

Sakit Tenggorokan Karena Flu Biasa Vs Gejala Covid-19, Bedanya Apa Ya?

Dan Prasasti Upit ini merupkan milik dari Rakai Kayuwangi yang bertanggal 11 November 866 M.

Dihuni Lebih dari 2.000 Penduduk

Dari informasi yang tayang di situs Goodnewsfromindonesia.id, desa tertua di Indonesia yang terletak di Desa Kahuman ini memiliki luas 132.598 ha dan dihuni lebih dari 2.000 penduduk.

Hewan-Hewan Ini Punya Mitos Mengerikan, Percaya?

Di desa ini juga tercatat ada 5 RW dan juga 11 RT. Lokasinya yang strategis di Jalan Klaten-Boyolali, Desa Upit menyimpan potensi pariwisata yang patut dikembangkan.

Apalagi terdapat banyak benda peninggalan kuno di desa tersebut.

Deretan Artis Tanah Air yang Kerap Unggah Foto Hot di Instagram

Ini Dia Pria Viral Jogja Widodo Redmi yang Dijuluki Idol Akhir Tahun 2020

Fakta Unik Lainnya

 

 

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.