• Sat, 16 October 2021

Breaking News :

Asal Usul Es Teler di Indonesia, Berasal dari Mana?

Minuman menyegarkan asli Indonesia, es teler sebetulnya berasal dari mana ya? Di bawah ini ada cerita asal-usulnya, simak yuk!

JEDA.ID — Kira-kira berasal dari mana ya minuman menyegarkan es teler?

Minuman menyegarkan berisi kelapa muda, alpukat, dan irisan nangka ini banyak disukai masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Waspada! Ada 100 Daerah di Indonesia yang Terancam Tenggelam

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Solopos.com dari berbagai sumber, es teler pertama kali dibuat oleh sepasang suami istri Tukiman Darnowiyono dan Samijem Darmowiyono, berasal dari Nguter, Sukoharjo.

Baca Juga: Waduh! Pria Lebih Rentan Alami Efek Long Covid

Namun, pada 1967 Tukiman dan Samijem merantau pergi ke Jakarta untuk mengadu nasib. Tiba di Jakarta, dua orang ini awalnya berjualan rokok, jamu, bakso hingga siomay di Jalan Semarang, Menteng, Jakarta Pusat.

Dikutip dari Detik.com, suatu hari Sanijem bermimpi ada yang menyarankan dirinya untuk berjualan yang segar-segar. Keesokan harinya, dia berjualan es campur.

Baca Juga: Ini Waktu yang Dianjurkan Berhubungan Suami Istri Menurut Islam

Tak disangka-sangka es campur yang dijual Samijem dan Tukiman ini laris manis. Banyak pembeli yang datang, termasuk mahasiswa. Saat itu masih bernama es campur.

Kemudian, pada 1976 ada mahasiswa dari Universitas Indonesia yang membeli es campur berisikan alpukat, nangka, dan kelapa muda. Dan tak disangka-sangka racikan tersebut disukai. Dan oleh mahasiswa itu, es racikan Sanijem dinamai es teler.

Baca Juga: Sering Dilupakan, Ternyata Mendongeng untuk Anak Punya Banyak Manfaat Hlo!

“Jadi mahasiswa ini bilang, ‘sudah Bu diberi nama es teler saja. Sekali sedot langsung teler saking enaknya’,” terang Sis, orang kepercayaan Sanijem dan Tukiman.

Semenjak itu, es teler racikan Sanijem dikenal dengan Es Teler Sari Mulia Asli.

Ada yang beda dari es teler Sari Mulia Asli buatan Sanijem ini yang terletak pada sirup gula yang digunakan.

Baca Juga: Cari Tempat Nongkrong Legend di Solo? Ini Rekomendasinya!

“Iya memang campurannya sederhana. Tapi kita yang membuat enak itu sirup gulanya. Gulanya itu berbeda, gula asli tapi kita ada trik khusus, ada bahan yang jadi rahasia supaya manisnya enak,” ungkap Sis.

Hak Paten Es Teler

Pihak keluarga Sanijem juga mematenkan merek daganganya, yakni es teler. Tapi Sanijem tak mempermasalahkan pedagang lain yang juga berjualan es teler.

“Hak paten es teler memang punya kami, punya Sari Mulia Asli. Sebenarnya tidak boleh ada yang pakai nama es teler tapi kata Ibu [Samijem] tidak apa-apa, rezeki sudah ada yang mengatur,” jelas Sis.

Baca Juga: Cek di Sini! Daftar Wilayah Indonesia yang Bakal Nikmati 5G Duluan

Meski begitu, Kedai Es Teler Sari Mulia Asli tetap memasang tanda kalau disinilah es teler pertama kali dibuat yang berbunyi, “Es Teler Pertama di Indonesia.”

Jadi sudah terjawab kan es teler berasal dari mana?

Baca Juga: Sudah Begini Begitu Masih Sakit Gigi? Baca Doa Ini Deh!

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.