Cerita Orang Terkaya dan Kuliner Sederhana Mereka

Dengan harta Rp1.200 triliun dan menjadi orang terkaya di dunia, Warren Buffett memilih hidup sederhana termasuk untuk sarapan hanya Rp50.000/hari.

JEDA.ID–Orang terkaya di Indonesia Michael Bambang Hartono menjadi perhatian di dunia maya setelah muncul foto bos Djarum dan BCA itu menyantap tahu pong di warung makan sederhana.

Laki-laki kelahiran 2 Oktober 1939 yang menjadi orang terkaya di Indonesia ini memang dikenal sebagai pribadi yang sederhana. Michael dan saudaranya R. Budi Hartono dinyatakan sebagai orang terkaya nomor 1 di Indonesia pada 2019 oleh Forbes.

Forbes mencatat harta Hartono bersaudara mencapai US$37,3 miliar atau setara Rp522,2 triliun (kurs US$1=Rp14.000). Hartono bersaudara sudah 11 tahun berturut-turut dinobatkan sebagai orang terkaya nomor 1 di Indonesia.

Meski begitu, Bambang Hartono tetap menjadi pribadi yang sederhana. Dalam foto yang beredar, Michael Bambang Hartono terlihat santai mengenakan baju berwarna hijau sambil fokus menyantap tahu pong tersebut.

Orang Kaya di Indonesia Bertambah 5.000 Orang

Warung makan itu adalah Tahu Pong Karangsaru yang berada di Jl. Pringgading No 11D, Semarang. Bambang Hartono diketahui merupakan pelanggan setia warung makan tahu pong itu.

Pemilik warung makan, Eline, mengatakan bukan kali pertama bos Djarum dam BCA itu mendatangi tepat itu. Bahkan, Bambang Hartono merupakan pelanggan setia tahu pong di tempat itu sejak warung masih berupa kaki lima.

”Beliau sudah menjadi customer kami sejak kurang lebih 35 tahun yang lalu. Sejak kami masih di tenda kaki lima pinggir jalan, sampai sekarang kami pindah di depot yang lebih lumayan, beliau tetap setia,” cerita Eline sebagaimana dikutip dari Detikcom, Sabtu (21/12/2019).

Hafal Rasa

Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono (Instagram)

Karena menjadi langganan tetap di warung itu, Bambang Hartono tahu betul rasa dari Tahu Pong Karangsaru. Dia mengisahkan suatu ketika Bambang Hartono pernah komplain karena rasa tahu pong berbeda dari biasanya.

“Beliau pun pernah memberikan saran kepada saya, saat itu ada rasa yang dirasakan beliau berbeda agar saya dapat memperbaikinya,” sebut dia.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengatakan Michael Bambang Hartono memang orang yang sederhana. Menurutnya, ia memang sering makan di warung-warung serupa.

Luhut Jadi Menteri Terkaya Era Pemerintahan Jokowi-JK

Forbes menyebutkan Hartono bersaudara mendapatkan lebih dari 80% kekayaan mereka dari investasi mereka di Bank Central Asia. Keluarga Hartono membeli saham di BCA, setelah keluarga kaya lainnya, Salim, kehilangan kendali bank selama krisis ekonomi Asia 1997-1998.

Akar kekayaan keluarga itu berasal dari rokok Djarum yang dimulai oleh ayah mereka dan kini dijalankan oleh putra Budi, Victor. Keluarga itu juga memiliki Polytron dan real estat utama di Jakarta.

Forbes menyebutkan harta Hartono bersaudara pada 2019 naik bila dibandingkan pada 2018 dengan US$35 miliar. Tidak hanya menjadi orang terkaya nomor 1 di Indonesia, Hartono besaudara ini menjadi keluarga terkaya nomor 5 di Asia pada 2017.

Mi dan Sambal

Dato’ Sri Tahir (JIBI)

Cerita kuliner sederhana dari orang terkaya juga muncul dari Dato Sri Tahir. Tahir yang menjadi orang terkaya ke-7 di Indonesia ini sangat suka dengan mi instan. Tahir tercatat memiliki harta US$4,8 miliar atau setara dengan Rp67,2 triliun.

”Makanan favorit mi, saya senang. Di Indonesia mi bisa ratusan. Di kamar makan mi cup,” ujar Tahir di Paris, Prancis, beberapa waktu lalu.

Setiap perjalanan yang membutuhkan waktu berhari-hari, ia dan keluarga selalu membawa mi dan sambal dari Indonesia. Ia lebih memilih menyeduh mi instan dalam kemasan dibandingkan memesan makanan hotel.

Tahir yang belum lama ini dilantik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) merupakan pendiri Mayapada Group, perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, rumah sakit, dan real estat, dan beberapa bidang lainnya. Tahir juga dikenal sebagai sosok yang dermawan.

Cerita di Balik Peternak Babi Jadi Orang Terkaya China

Bila di Indonesia ada Bambang Hartono dan Tahir, di Amerika Serikat ada Warren Buffett yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia yang juga hidup sederhana.

Dengan harta yang berlimpah, Buffett memilih hidup sederhana. Salah satu kesederhanaan Buffett adalah dia sarapan dengan hanya menghabiskan Rp50.000/hari.

Laki-laki yang memiliki harta Rp1.200 triliun ini kerap disebut sebagai bapak investor. Dia terkenal telah menanam banyak saham di banyak perusahaan.

Saham paling tertinggi yang ia tanam berada di sektor finansial sebesar 42%, kemudian sektor teknologi informasi 29%, sektor barang konsumsi 17%, lalu perawatan kesehatan sebesar 2%, lalu yang terakhir adalah energi yang sebesar 1%.

Pemilik dari Berkshire Hathaway ini pun memiliki total 46 portofolio perusahaan yang ia modali. Salah satu yang portfolio saham tertinggi ada di Apple. Bila tidak sedikit orang terkaya di Indonesia atau dunia memilih hidup sederhana, bagaimana dengan Anda?

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.