Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia, Cek di Sini!

Berikut ini cara daftar vaksinasi Covid-19 untuk usia di atas 60 tahun alias lansia, yang menurut Kementerian Kesehatan ada dua mekanisme.

JEDA.ID — Di bawah ini ada cara daftar vaksinasi Covid-19 yang dikhususkan untuk lansia atau orang di atas 60 tahun.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan ada dua cara bagi lansia yang ingin mendaftar program vaksinasi ini.

Dua cara daftar vaksinasi Covid-19 yang dimaksud adalah melalui situs resmi Kementerian Kesehatan dan juga lewat instansi, organisasi kemasyarakatan maupun ormas.

Baca Juga: Beragam Manfaat Kakao untuk Kecantikan Kulit, Termasuk Menghilangkan Stretch Marks

“Pertama melalui website www.kemenkes.go.id, di bagian pengumuman bisa langsung melakukan pendaftaran. Untuk sasaran lansia, akan ada informasi lebih lanjut dari Dinas Kesehatan maupun Puskesmas setempat mengenai jadwal vaksinasi. Kemudian mekanisme kedua adalah Kemenkes bekerja sama dengan instansi, organisasi keagamaan, dan organisasi masyarakat. Pekan depan sebagian wilayah sudah bisa mulai vaksinasi ini,” jelas dia sebagaimana telah diberitakan Solopos.com pada Senin (22/2/2021).

Setelah mengetahui dua cara daftar vaksinasi itu, lansia harus memperhatikan prasyarat yang harus dipenuhi sebelum disuntik vaksin, khususnya untuk lansia yang memiliki komorbid.

Baca Juga: Apakah Perbedaan Vaksin Nusantara Vs Vaksin Merah Putih? Simak Ulasannya

“Lansia yang selama ini memiliki penyakit kronik seperti sakit jantung, kelainan darah, penyakit ginjal, diharapkan untuk kontrol dulu ke dokternya. Pastikan dokter memberikan keterangan layak vaksinasi. Kedua, lansia yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid seperti asma, hipertensi, gula darah, sebaiknya diobati terlebih dulu. Ketika sudah terkontrol dengan baik, baru bisa divaksinasi,” beber dia.

70 Persen ke Jawa dan Bali

Lansia pun tak perlu ragu untuk dilakukan vaksinasi, karena pemerintah telah mendukung dengan ketersediaan dan distribusi vaksin 70 persen ke Jawa dan Bali.

“Ini perkembangan yang cukup baik dari pemerintah, program vaksinasi sudah masuk tahap kedua. Bio Farma terus mendukung program pemerintah dengan mendatangkan 25 juta dosis vaksin yang telah kami proses. Februari ini kita siap 7,5 juta dosis dan bulan Maret 2021 kita persiapkan sekitar 11,4 juta, sehingga tidak ada kendala dari ketersediaan produk,” ungkap Juru Bicara Vaksinasi PT Bio Farma, Bambang Heriyanto.

Baca Juga: Bukan Hanya Nissa Sabyan, Ini 4 Artis Indonesia yang Dijuluki Pelakor

Sebagaimana diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) telah menerbitkan surat izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) vaksin Sinovac bagi golongan lansia.

Diperlukan kerja sama dari berbagai pihak untuk menyukseskan program vaksinasi tahap kedua ini.

Baca Juga: Jadi Trending Topic di Twitter, Kenali GERD yuk

“Kita tentunya sama-sama menyukseskan program vaksinasi ini dan berharap masyarakat aktif mengikuti program vaksinasi ini. Prosesnya akan dilakukan secara bertahap, sehingga masyarakat perlu mengetahui tahapan-tahapan vaksinasi khususnya bagi kelompok lansia ini,” ucap Siti Nadia Tarmizi.

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.