Beda Cara Make Up ala Perempuan Korea, Jepang, dan Indonesia, Pilih Mana?

Banyak kiblat yang bisa dipilih untuk para pencinta make-up, baik itu Barat, Jepang mau pun Korea yang sudah digandrungi selama beberapa tahun terakhir.

JEDA.ID- Banyak kiblat yang bisa dipilih untuk para pencinta make-up, baik itu Barat, Jepang mau pun Korea yang sudah digandrungi selama beberapa tahun terakhir.

Menurut make-up artist Lizzie Parra, riasan ala Jepang dan Korea relatif lebih sederhana ketimbang make-up khas Barat.

“Makeup barat lebih rumit, ada contouring-nya,” kata Lizzie di Jakarta beberapa waktu lalu seperti dilansir Antara.

Riasan ala Jepang juga tidak semuanya seragam, ujar dia. Ada yang tampil dengan make up no make up di mana riasannya tipis sehingga wajah terlihat alami tanpa make up menor.

Satu lagi, riasan yang identik dengan pemulas pipi. Perempuan-perempuan Jepang biasanya menonjolkan pipi yang merona merah.

Menurut Lizzie, warna-warna mencolok identik dalam riasan ala Korea. Biasanya warna ngejreng ini diaplikasikan di bagian bibir.

Satu hal yang penting dari riasan khas Negeri Ginseng adalah penampilan bersinar, alami dan sehat.

“Korean make-up itu enggak bikin kayak orang Korea, tapi mengutamakan kulit terlihat sehat, natural dan banyak glitter,” papar dia.

Eyeliner juga tak lepas dari penampilan, namun cukup aplikasikan tipis-tipis. Berkebalikan dengan gaya cat eyes yang melengkung ke atas, perempuan di Korea lebih suka gaya puppy eyes, melengkung ke bawah.

Jangan lupa padukan dengan alis lurus, seperti yang terlihat di kebanyakan penampilan gadis-gadis Korea.

6 Benda Ini Diyakini Bisa Membawa Keberuntungan, Apa Saja?

Riasan Sebening Kaca ala Korea

Riasan kulit wajah sebening gelas kaca (glass skin) banyak digunakan oleh perempuan Korea, khususnya dalam serial drama. Tata rias jenis itu menciptakan tampilan wajah yang mulus, segar, bercahaya dan terlihat sehat sehingga digandrungi banyak perempuan.

Riasan glass skin saat ini begitu digandrungi sebab dapat menciptakan tampilan kulit wajah yang segar dan bercahaya.

Apabila Anda ingin menggunakannya, berikut beberapa tipsnya menurut penata rias artis profesional, Archangela Chelsea.

“Untuk menciptakan tampilan glass skin, harus pakai moisturizer yang beneran hydrating. Kalau aku enggak akan terlalu pakai bronzer karena itu akan membuat kulit kusam, jadi lebih baik pakai highlighter tapi pakainya enggak berlebihan,” ujar Chelsea seperti dilansir Antara, belum lama ini.

Untuk foundation, menurut dia, pilihlah yang tipe yang long lasting agar mampu menutup noda-noda pada wajah, menyamarkan pori serta bertahan lebih lama.

“Kalau sudah begitu pakai powder-nya enggak usah terlalu banyak karena nanti malah akan kelihatan tebal. Terus dipakai highlighter-nya biar kelihatan glass skin-nya,” jelas perempuan yang pernah merias lebih dari 50 artis Hollywood itu.

“Atau kalau mau enggak terlalu kelihatan tebal foundation-nya, bisa pakai cushion aja, terus tambahin bedak sedikit terus pakai highlighter,” imbuhnya.

“Glass skin itu kan kulit kelihatan bagus. Kulit bagus itu kan yang bercahaya. Nah, bercahaya itu dapat diciptakan dari highlighter dan cushion. Biar enggak oily pakai primer di titik-titik yang oily aja kayak T-zone,” kata Chelsea.

Perhatikan Hal Ini sebelum Ngegym di Era New Normal

Riasan Perempuan Indonesia Lebih Suka Menor?

Sementara itu, perempuan Indonesia dinilai lebih memilih riasan tebal.

Anggie Rassly selaku profesional eyebrow artist mengatakan, perempuan Indonesia suka bersolek tebal atau menor, berbeda dengan perempuan luar negeri yang hanya menggunakan makeup pada acara tertentu saja.

“Perhatiin saja deh, kalau kita lihat di luar negeri, orang Indonesia saja yang menor. Orang luar yang tinggal di Indonesia, semenjak tinggal di Indonesia mereka merasa harus lebih dandan. Kalau enggak dandan, dia yang kelihatan pucat. Jadi menurut aku, sudah kultur sih,” jelas Anggie seperti dilansir dari Antara beberapa waktu lalu.

Menurut Anggie, perempuan Indonesia hampir semuanya menggunakan makeup. Apalagi sekarang ini banyak bermunculan beauty vlogger yang memberikan tutorial merias wajah. Bahkan, artis dan masyarakat biasa punya cara berdandan yang sama.

“Selebriti sama orang biasa itu hampir sama, karena mereka di Indonesia bukan cuma selebriti yang dandan. Kalau orang luar negeri lebih cuek orangnya, lebih kalem. Makanya kalau di sana kelihatan banget mana kalangan selebriti mana yang enggak,” ujarnya.

Berbeda dengan perempuan Korea yang lebih senang bergaya natural dalam hal makeup. Orang Indonesia cenderung memilih jenis riasan yang bold atau tebal.

“Kalau enggak, kelihatannya jadi tanggung makeup-nya. Jadi mereka ingin semuanya terlihat tegas. Alis jadi, bulu mata jadi, rambut jadi,” kata Anggie.

Jadi, Anda memilih make up gaya apa?

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.