6 Benda Ini Diyakini Bisa Membawa Keberuntungan, Apa Saja?

Untuk mendapatkan pembeli atau agar usaha lancar, ada sebagian orang yang masih percaya dengan penglaris atau sesuatu yang bisa membawa keberuntungan.

JEDA.ID—Untuk mendapatkan pembeli atau agar usaha lancar, ada sebagian orang yang masih percaya dengan penglaris atau sesuatu yang bisa membawa keberuntungan.

Konon kabarnya, pengguaan penglaris tidak hanya digunakan pada usaha makanan, tetapi untuk usaha barang dagangan baju, sepatu, mainan dan yang lainnya.

Seperti kasus viral yang belum lama ini terjadi di Jakarta. Ada seorang pedagang bakso cuanki di Kembangan, Jakarta Barat, viral di media sosial setelah meludahi dagangannya. Aksi pelaku ini diketahui pembeli, NH, dari rekaman kamera CCTV di rumahnya.

Pedagang bakso itu nekat melakukan perbuatan itu menuruti perintah seseorang dengan tujuan agar dagangannya laris.

Dosen Jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (FIB UGM) Abdul Jawat Nur menuturkan praktik semacam meludahi makanan dengan dalih penglaris memang masih berkembang di masyarakat. Tak hanya meludahi dagangannya, pedagang itu biasanya juga merapalkan mantra.

“Menurut sebagian kepercayaan masyarakat, memang ada yang menjalankan praktik semacam itu untuk penglarisan, diludahi sambil dibacakan mantra tertentu. Harapannya, makanannya bisa laris,” kata Jawat kepada detikcom, Jumat (26/6/2020) lalu.

Jawat menyebut praktik meludahi dagangan dengan dalih penglaris sudah lama ada. Meski begitu, dia tak mau menyebut pedagang daerah mana saja yang melakukan praktik tersebut.

“Saya tidak bisa tunjuk daerahnya ya. Banyak pedagang makanan yang menggunakan mantra penglaris,” terangnya.

Lantas seperti apa dagangannya yang memiliki penglaris? Jawat pun mengungkap salah satu ciri-cirinya.

“Ada kan kalau kita makan di warungnya enak banget, tapi kalau [makanan] dibawa pulang, rasanya hambar. Itu salah satu cirinya,” jelasnya.

Alasan dan Tips Promosi Usaha Melalui Tik Tok

Benda Keberuntungan

Terlepas dari hal-hal yang berbau mistis atau perdukunan, di masyarakat ada beberapa benda yang diyakini bisa jadi pembawa keberuntungan atau penglaris.

Keyakinan itu biasanya karena budaya dari nenek moyang yang diwariskan secara turun temurun. Dilansir berbagai sumber, berikut sejumlah benda diyakini dapat membawa keberuntungan

1. Lucky Cat

Patung kucing dengan nama asli Maneki-neko dianggap sebagai pembawa berkah dan keberuntungan. Banyak pelaku usaha yang menaruh patung tersebut di toko mereka. Lucky Cat memiliki pose yang unik, yaitu dengan pose tangan seperti sedang memanggil orang.

Terdapat juga cerita rakyat tentang kucing ini, yang populer adalah cerita kucing dan pemilik toko. Cerita tersebut tentang seorang pemilik toko yang miskin, tetapi ia masih sanggup untuk merawat kucing yang tiba-tiba datang ke tokonya dalam kondisi tidak berdaya.

Untuk membalas si majikan, kucing tersebut memanggil tamu untuk majikannya. Dari situlah, Maneki-neko dijadikan sebagai simbol pemanggil rezeki.

2. Patung Buddha Tertawa

Patung buddha tertawa atau Ratu Subandar merupakan Dewa Kebahagiaan. Dalam kepercayaan Buddha, patung ini dipercayai membawa kekayaan dalam bentuk materi ataupun spritual, patung itu adalah buddha tertawa.

Pada ilmu Fheng Shui,patung ini juga baik diletakan di bagian barat suatu ruangan, karena dipercayai mendatangkan kekayaan dan kesehatan bagi pemiliknya. Selain itu, apabila diletakkan di sembarang tempat patung ini dianggap akan mengundang kebahagian orang disekitarnya.

3. Jimat Babi

Di Eropa, jimat babi dipercayai akan mendatangkan kekayaan serta kemakmuran. Dalam mitologi China, babi adalah simbol dari sebuah kejujuran dan ketekunan. Di toko,tempat makan, dan lainnya banyak dijumpai celengan dengan bentuk babi dengan ciri khas perut buncit.

Awas 5 Mitos Virus Corona Ini Bisa Picu Munculnya Gelombang Kedua

4. Uang Asmak

Uang asmak dianggap memiliki kekuatan lebih untuk para pedagang, biasanya untuk membuat orang merasa nyaman berada di tempat usaha dan menarik pembeli untuk datang.

5. Pedang Emas Asmak

Pedang ini dipercayai dapat menarik pelanggan untuk membeli barang yang kita jual. Biasanya pedang ini digunakan oleh sales atau penjual barang, supaya mereka mendapatkan pembeli dari dagangan yang ditawarkan.

6. Bambu Pethuk

Walaupun susah dicari karena hanya ada 1 : 1000 pohon bambu yang terdapat bambu Pethuk, bambu ini dipercaya memiliki khasiat yang ampuh. Hal ini karena, pada bambu pethuk dipercayai akan mendatangkan pembeli yang banyak ke tempat usaha.

Ditulis oleh : Harwin Mega Olivia

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.