• Tue, 16 August 2022

Breaking News :

Alasan dan Tips Promosi Usaha Melalui Tik Tok

Tik Tok sebagai salah satu media sosial yang banyak digandrungi oleh generasi muda hampir di seluruh dunia, termasuk Tanah Air

JEDA.ID — Tahukah Anda, tak hanya untuk ngeksis, aplikasi Tik Tok bisa juga untuk promosi usaha hlo. Tik Tok sebagai salah satu media sosial yang banyak digandrungi oleh generasi muda hampir di seluruh dunia, termasuk Tanah Air. Berfokus pada fitur video singkat, Tik Tok banyak digunakan untuk mengekspresikan karya-karya penggunannya.

Pengguna Tik Tok dapat membuat video singkat dengan memberikan efek serta musik dengan tujuan memberikan tampilan supaya jauh lebih menarik. Saat ini bahkan tidak hanya remaja yang menggunakan Tik Tok. Kalangan orang dewasa juga menyukai aplikasi tersebut.

Dikutip detikINET dari Tech Crunch, Jumat (1/5/2020) rekor baru dicapai Tik Tok ini hanya lima bulan dengan meraih 1,5 miliar download. Hanya di kuartal pertama tahun 2020 saja TikTok telah diunduh 315 juta kali.

Sensor Tower mengatakan melesatnya popularitas Tik Tok belakangan ini didorong oleh pandemi virus Corona yang membuat banyak orang ingin menjajal aplikasi baru.

Negara yang menjadi pasar terbesar bagi TikTok adalah India dengan 30,3% dari total unduhan, diikuti dengan China (9,7%) dan Amerika Serikat (8,2%). Aplikasi besutan Bytedance ini telah diunduh 611 juta kali di negara Asia Selatan tersebut.

Melonjaknya popularitas Tik Tok juga berdampak positif dari segi cuan. Hingga saat ini, pengguna TikTok telah menghabiskan USD456,7 juta di aplikasi tersebut, kenaikan signifikan dibanding USD175 juta pada lima bulan yang lalu.

Penerimaan CPNS dan STAN Disetop, Ini Sekolah Kedinasan yang Masih Buka

Tak hanya itu, berikut fakta-fakta menarik soal Tik Tok seperti dilansir dari berbagai sumber.

• Memiliki 500 juta pengguna aktif, 40% adalah remaja. Para pengguna Tik Tok kebanyakan menggunakan aplikasi ini sebagai alat untuk membuat suatu konten, dapat dikatakan hampir sama dengan Youtube.
• Fitur Tik Tok mudah digunakan.
• Banyak nfluencer menggunakan Tik Tok.
• Konten Tik Tok relatif lebih sering dibagikan.

Melihat hegemoni yang ditampilkan, besar peluang untuk mengembangkan bisnis melalui Tik Tok. Lalu bagaimana tips dan cara melakukan promosi menggunakan Tik Tok?

• Susun ide dan eksekusi

Untuk membuat video yang berkualitas, Anda hanya perlu memikirkan kosep konten dengan matang. Baru-baru ini terlihat di berbagai media sosial menampilkan unggahan promosi bisnisnya berupa video Tik Tok, yakni dengan menggunakan aksesoris jualan yang sedang ditawarkan untuk menarik minat penonton.

• Konsep challenge dan hastag

Dalam aplikasi ini, Anda bisa memilih untuk riding the wave melalui challenge yang anda sukai tentunya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan banyak filter lucu dan menarik yang sesuai dnegan konsep konten anda. Gunakan juga hashtag, yang bisa menjadi cara bagi para pengguna menemukan konten – konten Anda. Hashtag juga bisa menjadi sebuah “keyword” juga bagi konten – konten Anda.

• Tag lokasi

Salah satu tips yang berguna bagi Anda yang memiliki usaha tempat nongkrong atau kafe. Anda dapat mempromosikan lokasi dengan konten-konten menarik dan tag lokasi agar bisa menarik minat para pelanggan.

• Maksimalkan Tik Tok Ads

Dilasir dari toffeedev.com, Tik Tok juga memiliki platform ads yang bisa Anda manfaatkan dengan maksimal. Anda bisa memulai dengan membuat akun Tik Tok Ads, dan langsung merancang campaign di bagian dashboard.

Bila budget Anda terbatas, ANda bisa memanfaatkan Infeed Native Content.  Infeed Native Content adalah sebuah Tik Tok Ads yang paling simpel. Iklan yang muncul akan mirip dengan Instagram Ads di Instagram Story. Infeed Native Content akan mengarahkan user menuju website Anda.

Selain Infeed Native Content, ada berbagai jenis iklan lainnya yang bisa Anda manfaatkan, contohnya adalah Brand Takeover, Hashtag Challenges, dan Branded Lenses. Sesuaikan iklan – iklan Anda dengan budget yang Anda miliki.

Waspada Ladies, Ini Tanda-Tanda Orang Mesum Disekitarmu dan Cara Menghindarinya

• Memanfaatkan influencer

Pengaruh yang luas merupakan alasan utama untuk menjalin kerja sama dengan para influencer dalam mempromosikan bisnis Anda. Tiap audiens dari influencer ini bisa Anda konversi menjadi konsumen potensial untuk bisnis Anda. Selain itu, pastikan Anda memilih influencer yang relevan dengan nilai – nilai bisnis Anda untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Tik Tok sebagai media promosi bukan lagi menadi hal aneh. Terdapat banyak faktor-faktor yang menjadikan Tik Tok sebagai pilihan tepat media promosi bisnis.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.