Cara Mengetahui dan Memanfaatkan Kembali Kosmetik Kedaluwarsa

Membuang kosmetik kesayangan mungkin menjadi hal yang menyedihkan bagi para pencinta makeup. Namun hal ini harus dilakukan apabila produk tersebut sudah kedaluwarsa.

JEDA.ID–Membuang kosmetik kesayangan mungkin menjadi hal yang menyedihkan bagi para pencinta makeup. Namun hal ini harus dilakukan apabila produk tersebut sudah kedaluwarsa.

Kosmetik yang sudah kedaluwarsa harus dibuang dan tidak boleh lagi digunakan karena banyak bakteri yang tinggal dan berkembang biak dalam kosmetik yang sudah kadaluarsa.

Bila kosmetik kedaluarsa ini tetap Anda gunakan, alih-alih tampil menarik, Anda malah akan mengalami masalah kulit seperti timbul jerawat, iritasi, noda hitam hingga infeksi mata.

Kendati demikian, bagaimana cara mengetahui apakah kosmetik sudah kedaluwarsa atau belum?
Tidak seperti makanan, tanggal penggunaan pada kosmetik Anda bergantung pada hari pertama Anda menggunakannya, bukan tanggal pembelian.

Berikut ini adalah cara untuk mengetahui apakah produk kosmetik favorit Anda masih dapat digunakan atau sudah kedaluwarsa seperti dilansir dari Antaranews, Kamis (28/5/2020).

Tak Perlu Takut, Ini Tips Jalani Kenormalan Baru di Masa Pandemi

1. Alas bedak (foundation)

Usia alas bedak atau foundation bergantung pada dasar kandungan yang terdapat di dalamnya. Alas bedak berbahan dasar air biasanya, masih boleh digunakan hingga 12 bulan setelah pertama kali dibuka.

Sementara alas bedak berbahan dasar minyak masih boleh digunakan hingga 18 bulan setelah pertama kali dibuka. Hal ini disebabkan karena minyak adalah bahan pengawet alami untuk kosmetik.

Tanda bila alas bedak sudah kadaluarsa adalah, ketika kandungan minyak di dalamnya mulai mengambang dan konsistensinya jauh lebih kental daripada sebelumnya. Kondisi ini akan menyebabkan alas bedak sulit untuk dibaurkan, lebih lengket dan dapat menyebabkan jerawat hingga iritasi.

2. Perona pipi (blush on), eye shadow, bedak dan bronzer

Kosmetik bubuk seperti ini memiliki batas waktu penggunaannya 18 bulan setelah pertama kali dibuka. Produk bubuk pada dasarnya tidak mengandung air, sehingga sulit bagi bakteri untuk berkembang biak.

Kendati demikian produk kosmetik bubuk ini biasanya dilengkapi dengan kandungan minyak mineral, aloe vera, hingga ekstrak teh hijau. Minyak inilah yang akan menjadi indikator ketika kosmetik Anda sudah kadaluarsa.

Ketika kedaluarsa, kandungan minyak di dalam kosmetik bubuk ini akan menjadikan produk makeup semakin keras dan sulit untuk diaplikasikan. Pun ketika diaplikasikan ke kulit, yang muncul adalah warna yang kusam menyerupai abu-abu karena pigmentasinya sudah mengalami oksidasi yang parah.

3. Maskara

Usia maskara adalah 3 bulan sejak pertama kali dibuka bila pemakaian setiap hari, dan enam bulan bila jarang dikenakan. Maskara adalah salah satu kosmetik cair yang menjadi tempat tubuh kembang bakteri.

Bakteri pada dasarnya juga bersarang di bulu mata Anda, dan kuman-kuman ini dengan mudah berpindah ke maskara lewat kuas maskara yang disapukan ke bulu mata. Tanda bila maskara sudah kadaluarsa adalah, baunya menjadi aneh dan lebih sulit untuk diaplikasikan.

Buang maskara Anda bila sudah dibuka lebih dari enam bulan. Menyedihkan memang bila melihat kosmetik kesayangan dibuang, tapi lebih menyedihkan bila mata Anda terkena iritasi akibat maskara kadaluarsa.

4. Eyeliner

Eyeliner cair hanya boleh digunakan tiga bulan setelah pertama kali dibuka. Sama seperti maskara, eyeliner cair banyak mengandung bakteri akibat konsistensinya yang basah. Buang eyeliner cair Anda bila mata terasa pedih ketika menggunakannya.

Sementara itu, eyeliner pensil memiliki rentang usia pemakaian yang lebih panjang yaitu hingga tiga tahun. Hal ini karena bahan dasar bubuk yang digunakan tidak mengandung air, belum lagi ketika Anda rajin meraut eyeliner pensil maka bakteri yang menempel di ujung eyeliner juga akan ikut terbuang.

Eyeliner pensil Anda harus segera dibuang bila muncul bercak putih (jamur) yang tidak hilang meski sudah diraut.

5. Lipstik dan lipgloss

Lipstik adalah produk kosmetik yang tidak menyimpan banyak bakteri, sehingga dapat digunakan selama 12 hingga 18 bulan. Meskipun lipstik dan lipgloss menggunakan paraben, minyak esensial dan vitamin sebagai bahan pengawet, tetap saja lipstik akan mulai rusak satu tahun setelah pertama kali dibuka.

Buang lipstik Anda bila sudah mengeluarkan bau yang aneh, kehilangan kelembabannya (menjadi kering pada lipstik cair), dan teksturnya menjadi berpasir.

Memanfaatkan Kembali

Seluruh produk kosmetik memiliki umur simpan dan dapat menyebabkan infeksi kulit jika digunakan setelah tanggal kedaluwarsa.

Bila terlalu sayang untuk membuang produk-produk ini, Anda dapat memakai kembali kosmetik yang sudah kedaluwarsa tersebut untuk kegunaan lain yang tidak membahayakan kesehatan.

Berikut adalah tujuh cara untuk menggunakan kembali kosmetik yang sudah kedaluwarsa.

Tiga Tanaman Ini Berpotensi Tangkal Virus Corona Menurut LIPI

1. Maskara

Maskara umumnya kedaluwarsa dalam tiga hingga enam bulan. Anda dapat menggunakan maskara yang kedaluwarsa untuk menutupi uban. Selain itu sikat maskara yang sudah dibersihkan dapat digunakan untuk merapikan alis.

Bahkan, Anda bisa membuat scrub bibir sendiri dengan menggunakan sikat maskara yang bersih. Cukup tuangkan beberapa tetes minyak esensial ke sikat maskara dan gosok bibir dengan lembut.

2. Eye shadow

Adalah bijaksana untuk mengganti eye shadow Anda setahun sekali dengan produk yang baru. Eye shadow lama bisa diubah menjadi cat kuku custom, hanya dengan mencampur bubuk eye shadow pilihan Anda dengan cat kuku bening.

3. Face Tonner

Sebagian besar tonner kulit memiliki kadar alkohol yang tinggi. Maka ketika produk ini memasuki masa kedaluwarsa Anda dapat menggunakannya sebagai pembersih kaca, cermin, bahkan layar ponsel Anda.

4. Lip balm (pelembab bibir)

Pelembab bibir kesayangan Anda yang kedaluwarsa dapat dimanfaatkan untuk membantu menjaga kaki dari luka lecet, melembabkan kutikula kuku, hingga melancarkan ritsleting yang macet. Kandungan petroleum jelly pada pelembab bibir juga dapat digunakan untuk menjaga kulit sepatu tetap berkilau.

5. Face oil

Face oil yang baru saja melampaui umur simpannya dapat Anda gunakan sebagai eksfoliator. Cukup campurkan face oil dengan gula atau bubuk kopi dan gunakan campuran ini untuk eksfoliasi tubuh.

6. Lipstik

Lipstik favorit Anda bisa berubah menjadi pelembab bibir berwarna. Panaskan lipstik Anda yang sudah kedaluwarsa supaya bakteri yang terdapat di dalamnya mati dan lipstik menjadi cair. Campur cairan lipstik tadi dengan vaseline atau petroleum jelly, maka jadilah pelembab bibir baru dengan warna pilihan Anda.

7. Parfum

Parfum yang kedaluwarsa dapat menyebabkan iritasi pada kulit penggunanya. Simpan wadah parfum dengan tutup terbuka di kamar mandi atau di ruang lainnya, ini akan berfungsi sebagai pewangi ruangan.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.